Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tempat Wisata Kuliner dengan Pemandangan Alam Yogyakarta

Pengalaman makan yang menenangkan

Zikra Mulia Irawati

Tujuan utama makan adalah agar kenyang. Namun, kini makan juga bisa jadi ajang menghibur diri setelah penat beraktivitas. Tak heran jika banyak restoran menyediakan pengalaman makan terbaik dengan beragam konsep unik.

Salah satu konsep yang tak mengenal usia adalah alam. Untuk daerah-daerah yang telah dikaruniai bentang alam yang indah, peluang ini dapat dijadikan sebuah bisnis.

Bela, kalau kamu butuh rekomendasi tempat makan dengan pemandangan indah, Yogyakarta bisa jadi destinasi pilihan kamu, lho. Di bawah ini ada 7 tempat wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi. Soal harga, dijamin murah meriah, deh!

1. Angkringan Puncak Bibis

instagram.com/angkringan.puncak.bibis

Lokasi: Jalan Daniswara, Bibis, Desa Guwosari, Kasihan, Bantul

Makan dari puncak bukit mungkin akan jadi pengalaman baru untuk kamu. Di Angkringan Puncak Bibis inilah kamu bisa merasakannya. Hijaunya pemandangan hutan yang ada di Kabupaten Bantul begitu menyejukkan mata.

Buka pada hari Selasa sampai Minggu pukul 06.00-21.00 WIB, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp2.000 saja, lho! Dengan sistem prasmanan, kamu boleh mengambil makanan sesuai porsi yang diinginkan. Menunya pun beragam, mulai dari nasi gudangan, nasi pecel, tumis kangkung, aneka sayur, oseng tempe, olahan ayam dan ikan, gorengan serta aneka sate.

2. Mahaloka Paradise

instagram.com/mahaloka_paradise

Lokasi: Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo

Meski terletak di Yogyakarta, kamu akan merasakan sensasi seperti berada di Ubud, Bali. Pasalnya, ornamen-ornamen di Mahaloka Paradise dibuat semirip mungkin dengan apa yang ada di Pulau Dewata itu.

Tempat makan yang buka setiap hari, pukul 07.00-19.00 WIB, ini menawarkan pemandangan indahnya sawah dan berbagai spot foto estetik. Biaya makan di sini pun terjangkau sebab berada di kisaran Rp2.500-20.000 saja per orangnya.

3. Kopi Merapi

instagram.com/kopimerapi_

Lokasi: Kepuharjo, Cangkringan, Petung, Kepuharjo, Sleman

Sesuai namanya, Kopi Merapi menawarkan pengalaman minum kopi di dekat kebunnya langsung yang berada di sekitar lereng Gunung Merapi. Destinasi tempat ngopi ini buka setiap hari pukul 08.00-23.00 WIB. Dengan harga Rp6.000-10.000, rasakan sensasi menghangatkan diri di area pegunungan dengan secangkir kopi panas.

4. Ledok Sambi Outbond Ecopark

instagram.com/ledoksambiecopark

Lokasi: Jalan Kaliurang KM 19,2, Sambi, Pakem, Sleman

Kalau wisata kuliner yang satu ini tak hanya menawarkan indahnya pemandangan, tetapi juga tempat outbound dan camping. Ledok Sambi Outbond Ecopark bisa dikunjungi setiap hari pukul 09.00-16.30 WIB.

Dengan budget Rp6.000-19.000, kamu bisa memilih berbagai hidangan yang tersedia, mulai dari nasi nila bakar, nasi ayam goreng laos, bakso, mendoan, pisang goreng, singkong goreng, hingga aneka kopi khas Ledok.

5. Pawon Purba

instagram.com/pawonpurba

Lokasi: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul

Suasana pedesaan begitu kental di Pawon Purba. Hamparan sawahnya dapat kamu nikmati sepuasnya karena tempat makan ini berkonsep outdoor. Kamu bisa berkunjung setiap hari pada pukul 08.00-19.00 WIB.

Dengan harga Rp6.000-20.000, kamu bisa menikmati menu-menu khas pedesaan, seperti sayur batang, nasi tiwul, dan sayur lombok ijo yang bahan-bahannya berasal langsung dari kebun. Jika menyukai makanan unik, pilihan menu belalang goreng pun tersedia, lho! Bikin penasaran, ya?

6. Kopi Klotok Menoreh

instagram.com/kopiklotok_menoreh

Lokasi: Jalan Raya Kaligesing, Kenteng, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo

Masih satu daerah dengan Mahaloka Paradise, Kopi Klotok Menoreh buka pada Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 07.00-21.00 WIB.

Dengan harga Rp9.000-20.000, kamu bisa menyantap menu a la carte, prasmanan, gorengan, kopi, dan jamu. Selain pulang dengan kenyang, kamu juga membawa asupan konten media sosial yang melimpah karena disuguhi pemandangan dan spot-spot foto yang kece selama berkunjung.

7. SUWATU by Mil & Bay

instagram.com/suwatu.by.milandbay

Lokasi: Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Sleman

Meski tutup pada hari Senin, SUWATU by Mil & Bay bisa kamu datangi untuk melepas penat pada hari Selasa hingga Minggu, pukul 11.00-20.00 WIB. Ibarat sambil menyelam minum air, kamu bisa makan sambil menikmati pemandangan Candi Prambanan dan Gunung Merapi sekaligus!

Area tempat makan ini dapat disewa untuk mengadakan gathering, workshop, pre-wedding, hingga pesta pernikahan. Dengan harga mulai Rp27.000, kamu sudah bisa memilih menu tradisional atau modern. Selain itu, tersedia berbagai spot foto ciamik di SUWATU by Mil & Bay yang berkonsep outdoor dan semi-outdoor ini. Worth it banget, kan?


Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman idntimes.com dengan judul "5 Tempat Makan dengan Pemandangan Alam Terbaik di Yogyakarta" yang ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra

IDN Media Channels

Latest from Travel