Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Contoh Teks MC Pernikahan, Lengkap dan Mudah Dipraktikkan

Cek contoh teks MC pernikahan di sini, ya!

Angga Prayudhatama

Menjadi master of ceremony (MC) di acara pernikahan bukanlah hal yang mudah. Seorang MC di acara pernikahan harus memiliki keahlian untuk bisa membawa suasana menjadi lebih khidmat dan penuh makna. 

Sebelum acara berlangsung, seorang MC perlu mengetahui susunan acara terlebih dahulu. Ini dilakukan agar MC dapat dengan mudah mengatur waktu serta menyusun teks yang sesuai. Nah, berikut contoh teks MC pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi. 

Poin-poin yang perlu diperhatikan dalam teks MC pernikahan

Sebelum membawakan acara, sebaiknya kamu berlatih terlebih dahulu. Kamu perlu mengecek kembali apakah susunan kegiatan sudah runtut dan jelas, serta tidak ada yang tertinggal. Berikut adalah beberapa poin tentang isi teks pernikahan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Salam pembuka

Pexels/Andrea Piacquadio

Pada contoh teks MC pernikahan, terdapat salam pembuka untuk memberikan sapaan. Berikut isi salam pembuka dalam teks MC:

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kepada yang terhormat bapak (nama), serta para hadirin yang saya hormati. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena rahmat-Nya, kita bisa menghadiri acara keluarga besar (nama) dan ibu (nama) di pernikahan anaknya yang bernama (nama pasangan pengantin) dalam keadaan sehat walafiat, tanpa kurang sesuatu apapun......."

2. Pembacaan ayat-ayat suci Alquran atau sesuai agama mempelai

Unsplash/ Ali Burhan

Kegiatan selanjutnya adalah pembacaan doa serta ayat suci Alquran yang bertujuan agar acara berjalan dengan lancar. Kamu perlu meminta para hadirin untuk sekejap menundukkan kepala secara khidmat.

"Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Alquran yang akan dibacakan oleh saudara (nama). Kepada saudara (nama), dipersilakan.

Pembacaan Alquran selesai, kepada saudara (nama), kami ucapkan terima kasih......."

3. Penyerahan dari keluarga mempelai wanita

Unsplash/Gema Saputera

Pada contoh teks MC, kegiatan selanjutnya yaitu penyerahan dari keluarga mempelai wanita. Berikut isinya:

"Memasuki acara ketiga, yaitu sambutan serta penyerahan oleh pihak keluarga mempelai wanita kepada keluarga mempelai pria, yang akan disampaian oleh bapak (nama). Kepada bapak (nama) dipersilakan."

Apabila telah melakukan penyerahan, maka MC harus melanjutkan ke kegiatan berikutnya.

"Demikianlah sambutan dari bapak (nama), kepada bapak (nama) kami ucapkan terima kasih......”

4. Penerimaan keluarga mempelai pria

Unsplash/Simon Hattinga Verschure

Kegiatan berikutnya adalah penerimaan keluarga mempelai pria. Isi naskahnya:

"Acara berikutnya ialah penerimaan dari pihak mempelai pria. Sambutan tersebut akan disampaikan oleh bapak (nama), kepada bapak (nama) dipersilakan.

Demikian sambutan dari keluarga mempelai pria, kepada bapak (nama), kami ucapkan terima kasih. Demikian telah kita saksikan secara seksama acara serah terima dari kedua keluarga mempelai. Marilah kita bersama berdoa semoga mempelai mendapatkan limpahan rahmat serta berkah dari Allah SWT.....”

5. Siraman rohani

pexel.com/danu-hidayatur-rahman

Kegiatan kelima yaitu siraman rohani atau nasihat pernikahan. Isi naskahnya:

"Sekarang sampailah kita pada acara kelima, yaitu siraman rohani atau nasihat pernikahan yang akan disampaikan oleh bapak (nama). Kepada bapak (nama) dipersilakan.

Setelah kegiatan siraman rohani selesai dilaksanakan. Maka ucapan yang perlu kamu berikan sebagai MC adalah "kepada yang terhormat bapak (nama). Kami ucapkan terima kasih. Semoga siraman rohani tadi dapat memberikan manfaat bagi kedua mempelai serta kita semua......”

6. Penutup dan doa

pexels.com/RODNAE Productions

Pada teks MC pernikahan, kegiatan selanjutnya adalah penutup serta doa. Berikut isinya:

"Bapak, ibu, serta para tamu undangan yang berbahagia. Sampailah kita pada kegiatan terakhir. Acara demi acara sudah terlewati dengan lancar, kini tibalah kita pada penghujung acara, yaitu penutup dan doa.

Kepada yang terhormat bapak (nama), dipersilakan untuk menutup acara dengan pembacaan doa. Kepada bapak (nama), dipersilakan."

Setelah itu ucapkan, "terima kasih kepada bapak (nama), semoga doa yang telah dipanjatkan dikabulkan oleh Allah SWT .....”

Tips menjadi MC yang sukses membawakan acara

Unsplash/Adrianna geo

Menjadi master of ceremony (MC) bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebagai pemimpin acara yang menghadapi banyak orang di depan panggung, kamu perlu memiliki self confidence yang tinggi. Salah satunya, yaitu kemampuan dalam berbicara di depan publik.

Untuk menjadi MC yang sukses, kamu perlu belajar serta mempersiapkan diri.

  1. Kamu harus mudah memberikan senyum, percaya diri, dan salurkan energi baik.
  2. Fokus dan konsentrasi agar bisa membawakan acara dengan baik.
  3. Cakap dan paham urutan acara.
  4. Rileks dan mengendalikan diri.
  5. Perbanyaklah membaca setiap susunan agar lebih mudah memahaminya.
  6. Kenali audiens (apakah orang sebaya atau lebih tua), karena akan menentukan cara bicara.
  7. Datang ke tempat acara tepat waktu.
  8. Hindari gerakan tubuh yang monoton saat sedang membawakan acara.

Itulah contoh teks MC pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi. Pastikan kamu berlatih terlebih dahulu agar sukses membawakan acara. Semoga berhasil, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married