Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Eksentrik, Ini 8 Rumah dengan Desain Aneh di Dunia   

Mana yang bikin kamu geleng-geleng?

Rosita Meinita

Mempunyai rumah yang nyaman adalah dambaan setiap orang. Apalagi rumah sebagai tempat pulang dan berkegiatan sehari-hari. Ada banyak sekali gaya desain dalam hunian rumah tinggal. Mulai dari tradisional, modern, Scandinavian, industrial, sampai yang saat ini menajadi tren, minimalis.

Akan tetapi, tentu ada saja individu yang eksentrik, sehingga memilih mendesain rumahnya dengan bentuk yang unik dan aneh. Nah, inilah beberapa desain rumah aneh di dunia yang akan membuatmu terheran-heran.

1. Rumah Transparan di Tokyo, Jepang

scoopwhoop.com/

Seperti halnya dengan plastik atau kaca, rumah satu ini juga memiliki sifat serupa yaitu transparan. Akan ada banyak sinar matahari yang masuk, bahkan nggak membutuhkan lampu di siang hari.

Didesain oleh Sou Fujimoto Architects, rumah ini terinspirasi oleh nenek moyang kita yang tinggal di pepohonan. Tapi, kan, jadi nggak ada privasi, ya?

2. Rumah Skateboard, Malibu, California

scoopwhoop.com/

Untuk para penggila skateboard, sepertinya ini rumah idaman mereka. Semua interior rumah didesain seperti satu arena skateboard ramp yang besar. Bahkan setiap saat sang pemiliknya bisa memainkan skateboard kapan saja.

Rumah unik ini didesain oleh Pierre Andre Senizergues, mantan juara dunia pro-skating.

3. Rumah Keret, Polandia

scoopwhoop.com/

Rumah karet ini merupakan rumah tersempit di dunia. Lebarnya hanya 152 cm! Wah, bisa kamu membayangkannya, Bela?

Rumah ini didesain oleh pemiliknya sendiri, yaitu Jakub Szczęsny. Alasannya membangun rumah sempit ini cukup simpel, karena dia nggak ingin ada ruang kota yang nggak terpakai. Oleh karena itu dia menyelipkan rumah di antara dua bangunan.

4. Rumah Hobbit, Wales

scoopwhoop.com/

Langsung dari Hobbiton, rumah ini dibangun oleh salah satu fotografer yang ternyata juga penggemar berat film The Lord of The Rings. Dia membangun rumah dengan tema film yang disukainya itu.

Fakta yang menarik yaitu, dia menggunakan bahan bangunan alami dengan biaya hanya US$5200 atau setara dengan Rp75 jutaan saja, Bela.

5. Rumah bak sampah, New York

scoopwhoop.com/

Gregory Kloehn, salah satu desainer dari California ini mengubah tempat sampah menjadi rumah untuk dirinya sendiri.

Walaupun ukurannya sempit, dia memiliki beberapa ruang sesuai kebutuhan. Misalnya, ruang penyimpanan serba guna, oven, microwave, lemari es dan toilet.

Apa dia akan merasa nyaman, ya?

6. Rumah Terbalik, Trassenheide, Jerman

scoopwhoop.com/

Rumah terbalik ini diperuntukkan untuk objek wisata. Arsiteknya bernama Klaudiusz Golos berasal dari Polandia dan Sebastian Mikiciuk, sebagai bagian dari 'Proyek Terbalik Dunia'.

Para pengunjung dapat melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Semua isi dari rumah ini pun terbalik, termasuk perabotannya.

7. Rumah Telur, Beijing, Tiongkok

scoopwhoop.com/

Rumah telur ini muncul karena seorang arsitek Tiongkok bernama Dai Haifei, merasa geram karena kenaikan harga perumahan di Tiongkok. Bentuk pemberontakannya dia salurkan dengan membangun sendiri rumah berbentuk telur di troroar.

Listrik ia dapat dari energi matahari yang ada. Harga untuk membangun rumah ini sebesar US$964 sekitar Rp14 juta.

8. Rumah kerang, Meksiko

scoopwhoop.com/

Rumah berbentuk kerang raksasa ini berlokasi di Meksiko City. Di dalamnya tinggal empat orang anggota keluarga. Bentuknya pun mirip sekali dengan cangkang kerang.

Rumah ini terinspirasi karya arsitek Antoni Gaudi dan Frank Lloyd Wright. Beberapa aksen kaca warna-warni juga ada dalam fasab bangunannya.

Wah, pemilik rumah dengan desain aneh ini, benar-benar eksentrik ya, Bela. Tetapi kalau kamu bisa memilih, tertarik tinggal di mana?

IDN Media Channels

Latest from Travel