Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengambil Sparkler Photo yang Luar Biasa

Kamu juga bisa!

Rosita Meinita

Salah satu teknik fotografi yang menawan adalah sparkler photo. Meskipun tampak rumit, jika kamu sudah mengetahui cara mengambilnya itu akan terasa mudah. Percikan api dalam kegelapan akan membuat teknik photo ini menjadi indah. Biasa membuat beberapa alfabetik untuk menulis nama, atau pola-pola yang indah. Apakah kamu sudah tahu teknik mengambil sparkler photo? Jika belum, inilah cara yang dapat kamu pelajari ya Bela.

1. Pengaturan manual

pexels.com/ Kaique Rocha

Kamu dapa mengatur dengan eksposur panjang beberapa detik. Jika kamu belum pernah memotret secara manual, tontonlah beberapa tutorial tentang pengaturan kameramu. Menyesuaikan ISO, shutter speed and aperture juga diperlukan. Setiap kamera akan berbeda pada eksekusinya, oleh karena itu sesuaikan dengan merk kameramu.

-ISO: mulai dengan ISO 400

-Aperture: Mulai dari F/4. Kamu dapat menyesuaikannya lebih rendah tergantung pada kedalaman bidang yang kamu inginkan. Jika kamu ingin kilauan yang fokus dengan objek yang kabur, turunkan ke F/2.8

Shutter Speed: Kamu dapat mengaturnya di kecepatan 1-2 detik. Objek harus tenang pada saat mengambilnya.

2. Gunakan tripod

freepik.com/ Pixabay

Saat memotret dengan eksposur lama, kamu membutuhkan tripod untuk menstabilkan foto yang kamu ambil. Jika kamu memegangnya sendiri, foro akan terlihat buram. Tak apa jika kamu tak mempunyai tripod, kamu bisa meletakkan di atas batu, tas ataupun meja selama permukaannya stabil.

3. Pastikan dalam keadaan gelap

unsplash.com/ Alexander Kagan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kembang apimu, pastikan keadaan sekitarmu benar-benar gelap. Jauhi lampu rumah, lampu jalan dan lampu lalu lintas. Long shutter akan menangkap dan membesarkan sumber cahaya lainnya. Meskipun kamu dapat memotret saat matahari terbenam atau tepat sebelum keadaan gelap sepenuhnya, hal itu akan sulit ditangkap. Cobalah berlatih di ruang gelam pada indoor terlebih dahulu, jika sudah berhasil kamu dapat mencoba dengan berbagai pencahayaan.

4. Tips untuk menulis dengan sparkler photo

unsplash.com/ Issy Doherty

Jika kamu ingin memotret dengan bentuk tulisan oleh kembang api, kamu harus menulis mundur dari kanan ke kiri. Hal ini dikarenakan kamera menghadap ke arahmu dan akan mengambi tulisan dari kiri ke kanan. Mungkin terdengar agak rumit, tetapi berlatihlah beberapa menit untuk menyempurnakannya. Juga kamu memerlukan bantuan beberapa orang untuk hasil yang maksimal.

5. Mengambil sparkler photo dengan ponsel

unsplash.com/ Oleg Magni

Kamu nggak perlu DSLR untuk mengambil sparkler photo. Ada beberapa aplikasi seperti Slow Shutter Cam yang dapat membantumu secara manual untuk pengaturan ponsel mengambil gambar. Ponsel android terbaru juga memiliki mode ‘manual’ dan ‘pro’ yang memungkinkanmu menyesuaikan kecepatan shutter dan ISO-nya.

6. Edit sparkler photo-mu

unsplash.com/ Xan Griffin

Setelah memotret, editlah fotomu itu pada aplikasi favoritmu. Kamu dapat meningkatkan kilau foto yang sudah ada, menyesuaikan kecerahan, kontras dan saturasinya. Eksplorlah dan jangan takut untuk mengedit ya Bela. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Travel