Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Hanya Pantai, Lombok Juga Punya 6 Lokasi Wisata Ini Lho!

Wajib kamu kunjungi ketika ke Lombok!

Yuki Kristina

Lombok adalah sebuah kepulauan kecil yang terletak di Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok yang merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia ini sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena menyuguhkan pantai yang indah nan eksotis.

Pantai-pantai yang indah tersebut membuat Lombok bak surga dunia. Tapi ternyata, lokasi wisata di Lombok tak hanya seputar pantai lho. Lokasi wisata di bawah ini juga wajib masuk ke daftar tempat yang akan kamu kunjungi jika ke Lombok. Apa saja lokasi wisata tersebut?

1. Hutan Lindung Sesaot

instagram.com/_arismr

Hutan Lindung Sesaot merupakan kawasan hutan yang masih asri di Lombok. Hutan ini terletak di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada. Hutan wisata ini wajib kamu kunjungi lho, karena di tengah-tengah hutan ini terdapat Sungai Aiq Nyet yang airnya jernih.

Hutan seluas hampir enam hektar ini menyimpan mata air yang langsung berasal dari Gunung Rinjani. Dengan bantuan penduduk sekitar, sungai sekaligus mata air di hutan lindung ini tetap terjaga kebersihan dan kemurniannya. Jadi, jangan sungkan-sungkan berenang di sungai ini, ya!

2. Taman Narmada

instagram.com/awibowo06

Lokasi wisata yang satu ini masih terletak di Kecamatan Narmada, tepatnya di Desa Labuak, Nusa Tenggara Barat. Taman Narmada merupakan taman terluas di Pulau Lombok yang didirikan pada tahun 1727 masehi. Taman ini juga merupakan replika atau miniatur dari Gunung Rinjani lho.

Taman Narmada terkenal di kalangan wisatawan karena terdapat mata air yang konon jika dibasuh ke wajah dapat membuat awet muda. Menurut sejarahnya, fungsi taman ini pada awalnya adalah sebagai tempat upacara dan tempat peristirahatan keluarga raja. Namun sekarang, Taman Narmada menjadi lokasi wisata yang menarik bagi para wisatawan.

3. Taman Wisata Pusuk Sembalun

instagram.com/ipienz_maulana

Taman wisata ini terletak di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Taman yang terletak di kawasan lereng Gunung Rinjani ini berada di ketinggian 1250 mdpl. Udara yang sejuk ditambah dengan rindangnya pepohonan sangat cocok untuk wisatawan yang ingin melepas stres.

Adanya spot foto yang instagramable banget juga menjadi salah satu alasan Taman Pusuk Sembalun sangat hits di kalangan para wisatawan. Dengan suguhan pemandangan Gunung Rinjani sejauh mata memandang dan monyet-monyet jinak yang berkeliaran, akan membuat kamu semakin merasa menyatu dengan alam!

4. Danau Segara Anak

instagram.com/sendal.jalan

Danau Segara Anak merupakan danau vulkanik dari Gunung Rinjani. Danau tertinggi di Indonesia ini terletak di ketinggian kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut, lho. Butuh waktu tujuh hingga sembilan jam pendakian untuk melihat penampakan danau ini. Tapi percayalah, lelahmu akan terbayar begitu melihat keindahan Danau Segara Anak yang begitu memesona.

Danau seluas 11,3 km² ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu terdapat gunung berapi yang masih aktif di salah satu sisi danau. Jadi, terdapat gunung di atas gunung. Nah, jika kamu ingin berkunjung ke danau ini, tetap jaga kebersihannya dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak ya!

5. Air Terjun Mangku Sakti

instagram.com/herykurniawant

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini mempunyai warna yang agak berbeda, yaitu hijau toska. Warna air terjun tersebut agak berbeda karena adanya campuran belerang pada airnya, yang berasal langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.

Medan yang ditempuh untuk menuju ke Air Terjun Mangku Sakti ini cukup sulit, jadi tidak disarankan untuk pergi pada musim penghujan. Nah, air yang terdapat di Air Terjun Mangku Sakti juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Namun perlu diingat untuk tidak mengambil lumpur belerang pada air terjun ini, ya! 

6. Gua Prabu Bangkang

instagram.com/agusm123

Di Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Prabu, terdapat gua yang dikenal sebagai Gua Prabu Bangkang. Ketika masuk ke gua ini, kita akan disambut dengan dinding gua yang berwarna coklat kehitaman. Suasana gua yang gelap membuat langit-langit gua ini menjadi sarang bagi ribuan kelelawar.

Bau menyengat yang berasal dari kotoran kelelawar juga akan tercium ketika kita memasuki gua. Gua Bangkang ini juga cukup diminati wisatawan karena terdapat siraman cahaya dari lubang-lubang di gua, seolah-olah seperti cahaya dari surga yang memberi kesan dramatis. Siraman cahaya ini juga menjadi spot foto yang bagus bagi para wisatawan.

Tak harus melulu pantai, enam lokasi wisata di atas juga bisa menjadi referensi kamu ketika berkunjung ke Lombok. Semoga bermanfaat ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Tak Hanya Pantai, Lombok Juga Punya 6 Lokasi Wisata Ini Lho!"

IDN Media Channels

Latest from Travel