Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

17 Tipe dalam Hubungan Percintaan, Mana yang Sesuai dengan Kisahmu?

Mana hubungan yang pernah kamu jalani?

Hyrasti Kayana

Ketika jatuh dengan seseorang, kamu nggak bisa memprediksi akan seperti apa hubungan yang kamu jalani nantinya. Setiap hubungan yang kamu jalani juga akan memberikan pengalaman yang baru. Walaupun mungkin ketika kamu membuka hati baru kamu akan selalu berharap bisa menjalani hubungan yang sempurna.

Setiap hubungan cinta seseorang memiliki tipe yang berbeda. Tergantung dengan siapa dia berhubungan dan bagaimana latar belakang pasangannya. Nggak semua pengalaman kisah cinta akan selalu berjalan indah atau bahkan menyakitkan. Tapi setidaknya dengan pengalaman yang kamu alami, kamu bisa mengetahui tipe hubungan apa yang kamu jalani.

1. The codependent relationship

Apakah kamu sangat membutuhkan pasanganmu di segala aspek kehidupan? Atau apakah kamu selalu membutuhkan pasanganmu untuk memecahkan suatu masalah? Tipe hubungan ini adalah tipe hubungan yang sangat bergantung pada pasangan. Terlalu bergantung pada pasangan bisa memberikan efek negatif pada diri sendiri. Hal ini bisa terjadi pada dirimu, pasanganmu atau bahkan kalian berdua.

2. The controlling relationship

Gq.com/Cécile Dormeau

Dalam hubungan seperti ini akan ada salah satu sosok yang dominan untuk mengatur berjalannya hubungan. Pasangan lainnya akan mengikuti aturan-aturan yang dibuat pasangannya yang dominan. Hal ini lama-lama akan memberatkan dan pasangan yang merasa terlalu diatur akan merasa frustrasi dan nggak bisa berbuat apa-apa.

3. The held-by-loss relationship

Kalian berdua mengalami kisah cinta yang menyakitkan sebelumnya dan akhirnya kalian bertemu karena saling membutuhkan cinta yang baru. Kalian sama-sama mengerti kondisi yang kalian alami dan ingin mendapatkan cinta kembali. Banyak pasangan yang mengalami hubungan yang seperti ini. Nggak salah juga ketika seseorang membutuhkan rebound atas sakit hati yang dialami sebelumnya untuk mengisi kekosongan.

4. The open relationship

Open relationship adalah hubungan di mana sepasang kekasih berkomitmen secara emosional dengan pasangannya. Namun, nggak untuk hal seksual. Mereka berdua menerima ketika salah satu pasangannya berhubungan seksual dengan orang lain karena mereka membebaskannya.

5. The negotiation relationship

thrillist.com/Jason Hoffman

Pasangan dengan tipe ini bahagia dengan satu sama lain. Tapi hubungan yang dijalani oleh pasangan ini akan penuh kompromi dan negosiasi untuk menjaga perasaan satu sama lain agar tetap bahagia.

6. Toxic relationship

Hubungan seperti ini nggak akan terlihat dari luar. Biasanya toxic relationship akan terlihat bahagia-bahagia saja kalau dilihat dari permukaan. Namun sebenarnya dalam hati dirinya nggak bahagia dengan hubungan yang dijalaninya. Bahkan bisa sering membuat frustrasi tanpa alasan yang jelas.

7. The pastime fling

Kamu jatuh cinta dengan pasangan kamu tapi kamu nggak sejatuh cinta itu untuk membuat masa depan bersama. Kamu bahagia untuk sekarang namun jauh dalam lubuk hatimu kamu yakin kalau nggak ada cinta yang bisa abadi.

8. The trophy relationship

dribbble.com/Linn Fritz

Hubungan dengan tipe seperti ini berdasarkan dari keuntungan yang didapatkan dari pasangannya. Bisa keuntungan materi atau strata kehidupan yang dimiliki pasangan. Tujuannya adalah untuk membuat dirimu merasa lebih terlihat baik.

9. The distracted relationship

Pasangan yang menjalani hubungan seperti ini adalah pasangan yang saling jatuh cinta. Namun, pasangan ini sibuk satu sama lain untuk mengejar hal lain seperti karier, cita-cita, atau bahkan anak. Kesibukannya ini bisa membuat hubungan mereka jadi nggak ada waktu untuk satu sama lain.

10. The imperfect relationship

Kamu tahu hubungan kamu nggak sempurna, tapi kamu juga nggak ingin mengubahnya. Kamu menerima segala kekurangan hubunganmu dan pasanganmu. Ketika kamu merasa ingin mengubahnya kamu tahu kamu nggak akan pernah bisa mengubah apa pun dalam hubunganmu.

11. The unhappy relationship

Kamu nggak bahagia dengan hubunganmu, kamu bertahan bukan karena cinta, tapi hal lain. Kamu merasa ada hal yang lebih penting untuk dijaga. Kamu mempertahankan sesuatu yang lebih kamu prioritaskan. Hal yang dijaga bisa karena anak atau lingkungan yang kamu pedulikan.

12. The long distance relationship

newschoolfreepress.com

Kamu dan pasangan kamu saling mencintai namun kamu dan pasangan nggak berada di kota yang sama. Kalian berdua tinggal di kota yang berbeda dan terbatas dengan jarak. Hubungan kalian harus saling menguatkan dan bertahan dari cobaan-cobaan seperti cemburu, rasa rindu, merasa insecure, dan banyak hal.

13. The emotional relationship

Tipe hubungan yang seperti ini ketika seseorang memiliki rahasia bersama seseorang padahal sudah memiliki pasangan. Kamu bahkan nggak sadar kali kamu jatuh cinta padanya dan mulai merasa candu padanya. Kamu di titik bisa membayangkan hubungan yang indah dengan seseorang yang rahasia ini.

14. Friends with benefit

Hubungan seperti ini adalah hubungan tanpa ikatan. Namun saling memberikan apa yang dibutuhkan seperti hubungan seksual. Seiring berjalannya waktu salah satu dari pasangan ini akan merasa baper atau terbawa perasaan. Sampai akhirnya ketika mereka melakukan hubungan yang satu masih tetap merasa biasa saja dan salah satunya memiliki perasaan yang tersembunyi.

15. The abusive relationship

goodhousekeeping.com

Tipe hubungan ini adalah salah satu pasangannya bersikap lebih dominan. Mereka mengendalikan pasangannya secara fisik atau pun verbal. Membuat pasangan yang dikendalikan merasa tertekan. Ketika satu waktu dirinya ingin membela diri atau membuat kesalahan, bisa-bisa pasangannya mulai menggunakan tangannya atau dengan kata-kata kasar.

16. The insecure relationship

Pasangan dengan tipe hubungan seperti ini selalu berusaha meyakinkan pasangannya kalau dirinya setia. Sementara, pasangannya selalu merasa nggak percaya dan takut dikhianati. Dalam tipe hubungan ini mungkin salah satu pasangan akan akan masih bisa bersabar, namun di titik lain kadang dirinya merasa ingin menyerah.

17. The sacrificial relationship

Hubungan yang seperti ini adalah hubungan yang menyakitkan. Kamu mencintai pasanganmu dengan sepenuhnya. Namun, pasanganmu seperti nggak memberikan cinta sebanyak apa yang kamu berikan. Walaupun mungkin kalian berdua adalah orang yang biak, hubungan dengan tipe seperti ini hanya akan berujung dengan tangis dan tak memiliki masa depan.

IDN Media Channels

Latest from Dating