Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada Indonesia, 10 Negara Terindah di Dunia Versi Forbes & Money.co.uk

Indonesia di urutan ke berapa, ya?

Natasha Cecilia Anandita

Dari ratusan negara berdaulat di dunia, 193 negara sudah menjadi anggota dari PBB dan resmi terdaftar. Setiap negara tentu memiliki keindahannya sendiri, baik itu dari segi budaya, keindahan alam, hingga bangunan lainnya.

Sebuah studi baru dari situs Forbes dan money.co.uk bertujuan untuk menentukan peringkat 50 negara terindah di dunia dengan menganalisis jumlah keajaiban alam di setiap lokasi. Mulai dari terumbu karang, hutan hujan tropis hingga gunung berapi, gletser, dan lainnya.

Negara Asia Tenggara tentu masuk dalam peringkat, termasuk Filipina di urutan 17, Malaysia ururtan 24, Thailand urutan 38, dan Myanmar urutan 41.

Dari ke 50 negara terindah di dunia, ada Indonesia nggak, ya? Well, berikut Popbela berikan daftar 10 besar negara terindah di dunia versi Forbes & money.co.uk.

10. Komoro

360mozambique.com

Terletak di Afrika selatan, di ujung utara Selat Mozambik di lepas pantai timur Afrika, Komoro adalah salah satu negeri terkecil di dunia. Meski demikian, negara yang termasuk Liga Arab ini memiliki keindahan yang tak tertandingi hingga masuk dalam urutan ke-10.

Komoro dikenal dengan suasana yang tenang, terpencil dan bebas dari minuman keras. Pulau-pulau di Komoro menawarkan liburan yang magis dan natural bagi wisatawan. Vegetasi di Pulau-pulau Komoro kaya dan beragam.

Perlu kamu ketahui, 65% dari esensi parfum dunia berasal dari sini, diproses dari bunga ylang-ylang, melati, dan jeruk. Pulau-pulau di Komoro adalah pulau vulkanik dan dikelilingi oleh terumbu karang. Wisata yang lebih menantang bisa mengunjungi puncak Gunung Kartala, sebuah gunung berapi aktif di Komoro Besar, atau menikmati berbagai macam olahraga air.

9. Papua Nugini

Shutterstock/Michal Knitl

Tetangga Indonesia ini ada di urutan 9 dalam daftar. Papua Nugini sebagian besar bergunung-gunung, puncak tertingginya adalah Gunung Wilhelm setinggi 4.509 meter. Negara di timur pulau Papua ini juga memiliki puluhan hutan hujan tropis.

Tak hanya hutan, Papua Nugini juga dikelilingi oleh terumbu karang dan beberapa gunung api aktif. Terkait satwanya, banyak spesies burung dan mamalia yang ditemukan di Pulau Papua, termasuk Papua Nugini yang memiliki pranala genetik yang dekat dengan spesies yang berpadanan di Australia.

Kamu dapat menemukan beberapa spesies mamalia marsupial, termasuk beberapa kangguru dan possum, yang tidak ada di tempat lain. Selain itu, kamu juga bisa berenang bersama lumba-lumba di teluk-teluk sekitar Kokopo Beach Bungalows.

8. Prancis

unsplash.com/ilnur kalimullin

Republik satu ini terkenal dengan Menara Eiffel-nya yang luar biasa megah dan ikonik. Negara metropolitan ini memiliki berbagai macam lanskap, mulai dataran pantai di utara dan barat hingga jejaring pegunungan Alpen di tenggara, Massif Central di tengah-selatan dan Pyrenees di barat daya.

Ada beragam tempat selain Menara Eiffel yang legendaris. Ini termasuk menikmati matahari terbenam di atas kebun-kebun anggur yang indah dan lanskap yang indah, berkunjung ke lautan ladang lavender yang tampaknya tak berujung di setiap musim panas, hingga perjalanan ke Grand Canyon-nya Prancis Gorges du Verdon.

7. India

pexels.com/darshak pandya

Negara di Asia Selatan ini selain kental dengan budayanya dan Bollywood-nya, juga memiliki keindahan lain. Salah satu negeri terpadat di dunia ini menawarkan beberapa lembah, gunung, danau, sungai dan taman nasional yang menakjubkan.

Lembah dan pegunungan Kashmir, Ladakh, Himachal dan Sikkim banyak dikunjungi oleh wisatawan. Danau Pangong dan Danau Gurudongmar dianggap sebagai salah satu danau terindah di dunia. Jangan lupakan juga keajaiban dunia Taj Mahal yang megah.

