Surganya belanja pakaian murah, pemilik jumlah pencakar langit terbesar dari kota mana pun di dunia, hingga wisata kuliner yang seperti tidak pernah ada habisnya, menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Hong Kong.  

Jika kamu kerap disuguhi rekomendasi jajanan pinggir jalan atau hawker yang melegenda di Hong Kong, kamu juga perlu tahu restoran terbaik di kota Fragrant Harbour ini. Meskipun daftar restoran enak jumlahnya tak terkira di Hong Kong, namun sebagai permulaan, ini 5 restoran top di Hong Kong yang wajib kamu jajaki.

1. 8 1/2 Otto e Mezzo Bombana

Kuliner Wajib di Hong Kong, Jajaki 5 Restoran Top IniDok. MSL Group

Tahu nggak, Bela, kalau restoran ini menjadi yang pertama dan satu-satunya restoran Italia yang berhasil mendapatkan Bintang Tiga dari Michellin, di luar Italia, lho!  Menjadi sebuah invasi yang membuat orang setuju terhadap peraduan barat dan timur. Restoran milik Umberto Bombana ini menyajikan hidangan seafood khas asia berpadu dengan cita rasa meriah Italia. Berlokasi di Landmark Alexandra, pas sekali menjadi tujuan kamu dan keluarga untuk makan malam.

2. Happy Paradise

Kuliner Wajib di Hong Kong, Jajaki 5 Restoran Top IniDok. MSL Group

Ingin menikmati masakan dari Chef perempuan terbaik di Asia tahun 2017? Inilah tempatnya. Dengan menggabungkan konsep tradisional masakan oriental dengan sentuhan modern khas ‘70an, sang chef bernama May Chow, sukses menyabet gelar The best female chef in Asia 2017. Egg Waffles yang berisi rempah dan daging ayam lalu dicelup ke saus Bottarga khas Taiwan, menjadikannya satu hidangan yang akan membuat lidah Anda menari!

3. Yat Lok Goose restaurant

Kuliner Wajib di Hong Kong, Jajaki 5 Restoran Top IniDok. MSL Group

Salah satu ciri khas kuliner Hong Kong adalah restoran dengan sejarah panjang dan merupakan bagian dari perjalanan hidup sebuah keluarga. Restoran satu ini menyandang gelar Bintang Satu Michellin. Berlokasi di Stanley St. Hong Kong, restoran ini merupakan bagian besar dari cerita hidup Chu Kin-wah, yang didirikan oleh sang ayah pada tahun 1957. 

Meski menyajikanseafood, namun yang menjadi juara di restoran ini adalah Angsa Panggang yang bahkan direkomendasikan sesama pelancong. Saat digigit, rasanya bagai tak memiliki cela. Dagingnya pun empuk dan sangat juicy. Kulitnya renyah dan tidak berlemak di bawahnya. Hmmm… Tidak butuh sendok dan garpu saat memakannya.Finger licking good!

4. Kwan Kee

Kuliner Wajib di Hong Kong, Jajaki 5 Restoran Top IniDok. MSL Group

Berlokasi di Sham Shui Po, toko jajanan serba manis ini juga menyabet penghargaan Michelin Recommended Shop, lho, Bela. Toko ini paling terkenal dengan puding mangkuknya, alias put chai koh dalam bahasa Kanton—yang dibuat dengan gula putih atau merah dan bertabur kacang merah. Makanan tradisional lainnya termasuk kue gula putih dan roti gulung wijen hitam.

5. T’Ang Court

Kuliner Wajib di Hong Kong, Jajaki 5 Restoran Top IniDok. MSL Group

Inti dari cita rasa masakan Cantonese adalah tentang keseimbangan rasa. Bagi penyuka seafood, rasanya T’Ang Court merupakan pilihan yang tepat. Belum lengkap rasanya menikmati kuliner asli Hong Kong jika belum mencicipi lezatnya keaslian cita rasa oriental di T’Ang Court yang terletak di The Langham, Hong Kong.

Salah satu menu andalan di sini adalah nasi goreng yang disajikan dengan saus bechamel, lalu dibakar dan disajikan di dalam cangkang kerang. Duh, bikin ngiler!

Kelima restoran ini bakal melengkapi tur kulinermu di Hong Kong, kala pandemi ini sudah bisa kita kalahkan, Bela. Jadi, siapkan itinerary dari sekarang, yuk!

Baca Juga: Tips Saat Pertama Kali Mengunjungi Hong Kong

Baca Juga: Tempat di Kawasan Asia yang Punya Daftar Kuliner Terbaik

Baca Juga: 10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup