Beberapa negara kita ketahui telah berusia ribuan tahun dan dinobatkan sebagai negara tertua di dunia. Namun, itu bukan berarti negara tersebut telah merdeka selama itu. Usia tersebut sebenarnya diambil dari peradaban kuno di salah satu wilayah mereka. 

Kira-kira, negaranya ada apa saja, ya? Untuk menambah referensi tempat liburan, simak pembahasan di bawah ini, yuk!

1. Iran - 3.200 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMeuroparl.europa.eu

Iran dijuluki “bangsa bersejarah yang pertama” oleh filsuf Jerman, Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Negara ini merupakan salah satu yang menjadi tempat berkembangnya peradaban besar dunia yang berkesinambungan. Pemukiman urban pun telah dibangun sejak 4.000 SM.

Iran dahulu bernama Persia. Pada 550–330 SM, bangsa ini memiliki Kekaisaran Akhaimenia yang didirikan oleh Koresy Agung. Selain menjadi yang pertama di Persia, kekaisaran ini juga menjadi yang pertama sekaligus terbesar di dunia.

2. Mesir - 3.100 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMfujitsu.com

Terkenal dengan peradaban kunonya, Mesir juga menjadi salah satu negara tertua di dunia. Hal ini terlihat dari beberapa peninggalan yang hingga hari ini masih populer di dunia, contohnya piramida. 

Dahulu, negara ini dipimpin oleh 140 Firaun dalam 30 dinasti. Salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia, Hieroglif, juga berasal dari Mesir. Tidak dengan huruf, sistem ini terdiri dari 700 gambar dan lambang yang berbentuk manusia, hewan, benda, dan sebagainya.

3. Vietnam - 2.879 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMid.hotels.com

Sejarah Vietnam berawal dari Dinasti Hồng Bàng (2.879–258 SM). Kepercayaan yang dianut di masa ini adalah animisme, yaitu kepercayaan pada roh yang mendiami benda-benda. Oleh karena itu, periode ini disebut sebagai periode semi mitologi legendaris dalam sejarah Vietnam.

4. Armenia - 2.492 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMbritannica.com

Armenia dalam bahasanya sendiri disebut dengan Hayk. Kata tersebut berasal dari nama sang pendiri yang hidup di sekitar tahun 2.500 SM. Sementara itu, kata Armenia berasal dari nama putra Hayk yang bernama Aram.

5. Korea Utara - 2.333 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMwww.pinterest.com/foursquare

Wilayah Korea Utara merupakan lokasi Gojoseon atau Korea Kuno (2.333–108 SM). Kerajaan ini didirikan oleh sosok bernama Dangun. Catatan-catatan sejarah mengenai kerajaan ini terangkum dalam sebuah babad sejarah berjudul Samguk Yusa.

6. India - 2.000 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMeuropeanregionofgastronomy.org

Secara resmi, nama India adalah Bhārat Gaṇarājya. Kata India sendiri berasal dari nama sungai besar di negara tersebut, Sungai Indus. Sungai yang juga disebut dengan nama Sindhu itu juga merupakan tempat lahirnya agama Hindu.

Tahun 2.000 SM adalah waktu datangnya bangsa Arya yang merupakan campuran Persia dan Eropa ke wilayah India saat ini. Mereka menggusur bangsa asli India, bangsa Dravida. Kedua bangsa tersebut pada akhirnya membaur dan menciptakan kebudayaan India yang masih bertahan hingga hari ini.

7. Georgia - 1.300 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMstudyingeorgiaeurope.com

Cikal bakal negara Georgia adalah Kerajaan Kolkhis. Terletak di Georgia Barat, kerajaan ini dipimpin oleh Raja Aietes. Tempat ini disebut juga sebagai tempat bermukim Suku Amazon.

Georgia mengalami perkembangan wilayah dalam waktu yang cukup panjang. Simak peta perkembangannya dari tahun ke tahun melalui video di bawah ini:

https://www.youtube.com/embed/yRnInXmvbJo

8. Israel - 1.300 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMtimeout.com

Sebelum menjadi sebuah negara, Israel adalah sebuah kerajaan di wilayah bernama Kanaan. Hal itu tertulis dalam Prasasti Merneptah Mesir. Kerajaan Israel bersaudara dengan Kerajaan Yehuda. Dalam prasasti tersebut disebut juga bahwa Israel pertama kali muncul sekitar 1.300 SM.

9. Sudan - 1.070 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMbritannica.com

Sudan merupakan negara dengan piramida terbanyak. Jumlahnya diperkirakan mencapai 200–225 piramida yang digunakan untuk mengubur jenazah, khususnya para bangsawan. Kota kuno Meroë disebut sebagai pusat bangunan bersejarah tersebut.