6. Kenya

planetware.com

Sebagai sebuah negara yang sangat beragam, baik secara fisik maupun budaya, Kenya adalah salah satu tujuan paling populer di Afrika. Selain sebagai rumah bagi banyak satwa liar, Kenya juga menawarkan lembah dan pegunungan yang indah.

Maasai Mara, Taman Nasional Amboseli, Danau Nakuru dan Great Rift Valley adalah beberapa keajaiban alam paling terkenal di Kenya. Taman Nasional Amboseli menawarkan pemandangan menakjubkan Gunung Kilimanjaro 5.895 m di Tanzania.

5. Meksiko

unsplash.com/dennis-schrader

Masuk ke lima besar, ada Meksiko di Amerika Utara. Meksiko menempati urutan ke-4 di dunia dalam keanekaragaman hayati dan merupakan salah satu dari 17 negara megadiverse. Dengan lebih dari 200.000 spesies berbeda, Meksiko adalah rumah bagi 10-12% keanekaragaman hayati dunia.

Dari hutan hujan, gunung, gunung berapi, gurun, terumbu karang, dan cenote, kamu bisa menemukan semuanya di Meksiko. Tapi cenote adalah tempat yang paling menarik wisatawan. Cenote adalah sungai bawah tanah yang memiliki air biru kehijauan yang ideal untuk penggemar renang.

4. Tanzania

pexels.com/hendrik cornelissen

Tanzania adalah negara dengan keindahan luar biasa yang tidak diragukan lagi. Bagi mereka yang suka berkeliaran di alam liar, Tanzania adalah tempatnya. Negara di Afrika Timur ini terkenal dengan area hutan belantaranya yang luas termasuk Taman Nasional Serengeti—di mana kamu dapat menemukan banyak gajah, singa, kerbau, dan badak, serta Taman Nasional Kilimanjaro, yang merupakan rumah bagi gunung tertinggi di Afrika.

Selain sabananya, Kepulauan Zanzibar di Samudra Hindia yang masuk dalam wilayah Tanzania ini juga cukup menarik. Pulau ini hangat dan jernih dan terdiri dari berbagai pulau lain di daerah tersebut. Ini adalah wilayah yang terkenal karena berbagai alasan termasuk adanya situs Warisan Dunia UNESCO, Stone Town.

3. Kolombia

pexels.com/kristina gain

Kolombia masuk dalam urutan ke tiga negara terindah di dunia. Kolombia mendapat skor 7,16 dari 10 pada skala kecantikan alami. Kolombia memiliki garis pantai yang panjang. Ini juga memiliki lanskap yang bervariasi, dari Amazon hingga Andes.

Taman Alam Nasional Tayrona, Kepulauan Rosario, Taman Nasional Serrania de la Macarena dan Lembah Cocora adalah beberapa tempat yang menjadikan Kolombia sebagai lokasi yang wajib dikunjungi bagi pencinta alam.

2. Selandia Baru

pexels.com/bence kondor

Kedua dalam daftar tempat terindah di dunia adalah Selandia Baru, yang memiliki skor keindahan alam 7,27 dari 10 dan dikenal dengan puncak gunung, perbukitan dan sejumlah gletser dan gunung berapi aktif. Tidak mengherankan jika begitu banyak film, termasuk The Lord of the Rings, telah difilmkan di sini.

Beberapa lokasi yang cukup populer adalah pantai Piha yang terkenal di kalangan peselancar dan fotografer lanskap, karena pasir hitam serta pemandangannya. Ada juga Danau Tekapo yang memesona dengan air glasial berwarna biru cerah. Di musim semi, kamu mendapatkan bonus indah lainnya, yaitu bunga lupin yang mewarnai pinggir jalan dengan warna ungu dan merah mudanya.

1. Indonesia

pexels.com/nick wehrli

Yup, berada di urutan teratas sebagai tempat terindah di dunia, Indonesia memiliki skor keindahan alam 7,77 dari 10. Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 17.000 pulau. Di lepas pantai pulau-pulau ini, kamu akan menemukan lebih dari 31.000 mil persegi terumbu karang, penuh dengan kehidupan.

Beberapa atraksi alam lain yang membantu mendorong Indonesia ke urutan teratas dalam daftar termasuk Taman Nasional Komodo (Situs Warisan Dunia UNESCO), Sumatera (yang ditutupi dengan hutan tropis) dan Kalimantan (rumah bagi suaka orangutan). Keren banget, nggak, sih!

Itulah 10 negara terindah di dunia terbaru versi Forbes dan money.co.uk. Siapa yang makin bangga dengan Indonesia?

IDN Media Channels

Latest from Travel