Nama Cappadocia sedang viral beberapa waktu terakhir berkat salah satu scene dalam serial Layangan Putus. Ditambah lagi, para selebriti Tanah Air banyak yang berlibur dan membagikan keindahan Cappadocia dalam unggahannya. 

Cappadocia sendiri merupakan wilayah kuno yang terletak di Turki Tengah Selatan, yang berada di kawasan dataran tinggi. Sebagai kota kuno, Cappadocia memiliki banyak bangunan bersejarah seperti kastil, gereja dan masjid. Para wisatawan juga dapat menikmati wisata lainnya seperti, menaiki balon udara hingga berpetualang bersama kuda.

Rekomendasi 4 Lokasi Wisata Balon Udara di Dalam NegeriMariuszBlach

Tidak perlu repot terbang jauh ke Cappadocia, masyarakat bisa merasakan sensasi terbang bersama balon udara di beberapa lokasi wisata di Indonesia. Melihat peluang ekonomi yang menjanjikan melalui wisata balon udara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghimbau bagi para pelaku usaha wisata untuk memanfaatkannya. 

Kemenparekraf sendiri akan memastikan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability), di setiap tempat wisata. Pemerintah berharap, peluang dari wisata balon udara ini dapat menjadi peluang usaha dan lapangan kerja yang menjanjikan ke depannya. 

Sudah siap liburan sambil menikmati wisata balon udara di berbagai daerah di Indonesia, Bela? Yuk, catat rekomendasi lokasinya! 

1. Sari Ater Hotel Resort

Rekomendasi 4 Lokasi Wisata Balon Udara di Dalam Negeriwww.instagram.com/kotasubang

Berlokasi di Subang, Jawa Barat, Sari Ater Hotel Resort menyediakan fasilitas untuk menaiki balon udara. Karena memiliki banyak peminat, sebelum naik, para pengunjung perlu melakukan reservasi melalui @sariaterhotelresort atau @indonesia.terbang. 

Proses menggelembungkan balon sampai siap terbang memerlukan waktu ±15 menit, selanjutnya pengunjung akan dibawa menikmati pemandangan Subang di ketinggian 40 meter. Untuk bisa naik balon udara, cukup menyiapkan bujet Rp650 ribu per orang dengan waktu terbang selama 15 menit.

2. Tanah Gajah Resort

Rekomendasi 4 Lokasi Wisata Balon Udara di Dalam Negeriwww.klook.com

Bali tampaknya selalu memiliki cara untuk membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Tepatnya di Tanah Gajah Resort, Ubud, Bali, para pengunjung dapat menikmati sensasi terbang menggunakan balon udara. Para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Ubud yang diselimuti sawah di ketinggian 50 meter. 

Tentunya, sebelum naik balon udara, pengunjung harus melakukan reservasi melalui website tanahgajahubud.com. Satu kali perjalanan, pengunjung akan dikenakan tarif Rp1.200 juta dengan kapasitas maksimum 2 orang dewasa dan 1 anak di bawah usia 12 tahun. Tarif sudah termasuk sesi foto bersama fotografer dan satu copy foto digital.

3. Taman Mini Indonesia Indah

Rekomendasi 4 Lokasi Wisata Balon Udara di Dalam Negeriwww.tamanmini.com

Jika mengunjungi Subang dan Bali terlalu jauh, wisata balon udara dapat pengunjung nikmati di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur. Pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan di ketinggian 15 meter selama 15 menit.

Dengan diameter 69 meter persegi, balon udara ini mampu menampung ±30 orang. Untuk menikmati wisata balon udara ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25 ribu. Karena berada di lokasi wisata Keong Mas, pengunjung harus kembali membayar tiket sebesar Rp30 ribu.

4. Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger (TNBTS)

Rekomendasi 4 Lokasi Wisata Balon Udara di Dalam Negeriprobolinggokab.go.id

TNBTS juga menyediakan wisata balon udara. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam di sekitar Kawah Gunung Bromo di ketinggian 50 meter, cukup membayar sebesar Rp500 ribu per orang. Setiap pengunjung diberi waktu selama 15 menit, untuk menikmati pemandangan dan mengambil gambar melalui balon udara.

Itulah rekomendasi wisata balon udara di Indonesia yang dapat kamu nikmati bersama keluarga dan pasangan. Selain itu, pemerintah tidak menutup kemungkinan jika wisata balon udara ini akan berada di 5 destinasi super prioritas yaitu, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.

Baca Juga: Worth to Visit! 7 Wisata Alam Indonesia yang Mirip Grand Canyon

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Alam di Banten yang Masih Jarang Dijamah Manusia 

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Tersembunyi di Pulau Jawa yang Nggak Ramai Wisatawan