Berbeda dengan Mesir, piramida di Sudan dibangun oleh Kerajaan Kush yang berdiri pada 1.070 SM. Bangsa ini merupakan salah satu peradaban yang pertama kali berkembang di lembah sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil.

10. Etiopia - 980 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMmatadornetwork.com

Pemerintahan Etiopia berdiri sejak 980 SM. Sebelumnya, negara ini disebut dengan nama Abbesinia atau Habsyah karena ditinggali oleh suku Habesha sejak 3.000 SM.

Saat ini, Etiopia memiliki nama resmi Republik Demokratik Federal Etiopia. Negara seluas 1.104.300 km persegi ini terletak di bagian timur laut Afrika atau yang lebih dikenal dengan wilayah Tanduk Afrika. Etiopia merupakan negara paling ramai kedua di Benua Afrika.

11. Afganistan - 678 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMen.wikipedia.org

Kabul adalah ibu kota Afganistan. Pada 678 SM, kota tersebut menjadi bagian dari wilayah Kekaisaran Median. Sekitar 1.500–1.200 SM, kitab Rigveda menyebut Kabul dengan nama Kubha. Wilayah ini dipuji karena lokasinya yang ideal.

Wilayah Afganistan saat ini terletak di Asia Selatan sekaligus Asia Tengah. Dengan luas 652.000 km persegi, tak heran jika negara ini menjadi negara terbesar ke-41 di dunia.

12. Jepang - 660 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMcommonwealthfund.org

Di Jepang, ada hari libur untuk memperingati Hari Pembentukan Negara setiap 11 Februari. Tanggal ini diambil dari peristiwa kenaikan takhta kaisar pertama Jepang, Kaisar Jimmu, pada 11 Februari 660 SM. Hal ini diketahui dari catatan Nihon Shoki dan Kojiki.

Hingga saat ini, Jepang masih dipimpin oleh seorang Kaisar. Meski ditetapkan sebagai lambang Negara dan kesatuan bangsa, Kaisar hanya memiliki wewenang untuk kepentingan tertentu.

13. Mongolia - 209 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMmontessori-ami.org

Bangsa Mongolia berawal dari bangsa nomaden bernama Xiongnu. Dibawah kepemimpinan Modu Chanyu, bangsa ini mendirikan sebuah kerajaan pada 209 SM. Wilayahnya bahkan membentang melalui perbatasan Mongolia saat ini.

Pada 1206, Kekaisaran Mongolia dibangun oleh Jenghis Khan. Seiring berjalannya waktu, kekaisaran tersebut memiliki daerah kekuasaan yang berada di Asia dan Eropa. Penduduknya kala itu diperkirakan mencapai 100 juta jiwa hingga dinobatkan sebagai kekaisaran terbesar kedua sepanjang sejarah dunia setelah Imperium Britania.

Mongolia sebagai sebuah negara baru diakui kemerdekaannya oleh Tiongkok pada 1949. Sebagian besar penduduknya berasal dari Suku Mongol dan memiliki cara hidup nomaden seperti nenek moyangnya.

14. Somalia - 200 SM

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMbritannica.com

Asal negara Somalia adalah dari negara kota Somali. Sekitar abad ke-10, Mogadishu yang kini menjadi ibu kota Somalia mulanya adalah sebuah kerajaan dagang. Kerajaan ini menjadi yang terkuat di tanduk benua Afrika pada abad ke-12 hingga ke-14 sebelum jatuh ke tangan Kesultanan Ajuran.

Somalia memiliki garis pantai sepanjang 2.600 km karena berbatasan langsung dengan Teluk Aden dan Samudera Hindia. Bentang alamnya cukup beragam karena terdapat pula gurun, pegunungan, hingga sungai (terutama Sungai Shibeli dan Sungai Giuba) yang membuat daerahnya menjadi cukup subur untuk ditanami.

15. San Marino - 301 M

Ini 15 Negara Tertua di Dunia, Ada Iran yang Berdiri Sejak 3.200 SMbritannica.com

San Marino dibentuk oleh Santo Marinus yang mulanya adalah seorang tukang batu. Walaupun kecil, negara ini adalah negara republik konstitusional tertua di dunia karena telah ada sejak 3 September 301 M.

Kawasan San Marino dikelilingi oleh Italia. Sang pendiri sebenarnya berasal dari Pulau Rab, Kroasia. Ia menemukan daerah ini saat kabur dari penganiayaan agama yang terjadi di masa Kaisar Romawi Diokletianus.

Negara mana yang paling ingin Bela kunjungi?

Baca Juga: Penuh Tantangan, Ini Durasi Puasa Negara-Negara di Dunia

Baca Juga: Menurut Peringkat EPI, Inilah 15 Negara Terbersih Di Dunia

Baca Juga: 9 Kota di Dunia yang Kini Sudah Lenyap, Hilang ke Mana?