Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Cuma Makanan, Ini 10 Oleh-Oleh Khas Turki

Ada camilan yang muncul di film 'Narnia'

Zikra Mulia Irawati

Membawa oleh-oleh khas Turki merupakan sebuah kewajiban jika kamu habis berkunjung ke negara ini. Tak hanya makanan, negara yang telah mengganti namanya menjadi Turkiye itu punya segudang barang khas yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Penasaran ada apa saja? Simak daftar oleh-oleh khas Turki di bawah ini, yuk!

1. Turkish delight

kitchenmason.com

Oleh-oleh khas Turki ini pernah muncul di film Narnia. Turkish delight atau lokum adalah makanan manis yang terbuat dari pati dengan taburan gula halus. Selain original, varian rasa yang cukup digemari adalah air mawar, lemon, dan jeruk.

2. Buah kering

tokopedia.com

Turki punya kota penghasil buah aprikot terbesar, yaitu Malatya. Hal ini pun dimanfaatkan menjadi sebuah olahan buah kering yang dapat bertahan lama. Cocok banget dibawa ke Indonesia sebagai salah satu oleh-oleh khas Turki!

3. Pismaniye

amazon.sg

Pismaniye dapat dikatakan sebagai kudapan rambut nenek versi Turki. Teksturnya berupa serat-serat halus. Bahan pemuatnya adalah campuran tepung dan mentega. Oleh-oleh khas Turki ini berasal dari Kota Kocaeli sejak abad ke-15.

4. Cezerye

sultanofbazaar.com

Di Indonesia, wortel biasanya dijadikan bahan pelengkap untuk sayur sop. Namun, Turki punya sebuah permen tradisional bernama Cezerye yang terbuat dari campuran wortel dan gula pasir. Kedua bahan tersebut kemudian dikaramelisasi dan dicampur dengan berbagai jenis kacang, seperti kenari, hazelnut, dan pistashio. Tampilan oleh-oleh khas Turki berbentuk lembaran pipih ini dipercantik dengan taburan kelapa kering.

5. Teh Trabzon

id.aliexpress.com

Minum teh sudah menjadi sebuah budaya di Turki. Dalam sehari, mereka bisa minum bergelas-gelas teh tanpa gula. Jika kamu tertarik untuk membawanya sebagai oleh-oleh khas Turki, kamu dapat membeli berbagai jenis teh Trabzon. Kota tersebut merupakan penghasil teh terbaik di negara ini.

6. Çaydanlık

englishhome.com

Çaydanlık merupakan wadah khusus untuk menyajikan teh di Turki. Benda yang terdiri dari dua teko ini juga bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Turki, nih! Untuk mengetahui cara penyajiannya yang unik, simak video di bawah ini, ya!

7. Kopi Turki

capetocasa.com

"Coffee should be black as hell, strong as death, and sweet as love."

Ungkapan di atas menggambarkan bagaimana kopi Turki seharusnya disajikan. Tekstur kopi ini dibuat sehalus mungkin agar saran penyajian tersebut terpenuhi.

Sebagaimana teh, kopi juga menjadi salah satu minuman yang menjadi bagian budaya Turki. Bahkan, kedai kopi yang kini menjamur di berbagai negara berawal dari negara ini, lho. Jadi, pilihan tepat banget kalau kamu membawa pulang kopi sebagai oleh-oleh khas Turki.

8. Cezve

new.sca.coffee

Agar suasana Turki masih terasa meski sudah pulang ke Indonesia, mungkin kamu juga harus membeli Cezve sebagai oleh-oleh. Benda ini merupakan wadah yang digunakan untuk menyeduh kopi Turki. Bentuknya unik banget, ya?

9. Sutra Bursa

thebestofbursa.com

Tak hanya punya kuliner yang beragam, Turki juga memiliki Kota Bursa yang menghasilkan kain sutra berkualitas. Jika sempat mampir ke kota ini, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Turki ini untuk dihadiahkan kepada orang tersayang.

10. Karpet Turki

stamboulbazaar.com

Oleh-oleh khas Turki yang terakhir ini mungkin punya harga yang cukup mahal. Namun, kamu tidak akan menyesal karena karpet Turki sudah terkenal dengan keindahannya. Kecantikan motif karpet ini adalah simbol cinta mereka terhadap negaranya.

Pilihannya cukup beragam, bukan? Jadi, nomor berapa yang akan kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Turki, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel