Hari libur yang cukup panjang di akhir tahun tentunya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu bagi kamu untuk dapat mencari suasana baru dari rutinitas yang kerap kali membuat jenuh sekaligus ajang untuk sekedar menyegarkan pikiran. Nah, salah satu aktivitas yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi liburan adalah dengan berwisata atau traveling seru bersama keluarga dan sahabat. Tapi, kalau kamu ingin liburan yang nggak biasa dan pengalaman luar biasa juga sensasi menyenangkan, solo traveling sangat patut kamu coba lho.

Nggak perlu malu dan merasa khawatir deh, meski bepergian seorang diri, liburanmu bakal tetap menjadi liburan yang seru dan menyenangkan kok. Solo traveling juga dapat membuat kamu lebih mengenal diri sendiri dan menikmati semua momen tanpa perlu merasa diburu waktu karena harus mengikuti itinerary yang biasanya dibuat oleh partner traveling-mu. Yuk, ikuti 7 tips liburan akhir tahun dengan solo traveling agar tetap menyenangkan dan seru!

1. Tentukan destinasi yang kamu banget

Solo Traveling Seru Saat Liburan Akhir Tahun, Ini Dia 7 Tipsnya!https://www.pexels.com/@ree-430381

First of all, cari tahu kota atau negara seperti apa yang ingin kamu kunjungi. Lakukan riset secara lengkap tempat-tempat menarik yang membuatmu tergerak untuk mendatanginya secara langsung. 

Jangan sampai menyesal dan kecewa karena melakukan solo traveling di tempat yang salah ya. Karena tentunya, hal tersebut dapat membuat mood liburanmu tak menentu dan justru perjalanan yang kamu lakukan nggak lagi menyenangkan untuk dijalani.

2. Pastikan semua barang penting telah aman di dalam ransel

Solo Traveling Seru Saat Liburan Akhir Tahun, Ini Dia 7 Tipsnya!https://www.pexels.com/@ree-430381

Periksa kembali barang bawaan yang telah kamu kemas rapi di dalam ransel. Pastikan nggak ada satu pun yang tertinggal atau terlupa untuk kamu bawa ya! Sebagai tambahan untuk melengkapi penampilanmu, kenakan topi multifungsi yang dapat membuatmu terhindar dari sengatan sinar matahari atau hanya untuk sekedar melindungi rambutmu dari terpaan angin.

3. Pelajari istilah tertentu dalam bahasa lokal

Solo Traveling Seru Saat Liburan Akhir Tahun, Ini Dia 7 Tipsnya!https://www.pexels.com/@canvastudio

Ketika sedang melakukan solo traveling, penting bagi kamu untuk tahu istilah-istilah umum yang digunakan orang-orang setempat. Misalnya "terima kasih", minta tolong", dan "di mana". 

Meski tempat yang kamu kunjungi masih berada dalam lingkup negara Indonesia, ternyata, beberapa daerah masih nggak fasih dalam berbahasa Indonesia dan lebih memilih menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi lho. So, pelajari istilah lokal destinasi pilihanmu ya!

4. Belajar untuk selalu membuka obrolan ringan

Solo Traveling Seru Saat Liburan Akhir Tahun, Ini Dia 7 Tipsnya!https://www.pexels.com/@freestockpro

Nggak ada salahnya kok, bertemu orang baru dan memulai percakapan lebih dulu sebagai teman ngobrol di kala melakukan solo traveling. Justru, inilah bagian yang paling menyenangkan dari perjalananmu. 

Berbagi cerita dan bertukar pikiran bersama orang yang belum pernah kamu temui sebelumnya dapat memberimu insight baru dalam menjalani kehidupan. Hmmm, berani coba?

5. Bawa jurnal atau buku bacaan

Solo Traveling Seru Saat Liburan Akhir Tahun, Ini Dia 7 Tipsnya!https://www.pexels.com/@belart84

Perjalanan jauh dan menunggu adalah hal yang nggak mungkin untuk nggak kamu alami selama melakukan solo traveling. Bosan karena tidak kunjung sampai di tempat tujuan atau sesederhana karena panjangnya antrian wahana yang hendak kamu tumpangi dapat dengan mudahnya kamu hilangkan ketika membaca buku. 

Membawa jurnal juga nggak kalah membantunya lho. Sembari mengisi waktu luang, kamu bisa menuangkan ide-ide yang terlintas begitu saja di kepalamu ke dalam jurnal yang kamu bawa.

6. Dengarkan lagu untuk mengusir rasa kesepian

Solo Traveling Seru Saat Liburan Akhir Tahun, Ini Dia 7 Tipsnya!https://www.pexels.com/@deathless

Nggak bisa dipungkiri, rasa kesepian akan menghampirimu ketika sedang bepergian seorang diri. Suasana canggung dan sendiri mungkin membuatmu tak nyaman. It's okay, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah memasang earphone dan putar lagu kesukaanmu. Cara yang satu ini juga cukup ampuh mengusir rasa bosan ketika sedang berada di perjalanan ke tempat yang kamu tuju lho.

7. Selalu tinggalkan kabar pada orang terdekat

Solo Traveling Seru Saat Liburan Akhir Tahun, Ini Dia 7 Tipsnya!pexels.com/ mentatdgt

Jangan pernah menganggap remeh kabar. Ketika sedang melakukan solo traveling, hal yang satu ini menjadi wajib untuk kamu lakukan. Yap, beritahukan orang terdekatmu seperti keluarga atau sahabat dimana pun kamu sedang berada dan akan kemana kamu pergi. 

Dengan begitu, perasaan cemas yang kerap kali menghantui mereka dapat berangsur reda. Selain itu, ketika hal-hal yang tidak diinginkan menimpamu, akan lebih mudah bagi mereka untuk dapat memberimu pertolongan dan melacak keberadaanmu.

8. Jangan sungkan meminta bantuan orang lain untuk mengambil fotomu

Solo Traveling Seru Saat Liburan Akhir Tahun, Ini Dia 7 Tipsnya!https://www.pexels.com/@monstera

Jangan buat dirimu menyesal karena nggak sempat mengabadikan moment mu sendiri dengan latar apik, Bela. Buang jauh-jauh rasa malu yang kerap menghalangi dan jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan orang lain untuk dapat mengambil fotomu. Pengalaman solo traveling yang seru dan menyenangkan memang patut untuk diabadikan dan menjadi kenangan, bukan?

Pastikan kamu telah mempersiapkan segala hal dengan baik sebelum memutuskan untuk benar-benar melakukan solo traveling, Bela. Selalu berhati-hati adalah hal yang harus kamu lakukan dan jangan lupa untuk selalu nikmati waktu juga moment yang kamu miliki untuk melepas sejenak penat dan menyegarkan pikiran lewat solo traveling yang telah kamu rencanakan.

Baca Juga: Nyeleneh, 10 Aturan Ini Wajib Dipatuhi Saat Traveling ke Korea Utara!