Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pembongkaran 8 Situs Sejarah Islam di Era Kerajaan Arab Saudi

Hilangnya 98% situs sejarah Islam

Nindi Widya Wati

Kian menjelma jadi negara yang berkuasa, selama Arab Saudi berdiri telah mengubah begitu banyak tata letak kota hingga berhasil membuat gedung pencakar langit sangat megah. Namun akan pencapaian tersebut, pihak berwenang Kerajaan Arab Saudi ternyata telah menggusur sederet situs peninggalan Islam, mulai dari makam ayah Nabi Muhammad hingga masjid bersejarah.

Berawal ketika Saudi didirikan pada 1932, pemerintah banyak melakukan pembongkaran terhadap banyak landmark Islam. Apalagi, saat ada dekrit Dewan Ulama Senior Kerajaan pada 1944 yang ingin berhenti melestarikan bangunan bisa mengarah kepada kemusyrikan atau menyekutukan Tuhan. Situasai yang ternyata dimanfaatkan para pengembang real estate untuk memperluas proyek mereka di Saudi.

Melansir dari Islamicity, selama 50 tahun terakhir Saudi telah menghancurkan setidaknya 300 bangunan bersejarah di Mekah dan Madinah. Di sisi lain, menurut laporan Yayasan Penelitian Warisan Islam lebih dari 98 persen situs sejarah dan agama Saudi dihancurkan sejak 1985. Bahkan, banyak pengamat menilai tindakan Saudi seolah-olah ingin menghapus sejarah.

Sebenarnya, mana saja situs bersejarah Islam yang diruntuhkan oleh pemerintah Arab Saudi? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela. 

1. Jadi kabar cukup mengejutkan, saat tersiar kabar kalau Masjid Basya yang sudah dibangun sejak 1735 tiba-tiba dibongkar oleh pihak Saudi pada 1987.

Dok. Internet

2. Melansir dari Art News, ada pula pembongkaran makam anak Nabi Muhammad, Fatima, di kawasan Jannat Al Baqi atau yang berarti Kebun Surgawi pada awal 1920-an.

Dok. Internet

3. Masuk pada tahun 2022, Saudi menghancurkan benteng berusia lebih dari 200 tahun yang telah melindungi Ka'bah, benteng yang sebelumnya peninggalan pemimpin Turki Usmani pada 1780.

Dok. Internet

4. Bergerak ke kawasan Madinah ada makam ayah Nabi Muhammad, Abdullah yang dibongkar pada 1989, menurut keterangan resmi pemerintah makam tersebut dipindah ke pemakaman Baqi.

Dok. Internet

5. Masih di tahun yang sama, pemerintah Saudi juga membongkar rumah tempat kelahiran Nabi Muhammad di Masjidil Haram untuk dibangun gedung pencakar langit.

Dok. Internet

6. Pada 1989, pihak berwenang juga membongkar rumah istri Nabi Muhammad, Khadijah bin Khuwailid.

Dok. Internet

7. Usai satu dekade membongkar rumah Khadijah, Saudi terlihat membuldoser makam ibu Nabi Muhammad, Aminah binti Wahab.

Dok. Internet

8. Ada rumah Hamzah alias paman Nabi yang sudah berdiri sekitar 1.300 tahun, namun pada 2013 disulap menjadi kawasan hotel laporan dari Art Newspaper.

Dok. Internet

Keputusan yang cukup disayangkan, namun berbagai pembongkaran dilakukan untuk membangun wajah Kerajaan Arab Saudi yang makin megah dan terpandang. Semoga kedepannya, tetap ada pelestarian berbagai situs sejarah Islam, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Travel