Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Destinasi Asia Tenggara yang Harus Kamu Kunjungi Sebelum Usia 30-an

Di mana sajakah itu?

Rosita Meinita

Asia Tenggara telah menjadi salah satu tujuan traveling yang sedang ngetren di kalangan selebritas dan influencer. Budget-nya yang ramah di kantong membuat banyak orang yang ingin mengeksplor Asia Tenggara ini. Pemandangan yang menyejukkan mata seperti pantai berpasir putih, pegunungan yang luas, hingga beberapa tempat dengan sejarah budaya dan spiritual ada di sini.

Indonesia juga masuk ke dalam negara Asia Tenggara ini. Selain negara sendiri, nggak ada salahnya untuk mengeksplor negara tetangga juga, bukan? Inilah beberapa destinasi traveling di Asia Tenggara yang harus kamu datangi sebelum menyentuh usia matang.

1. Bali, Indonesia

pexels.com/ Aron Visuals

Tentu saja pulau dewata. Dari wisatawan lokal sampai mancanegara yang datang di sana akan merencanakan untuk datang kembali setelahnya. Di Bali terdapat retret spiritual yang kental akan budayanya, pemandangan yang menakjubkan dan keramahtamahan warga lokal.

Di antara kuil-kuil, Tanah Lot adalah salah satu situs tertua untuk ibadah yang bertengger di tepi Samudera Hindia. Terlihat seperti kastil mengambang langsung dari negeri dongeng. Pura Uluwatu juga situs pemujaan Hindi di Bali, menghadap langsung ke pantai. Tirta Gangga Royal Water Palace juga situs yang lebih baru dan sama megahnya, terdiri dari patung-patung batu di perairan Agnes yang dikelilingi daerah pedesaan di Bali Timur.

2. Phang-nga, Thailand

unsplash.com/ Diego Muñoz Suárez

Propinsi di Thailand, Phang-nga memiliki salah satu hutan hujan terbesar di dunia dan merupakan pusat daerah konservasi terbaik di Thailand.

Teluk Phang Nga, sebuah kepulauan dengan 42 pulau, dikenal dengan batu kapurnya yang indah menjorok ke Selat Malaka. Selanjutnya kamu bisa pergi ke Pulau Similan yang terletak tepat di lepas pantai Phang-nga dan Phuket. Rumah dari beberapa ekosistem paling unik dan perairan biru yang jernih. Selain itu kamu juga bisa bersnorkeling dan menyelam di perairannya.

3. Siem Reap, Kamboja

unsplash.com/ Taylor Simpson

Sebuah desa batu kuno dari Kekaisaran Khmer, propinsi barat laut Kamboja ini telah berkembang selama beberapa dekade. Menjadi salah satu destinasi wisata terbesar di negara ini. Dari sawah di selatan hingga hutan hujan yang luas di utara, kota ini memiliki banyak landmark pedesaan dan pertanian.

Dari ratusan kuil di Kamboja, komplek Candi Angkot Wat yang dinilai arsitekturnya yang rumit menjadi yang favorit untuk para wisatawan.

4. Uva, Sri Lanka

for91days.com/

Uva adalah propinsi yang berpenduduk padat di pulau Sri Lanka. Suasananya yang ramah dan lingkungannya yang hijau menjadikannya destinasi favorit. Propinsi ini terkenal karena air terjun, perkebunannya teh yang tinggi dan kondisi iklim yang unik. 

Di antara situs pedesaan yang indah, Ella Rock adalah pusat produksi the yang terkenal di propinsi ini. Letaknya menghadap ke beberapa perkebunan hijau. Daerahnya merupakan Jembatan Sembilan Lengkungan, jalur kereta batu dari zaman Kolonial Inggris dan pemandangan hutan Ella yang tak tertandingi. Nggak hanya itu, Air Terjun Bambarakanda adalah air terjun tertinggi di Sri Lanka dengan kolam renang yang cukup bersih. Dikelilingi perbukitan Kalupahana yang indah, menjadi tempat yang tenang untuk bersantai.

5. Palawan, Filipina

stuff.co.nz/

Palawan, propinsi pulau terbesar di Filipina mempunyai perairan bawah lautnya yang luar biasa. Formasi batuan, dan margasatwa langka juga menambah indahnya tempat ini. Dianggap menjadi ‘Pulau Terbaik di Dunia’ oleh Majalah Travel+Leisure.

Di antara pulau-pulau ini, terdapat pasir putih halus dan air biru cerah dari El Nido. Menjadi surge tropis dan mempunyai gerbang utama ke Kepulauan Bacuit dengan 45 tebing batu kapur yang menakjubkan. Pulau Coron juga terkenal dengan bangkai kapal Perang Dunia II Jepang di bawah pantainya. Para wisatawan mengabadikannya di travelling mereka.

6. Vientiane, Laos

traveller.com.au/

Vientiane adalah ibu kota dan propinsi terpadat di Laos. Propinsi ini mempunyai budaya dan atmosfer lingkungannya yang tenang. Di antara desa-desanya yang menawan, Vang Vieng adalah kota pedesaan di sepanjang Sungai Nam Song. Dikelilingi oleh pegunungan dan gua yang indah, dulu merupakan landmark pertanian. Terdapat balon udara untuk wisatawan menikmati pemandangan dari atas. 

Bagaimana, kamu tertarik?

IDN Media Channels

Latest from Travel