Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Tempat Wisata di Tawangmangu, Mana yang Lebih Seru?

Cara asyik nikmati liburan di Tawangmangu

Nindi Widya Wati

Tawangmangu sebagai kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang terkenal menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Apalagi, kalau melihat kesejukan wilayah yang berada di kaki Gunung Lawu hingga kerap jadi pilihan tempat refresh diri.

Memang ada banyak wisata di Tawangmangu, mulai dari objek wisata alam maupun wisata buatan yang kiranya sangat menarik untuk dikunjungi. Penasaran? Kira-kira apa saja sederet wisata di Tawangmangu? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela! 

1. Air Terjun Grojogan Sewu terbilang sebagai ikon Tawangmangu yang harus ditempuh dengan naik 1.250 anak tangga. Lokasinya di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu dan beroperasional pukul 08.00-16.00 WIB (Senin-Sabtu) & 07.30-16.30 WIB (Minggu).

Instagram.com / massool

2. Taman Wisata Balekambang menyimpan berbagai miniatur destinasi wisata dunia, seperti Colosseum, Menara Eiffel, hingga Tembok Besar China. Ada pula wisata outbond, flying fox, paintball hingga high rope yang buka pukul 09.00-17.00 WIB dan berlokasi di Jalan Balaikambang, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu.

Dok. GMaps

3. Bukit Sekipan memiliki koleksi alat-alat transportasi kuno lengkap wahana outbond, mini waterboom, dan playground yang buka pukul 08.00-17.00 WIB. Biaya masuknya Rp30 ribu-Rp80 ribu dan berlokasi di Jalan Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu.

Dok. GMaps

4. Pasar Wisata Tawangmangu kerap jadi pilihan berbelanja sayur, bunga, hingga buah segar asli Tawangmangu. Lokasinya di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu No.16 dan beroperasi pukul 05.15-19.15 WIB.

Dok. Istimewa

5. Bukit Mongkrang menawarkan pemandangan dua puncak bukit, yaitu Bukit Candi I dan Bukit Candi II. Biaya masuknya Rp15 ribu, buka pukul 07.00-14.00 WIB, dan berlokasi di Area Hutan Tlogo Dringo, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

Dok. GMaps

6. Air Terjun Pringgodani dikenal sebagai tempat pertapaan dengan memiliki 2 tingkat curahan air. Biaya masuknya Rp10 ribu, buka pukul 06.00-18.00 WIB, dan berlokasi di Area Hutan Lindung, Blumbang, Kecamatan Tawangmangu.

Dok.GMaps

7. Rumah Atsiri terkenal sebagai eduwisata seputar pembuatan minyak aromaterapi serta koleksi tanaman dan bunga. Biaya masuknya Rp50 ribu, buka pukul 10.00-17.00 WIB, dan berlokasi di Jalan Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu.

Instagram.com / rumahatsiri

8. Embun Lawu mulai dikenal sebagai wisata dengan beragam spot foto dan wahana bermain seperti flying fox, offroad jeep, sepeda terbang, hingga sepeda gunung. Biaya masuknya Rp20 ribu dan berlokasi di Jalan Raya Matesih - Tawangmangu No. 16.

Dok.GMaps

9. Sakura Hills sebagai wisata berkonsep Jepang sehingga kerap jadi pilihan tempat hunting foto yang buka pukul 09.00-17.00 WIB (Weekdays) & 08.00-17.30 WIB (Weekend). Tiket masuknya Rp20 ribu - Rp25 ribu dan berlokasi di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu No.16.

Dok.GMaps

10. Cemoro Kandang jadi tempat favorit bagi para pendaki saat mendaki ke Gunung Lawu karena memiliki beberapa kafe. Biaya masuknya Rp20 ribu, buka 24 jam, dan berlokasi di Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Magetan.

Dok.GMaps

11. Telaga Sarangan turut jadi wisata favorit, apalagi saat bisa menikmati sejuknya telaga dengan berkeliling naik perahu. Wisata ini beroperasi 24 jam, dengan biaya masuk Rp20 ribu, dan berlokasi di Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Magetan.

Dok.GMaps

12. Gunung Lawu dengan tinggi 3.265 mdpl bisa jadi tempat pendakian untuk menikmati keindahan di sekitar Tawangmangu. Biaya masuknya Rp20 ribu dan berlokasi di Area Hutan, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

Instagram.com / lawumountain

13. D'lawu Bistro & Mountain Cottage bisa jadi pilihan penginapan tenang karena jauh dari perkotaan dilengkapi kafe sangat cozy. Berlokasi di Jalan Raya Tawangmangu - Sarangan Kilometer 9 dan beroperasional pukul 09.00-21.00 WIB (Weekdays) serta 09.00-22.00 WIB (Weekend).

Dok.GMaps

14. The Lawu Park mengusung konsep taman wisata, resor, dan resto dengan pesona alam Gunung Lawu yang buka pukul 08.00-17.00 WIB. Biaya masuknya Rp20 ribu (Weekdays) & Rp25 ribu (Weekend) yang terletak di Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

Dok.GMaps

15. Tawangmangu Wonder Park jadi salah satu wisata outdoor lengkap beberapa permainan seperti ATV, flying fox, hingga offroad dengan mobil jeep yang beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Biaya masuknya Rp20 ribu dan berlokasi di Jalan Ombang-Ombang No.32 Blumbang, Kecamatan Tawangmangu.

Instagram.com / tawangmangu.wonderpark

Itulah, 15 tempat wisata di sekitar Kecamatan Tawangmangu yang menarik untuk dikunjungi. Ingat, selalu update informasi mengenai sederet tempat wisata tersebut, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Travel