Penyebaran agama Islam di seluruh dunia dimulai sejak zaman kenabian Muhammad SAW. Perdagangan yang terhubung ke banyak wilayah ini membantu dalam penyebaran agama Islam. Sejak saat itu, mulai hadir banyak bangunan yang merupakan peninggalan sejarah Islam.

Meskipun sebagian besar bangunannya merupakan masjid, namun kita juga dapat menemukan beberapa jembatan, istana, hingga benteng yang terdiri dari menara dan kubah. Bangunan-bangunan bersejarah ini lantas menjadi sorotan dunia karena menyimpan sejarah peradaban Islam.

Beberapa bangunan di antaranya bahkan dianggap sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Mari kita simak apa saja bangunan bersejarah Islam di seluruh dunia yang paling menarik berikut ini.

1. Taj Mahal, Agra, India

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Duniabritannica.com

Taj Mahal merupakan sebuah monumen yang dibangun Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Istri dari sang kaisar ini meninggal pasca melahirkan anak ke-14.

Masa pembangunan monumen ini berlangsung sejak tahun 1630-1653, sehingga butuh 23 tahun untuk menyelesaikan pembangunannya. Sejak tahun 1983, Taj Mahal telah masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO.

2. Masjid Suleiman, Istanbul, Turki

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunialist25.com

Masjid yang memiliki kubah warna biru ini biasanya disebut sebagai "Blue Mosque". Bangunan masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I pada tahun 1603-1617.

Selain terdiri dari kubah yang bertingkat, bangunan masjid ini juga memiliki 6 menara. Masjid yang menjadi tempat ibadah ini juga digunakan sebagai tempat wisata agama dan budaya, sehingga jemaah yang berkunjung dan beribadah di sini berasal dari seluruh dunia.

3. Masjid Raya Xi’an, Shaanxi, Tiongkok

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh DuniaUmma.id

Masjid ini merupakan yang pertama kali dibangun di Tiongkok, didirikan Kaisar Tia Bo dari dinasti Tang pada tahun pertama. Umur bangunannya sudah lebih dari 1000 tahun lamanya, sehingga disebut sebagai masjid tertua di provinsi Shaanxi, Tiongkok.

Masjid yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO ini, sayangnya tidak memperbolehkan pengunjung untuk masuk. Namun, mereka diperbolehkan untuk menelurusi di luar bangunan masjid. 

4. Jembatan Si-o-se Pol, Isfahan, Iran

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunialist25.com

Dibangun pada tahun 1599, jembatan ini juga dikenal sebagai Jembatan Allah-Verdi Khan, yang begitu populer dikunjungi turis di kota Isfahan, Iran. Jembatan yang menempati peringkat ke-11 sebagai jembatan paling ternama ini memiliki 33 buah lengkungan di dindingnya.

Jembatan ini juga dibuat dari batu dan batu bara, sehingga mampu berdiri dengan sangat kokoh di atas aliran Sungai Zayandeh. Panjangnya sekitar 297,76 m, dan memiliki lebar sekitar 13,75 m.

5. Masjid Selimiye, Edirne, Turki

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunialist25.com

Bangunan masjid yang berada di kota Edirne, Turki, ini dibangun atas perintah Sultan Selim II. Didirikan pada tahun 1568-1574, masjid Selimiye yang sangat indah ini terdiri dari empat buah kubah.

Bangunan masjid ini juga memiliki ukiran pecahan uang kertas 10,000 lira Turki. Bangunan ini juga disebut sebagai karya terbaik, karena masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO. 

6. Benteng Agra, Agra, India

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunialist25.com

Benteng yang juga disebut sebagai Benteng Merah atau Lal Qila ini didirikan Kaisar Akbar dari kerajaan Mugha. Bangunan benteng ini terlihat megah karena terbuat dari batu bata yang berwarna merah.

Bangunan ini lokasinya berada di Kota Agra, India, dan merupakan benteng paling penting di India karena menyimpan berbagai kekayaan negara. Sehingga, bangunan ini juga termasuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO.

7. Chinli Kiosk, Istanbul, Turkey

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Duniaworldarchitecturemap.org

Bangunan istana ini merupakan salah satu bangunan Islam paling megah di negara Turki, yang dibangun oleh Ottoman Sultan Mehmed II.

Dibangun sebagai istana kebahagiaan, eksterior bangunan ini begitu indah dan mengkilap karena dibuat dari batu bata.

Bangunan ini konon digunakan sebagai Museum Seni Islam sejak tahun 1953, yang menampung barang-barang bersejarah. Sebagai tempat bersejarah, museum ini dubuka untuk umum setiap hari.

8. Masjid Al-Azhar, Kairo, Mesir

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunialist25.com

Masjid yang begitu megah ini dibangun oleh Panglima Jauhar Assiqilli di tahun 359-361 Hijriah. Terdiri dari lima menara, gedung masjid ini kemudian digunakan sebagai Universitas yang telah menawarkan berbagai fakultas. Di dalamnya juga tersedia perpustakaan yang sangat luas. 

9. Istana Alhambra, Granada, Spanyol

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Duniaganaislamika.com

Istana Alhambra termasuk salah satu istana paling megah di kota Granada, Spanyol. Istana ini didirikan oleh bangsa Moor yang berasal dari daerah Afrika Utara.  Bangsa Moor merupakan penguasa kerjaan Islam terakhir di Andalusia, Spanyol.

Istana ini dibuat dengan batu bata berwarna merah dan ubin-ubin, dan menjadi bukti sejarah kejayaan agama Islam di negara Spanyol.

10. Masjid Sultan Hassan, Kairo, Mesir

Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunialonelyplanet.com

Masjid yang pembangunannya membutuhkan waktu 7 tahun ini dibangun pada tahun 1356 masehi. Saat itu, kepemimpinannnya masih di bawah Sultan bin Hassan Al-Nashir Muhammad bin Qalawun, yang berasal dari dinasti mamlukiyah.

Menurut para sejarawan, masjid ini termasuk masjid yang memiliki pintu paling besar dan paling luas, dibandingkan bangunan Islam lainnya di Mesir. Keistimewaan masjid ini memang terletak pada pintunya.

Itulah 10 bangunan bersejarah Islam yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Dari daftar di atas, manakah bangunan yang ingin kamu kunjungi, Bela?

Baca Juga: Kisah Jubah Nabi Muhammad SAW, Dirawat Sebuah Keluarga 59 Generasi

Baca Juga: Inilah Sejarah Yerusalem, Kota Suci Bagi 3 Agama

Baca Juga: Sejarah Perayaan Tahun Baru Sejak Zaman Kekaisaran Romawi