Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 7 Tanda Pasanganmu Sedang Overthinking dalam Hubungan

Segera sadari dan bicarakan bersama!

Raden Putri

Berpikir secara berlebihan atau dikenal dengan istilah overthinking adalah suatu kegiatan terlalu banyak memikirkan sesuatu dengan cara yang yang berlebihan, hingga kerap kali dianggap negatif. Overthinking dapat dilakukan oleh siapa saja dan dengan status hubungan apa pun, termasuk yang sudah memiliki pasangan.

Namun, overthinking saat menjalin suatu hubungan sering kali membuat seseorang jatuh ke dalam masalah. Hal ini terjadi karena salah satu pasangan mungkin memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi, membuat asumsi, dan mencari-cari kesalahan, sehingga dia akan terjebak dalam keragu-raguan yang diciptakannya sendiri.

Overthinking memang sulit dikendalikan dan dihentikan. Pasalnya, jika dalam suatu hubungan pasanganmu senang overthinking, maka secara tidak langsung dia akan memiliki sikap posesif. Bukan tidak mungkin juga hubunganmu dengan pasangan akan merenggang dan berujung putus jika tidak segera dibicarakan satu sama lain.

Lantas, bagaimana tanda jika pasangan sedang overthinking dalam hubungan? Berikut 7 tanda yang harus kamu ketahui sebelum kemungkinan terburuk terjadi.

1. Sering spam chat dan meminta agar segera dibalas

Pexels.com/Mikhail Nilov

Tanda pertama pasanganmu sedang overthinking adalah dengan mengirimimu banyak pesan dalam satu waktu yang berdekatan. Dia ingin agar pesannya segera dibalas dan akan marah atau kesal saat kamu terlambat meresponnya.

Dia ingin selalu memastikan apakah hal yang kamu ucapkan sebelumnya benar atau tidak. Dia nggak akan berhenti mengirimu pesan sampai kamu membalasnya dan dia sendiri yakin bahwa apa yang kamu katakan itu benar.

2. Cemburu saat kamu berinteraksi dengan temanmu yang lawan jenis

freepik.com/romeo22

Orang yang sedang overthinking cenderung akan menjadi lebih cemburu dibanding biasanya. Bahkan sedikit saja interaksimu dengan lawan jenis, akan membuatnya berpikir yang tidak seharusnya.

Dia akan berpikir kamu nggak menghargainya sebagai pasangan karena berinteraksi dengan lawan jenis, walaupun kamu sudah mengatakannya bahwa orang itu hanya teman biasa. Kalau sudah seperti ini, bukan tidak mungkin cepat atau lambat dia akan melarangmu bergaul dengan teman-temanmu yang lawan jenis.

3. Mencurigai aktivitas dan kesibukan yang kamu lakukan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bukannya menyemangati dan mendukung apa yang sedang kamu lakukan, pasangan yang sedang overthinking justru akan mencurigai semua kesibukan yang kamu kerjakan.

Dia tetap tidak tenang walau kamu sudah mengabarinya tentang apa saja yang akan kamu lakukan hari ini. Dia juga akan memberimu banyak pertanyaan yang terasa seperti menginterogasi hanya untuk membuat dirinya lega.

Kalau sudah begini, kebiasaan overthinking pasangan bisa mengubahnya menjadi sosok yang posesif.

4. Meminta kata sandi semua akun media sosial

lovedevani.com

Overthinking akan membuat pasanganmu lebih posesif. Pikirannya akan bercabang ke mana-mana saat kamu tidak sedang bersamanya. Sebisa mungkin dia akan mencari tahu apa yang kamu lakukan melalui akun media sosialmu.

Pasangan yang overthinking tidak segan untuk meminta kata sandi akun media sosialmu hanya untuk memenuhi keingintahuannya. Dia akan mencaritahu siapa saja yang berinteraksi denganmu dan apa saja yang kamu lakukan saat tidak bersamanya.

Meskipun sedang menjalin hubungan, tetapi overthinking sampai meminta kata sandi media sosial pasangan sudah terbilang cukup kelewatan. Tetap ada batasan privasi satu sama lain yang harus dihargai.

5. Meminta lebih banyak bertemu

Unsplash.com/Thought Catalog

Bertemu dengan orang terkasih pasti selalu dinantikan. Tetapi bagaimana jika pasanganmu meminta lebih banyak bertemu dibanding biasanya, bahkan sampai memaksa ketika kamu nggak bisa?

Hal ini mungkin terdengar biasa saja, apalagi jika dia menggunakan alasan kangen. Tapi jika kamu sadari lebih dalam lagi, orang yang mencintaimu nggak akan memaksakan kehendaknya untuk bertemu. Dia akan memahamimu dan mendukungmu jika kamu memiliki kesibukan lain.

6. Selalu mengecek ponselmu saat bertemu

ROMAN ODINTSOV/Pexels

Handphone atau ponsel adalah salah satu barang pribadi yang tidak boleh digunakan oleh sembarang orang tanpa izin pemiliknya, sekalipun oleh pasangan. Dia nggak berhak buat membuka ponselmu jika kamu nggak izinkan.

Pasangan yang mengecek ponselmu saat bertemu dapat menandakan dia sedang overthinking dan kurang percaya atas apa yang kamu katakan. Dengan dia mengecek ponselmu juga berarti dia tidak lagi menghargai privasimu sebagai pasangan.

7. Banyak menuntut

Freepik.com/yanalya

Jika pasanganmu memberikan banyak tuntutan untuk hal-hal yang positif, mungkin kamu bisa memakluminya. Terlebih jika hal itu dapat memberikan pengaruh yang baik untuk dirimu sendiri dan perkembangan hubunganmu dan dia.

Tetapi bagaimana jika pasanganmu menuntutmu untuk hal-hal yang memberatkan, seperti mengendalikan dirimu sesuai apa yang dia minta? Kamu tentu akan merasa tidak nyaman dan janggal akan hal tersebut.

Hal ini dapat menandakan bahwa pasanganmu sedang overthinking dalam hubungan. Dia berusaha mencegah hal-hal yang dia pikirkan dan belum tentu terjadi dengan cara mengekangmu.

Nah, itu dia 7 tanda bahwa pasanganmu sedang overthinking dalam hubungan yang telah Popbela rangkum. Sebaiknya segera bicarakan agar tidak menimbulkan masalah baru dalam hubunganmu, ya, Bela. Karena kepercayaan dan komunikasi merupakan pilar utama dalam sebuah hubungan.

IDN Media Channels

Latest from Dating