Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tips dan Trik Berburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah, Sudah Tahu?

Mau pulang kampung, tapi mahal? Nggak lagi deh

Prila Arofani

Meski dikabarkan tiket pesawat domestik turun, tapi nyatanya banyak orang kesulitan mendapatkan harga yang masuk akal. Alhasil, banyak pula yang mengurungkan niatnya pulang ke kampung halaman atau sekadar liburan di dalam negeri.

Sebenarnya masih ada beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah yang mungkin terlewatkan dari perhatian kita. Di antaranya seperti beberapa di bawah ini.

1. Cari banyak referensi situs atau aplikasi pencarian penerbangan

unsplash.com/@corinnekutz

Ada banyak situs atau aplikasi yang memberikan layanan pencarian penerbangan ke berbagai kota di Indonesia. Seringkali, mereka memberikan harga dan kuota yang berbeda beda.

Maka dari itu, kamu tidak boleh cepat menyerah untuk membandingkan harga demi mendapatkan yang termurah. Selain itu, kamu juga harus mengecek situs resmi maskapai secara berkala. Sebab, biasanya ada perjanjian kedua pihak yang menyebabkan kenaikan harga kalau kamu memesan via layanan tertentu. 

2. Selalu mencari penerbangan dalam mode tidak terlihat atau incognito

nypost.com

Selain membandingkan harga di berbagai website, jangan lupa untuk sering menghapus history dan cache browser kamu. Secara tidak sengaja, traffic akan menganggap kamu sedang membutuhkan layanan penerbangan dan meningkatkan harganya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah menggunakan mode private atau incognito ketika mencari tiket pesawat. Ketika kamu menggunakan mode ini, maka tidak ada catatan dalam bentuk history, cookies, cache yang tersimpan. Kamu juga akan semakin optimal mencari harga penerbangan termurah.

3. Perhatikan promo yang diberikan masing-masing maskapai

pexels.com/@pixabay

Kamu tidak boleh melewatkan berbagai promo yang diberikan maskapai secara langsung. Biasanya, mereka akan mengumumkan berbagai promonya melalui sosial medianya. Sehingga, kamu harus menyalakan notifikasi atau sekadar mengecek sosial medianya secara berkala. 

Biasanya, ketika maskapai penerbangan memberikan diskon khusus, mereka akan menawarkannya melalui website atau aplikasi resmi. Banyak pula penawaran khusus bagi kamu pemegang member, kartu debet, atau kartu kredit tertentu.

4. Pilih hari keberangkatan pada hari biasa

pexels.com/@riciardus

Ketika weekend, permintaan tiket penerbangan akan naik, sehingga harganya juga melambung. So, sebaiknya kamu memilih penerbangan di hari biasa demi mendapatkan harga lebih rendah.

Selain memilih hari, pilih juga bulan atau musimnya. Beberapa bulan yang dianggap sebagai low-season seperti Februari-April dan September-November.

5. Mencari informasi mengenai Travel Fair di kotamu

unsplash.com/@chuttersnap

Maskapai penerbangan seringkali mengadakan Travel Fair di berbagai kota untuk menarik pelanggan melalui offline. Untuk hal satu ini, kamu harus selalu up to date mana saja maskapai yang memberikan potongan diskon cukup besar khususnya pada domestik, beserta waktu dan tempatnya. 

Perhatikan pula tambahan diskon yang dimiliki Travel Fair bekerja sama dengan bank tertentu. Mereka akan menambahkan diskon untuk pengguna kartu debit atau kredit khusus bank tertentu. 

6. Jangan terlalu banyak membawa barang

unsplash.com/@tuckergood

Saat ini, penerbangan domestik tidak memberikan gratis bagasi yang mana akan cukup menyulitkan ketika pulang kampung. Namun, pastikan kamu tidak membawa terlalu banyak barang ketika akan melakukan penerbangan domestik. Bawalah barang secukupnya yang tidak memberatkan koper atau ranselmu. 

Nah, dengan beberapa tips di atas, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan tiket pesawat yang murah sesuai bujetmu. Selamat berburu!

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "6 Tips dan Trik Berburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah, Sudah Tahu?"

IDN Media Channels

Latest from Travel