Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang: Lokasi, Rute, & Tips

Air terjun ini bersumber dari Gunung Merbabu

Nindi Widya Wati

Liburan dapat dinikmati dengan banyak hal, salah satunya berkunjung ke wisata hidden gem berupa air terjun di pegunungan kawasan Magelang, Jawa Tengah. Tempat yang terkenal dengan sebutan kota sejuta bunga ini, kiranya menyimpan panorama alam indah berupa Air Terjun Grenjengan Kembar.

Air terjun yang berada di tengah hutan belantara ini makin dilirik wisatawan, karena menawarkan air terjun yang sumber mata airnya dari Gunung Merbabu. Penasaran? Simak informasi lengkap mengenai lokasi, rute, dan beberapa tips liburan ke Air Terjun Grenjengan Kembar dalam artikel berikut, Bela. 

1. Air Terjun Grenjengan Kembar berlokasi di Dusun Citren, Desa Munewarang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB dengan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Instagram.com / hendriwlsss

2. Kalau berangkat dari Magelang, jarak untuk menuju Air Terjun Grenjengan Kembar sekitar 24 kilometer, kamu bisa menyusuri jalan Magelang-Salatiga via Kopeng.

Instagram.com / agil.iqbal

3. Jika melihat sebuah percabangan jalan kecil di kiri jalan, maka belok ke kiri menuju Jalan Pakis-Ngablak dan ikuti petunjuk arah menuju Air Terjun Grenjengan Kembar.

Instagram.com / yusuf_arb

4. Air Terjun Grenjengan Kembar merupakan air terjun beraliran ganda yang terletak di ketinggian 1.000 Mdpl, dengan sumber mata airnya berasal dari Gunung Merbabu.

Instagram.com / sidiqk85

5. Waktu yang tepat ke Air Terjun Grenjengan Kembar, saat peralihan musim penghujan menuju kemarau atau sekitar bulan Mei sampai pertengahan Juli.

Instagram.com / indonesiantraveler

6. Hal tersebut guna menghindari risiko banjir, karena saat hujan air terjun di area Gunung Merbabu akan meluap dan menyebabkan banjir cukup besar.

Instagram.com / fyi.travel

7. Pastikan kamu punya kondisi fisik prima dan pakai alas kaki nyaman, karena diperlukan trekking menuju Air Terjun Grenjengan Kembar.

Instagram.com / sidiqk85

8. Tempat wisata ini belum terdapat penjual makanan dan minuman, maka lebih baik jika kamu membawa bekal sendiri, ya.

Instagram.com / yusuf_arb

9. Bila ingin mencoba spot selfie di sekitar Air Terjun Grenjengan Kembar harap berhati-hati, mengingat beberapa area sudah lapuk.

Instagram.com / ulil_1st

Itulah beberapa informasi dan tips yang dapat kamu perhatikan sebelum bergegas ke Air Terjun Grenjengan Kembar di Magelang. Semoga bermanfaat, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Travel