Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mau Menjelajah Dinamika Karya Seni di Hong Kong? Ini Destinasinya!

Dari museum sampai mural di pinggir jalan

Ayu Utami

Hong Kong bukan hanya surga belanja. Tapi tahukah kamu, kalau Hong Kong juga menawarkan berbagai galeri seni yang luar biasa, dari klasik hingga kontemporer, bersamaan dengan seni jalanan yang semarak dan aneka kuliner yang dijamin akan membuat lidahmu menari.

Nah, bulan Mei ini, Hong Kong Tourism Board (HKTB) menggelar perhelatan tahunan bertajuk "Arts in Hong Kong", yang mengambil format gabungan antara pertemuan seni tatap muka dan virtual.

Hong Kong Tourism Board

Salah satu yang dilakukan oleh Dewan Pariwisata Hong Kong (Hong Kong Tourism Board – HKTB) untuk merayakan Arts in Hong Kong adalah, dengan menggelar tur virtual ke beberapa tempat ikonik, yang akan memperlihatkan apresiasi Hong Kong dalam merayakan seni dan budaya.

Popbela turut diundang untuk melakukan tur virtual, sekaligus merayakan seni dengan berpartisipasi dalam membuat karya zentangle, atau metode menggambar secara santai dengan menggunakan pola berstruktur. 

Jika kamu sudah bisa berkesempatan mengunjungi Hong Kong, berikut beberapa destinasi yang akan memanjakan jiwa seni kamu di Hong Kong.

1. Art Basel Hong Kong

Hong Kong Tourism Board

Menyatukan platform digital dan fisik, Art Basel tahun ini menampilkan 56 galeri yang tidak dapat hadir secara fisik di Hong Kong. Sehingga, sebuah terobosan dihadirkan oleh Art Basel, yaitu "Art Basel Live: Hong Kong" dengan melakukan siaran langsung untuk penonton di seluruh dunia.

Program ini ditayangkan secara paralel dengan pertunjukan fisik, serta berbagai acara streaming secara harian. Tidak ketinggalan, pengalaman virtual yang akan menambah khazanah dan daya pikat seni kamu.

2. Arts in Hong Kong

Hong Kong Tourism Board

Melalui situs khusus discoverhongkong.com/Arts, kamu akan mendapatkan informasi penting tentang "Arts in Hong Kong" yang menggabungkan pameran online, kalender acara, penawaran karya seni, menyimak wawancara dengan para seniman Hong Kong, bahkan menonton film pendek interaktif yang dibintangi oleh dua selebriti Hong Kong, Ivana Wong–seniman multitalenta, serta Kearen Pang–produser dan sutradara film.

3. Old Town Central

Hong Kong Tourism Board

Old Town Central merupakan salah satu distrik tertua yang memiliki jalanan terjal dan gang tersembunyi di area Central dan Sheung Wan. Tapi uniknya, kamu bisa menemukan perpaduan yang sangat kontras antara seni dengan sentuhan Timur dan Barat. 

Jika berjalan-jalan di Old Town Central, kamu akan menemukan banyak spot instagrammable yang bukan hadir tanpa makna, namun justru mencerminkan keragaman dan dinamika masyarakat Hong Kong, dengan kreativitas dari seniman lokal maupun internasional.

Para pejalan kaki yang melintas seperti diajak untuk rehat sejenak dari keramaian, sambil mengapresiasi karya mural maupun seni lainnya. 

4. Museum M+, West Kowloon Cultural District

Hong Kong Tourism Board

M+ merupakan museum yang akan dibuka akhir tahun ini di Distrik Budaya Kowloon Barat. Bangunan arsitektural internasional ini merupakan museum budaya visual global pertama di Asia, lho, Bela.

Dengan luas total 65.000 meter persegi, bangunan ini terdiri dari 33 galeri, tiga bioskop, satu Mediatheque, Pusat Pembelajaran, Pusat Penelitian, dua buah toko dan restoran, bar, gerai kopi, anjungan untuk seniman, ruang kantor, sampai taman di rooftop.

Tidak ketinggalan, latar belakang Victoria Harbour yang menambah magis pemandangan di Musem M+.

5. Hong Kong Museum of Art

Hong Kong Tourism Board

Setelah melalui renovasi selama tiga tahun, akhirnya Hong Kong Museum of Art memiliki tampilan dan fasilitas baru yang megah. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah adanya tampilan kaca yang memberi kesan retak, yang merupakan representasi dari pantulan ombak di Victoria Harbour.

Tak hanya itu, dengan desain langit-langit yang cukup tinggi, para tamu akan dimanjakan dengan tampilan Victoria Harbour yang juga baru selesai dipugar. Hong Kong Museum of Art juga menampilkan seni dengan cara yang lebih kontemporer.

6. Kampanye Art for Everyone

Hong Kong Tourism Board

Selama pandemi, mitra Hong Kong Museum of Art, yakni Friends of Hong Kong Museum of Art, meluncurkan kampanye seni di seluruh kota yang bertajuk Art for Everyone @HKMoA. Kampanye ini dibuat untuk menciptakan pengalaman seni baru.

Melalui kampanye ini, akan dipamerkan lebih dari 100 gambar karya seni di lebih dari 450 papan reklame di 18 distrik. Seluruh karya seni tadi akan menghiasi seluruh medium, mulai dari tampilan digital, transportasi, dekorasi dalam ruang maupun luar ruangan.

Itulah keseruan seni yang bisa kamu temukan di Hong Kong. Jangan lupa masukkan ke bucket-list, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel