Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Camping di Bogor yang Seru dan Nyaman

Fasilitasnya pun memadai

Nafi' Khoiriyah

Menjelang libur lebaran, kamu perlu mencari destinasi yang menarik dan seru untuk liburan. Untuk mengalihkan keseharian kamu yang disibukkan dengan pekerjaan kantor yang padat, camping menjadi liburan yang cocok untukmu. 

Pilihlah tempat camping yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan agar bisa menghirup udara segar dari alam. Salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah tempat camping di Bogor.

Ajaklah keluarga atau sahabat untuk ber-camping bersama sambil menikmati udara sejuk di Bogor. Deretan tempat camping berikut ini adalah tempat-tempat yang bisa kamu jadikan pilihan. Simak, yuk!

1. D'Jungle Private Camp

instagram.com/djungleprivatecamp

Tempat camping di Bogor yang pertama berada di puncak dengan pemandangan alam pegunungan yang indah. D'Jungle Private Camp ini berada di atas ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut dengan luas sekitar 10 hektare. 

Tak heran jika udara di sana sangat sejuk dan menyegarkan. Lokasinya yang jauh dengan pemukiman dan berbatasan dengan hutan membuat suasana di D'Jungle Private Camp tenang dan damai. 

Alamat: Kp Pasir Manggis, Desa Megamendung, Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750.

2. Gunung Geulis Camp Area

instagram.com/gunung_geulis_camp_area

Gunung Geulis Camp Area merupakan tempat seluas 10 hektare yang menjadi area camping sekaligus outbound. Lokasinya tak kalah sejuk dengan sebelumnya karena berada di area perbukitan. 

Tak perlu khawatir, Gunung Geulis Camp Area juga menyediakan aneka fasilitas yang bisa dimanfaatkan, mulai dari musala, villa, cottages, toilet, dan pendopo. 

Alamat: Jalan Bukit Pelangi, Desa No.2, Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710.

3. Taneuh Polaris

instagram.com/taneuhpolaris

Kalau kamu tidak ingin ribet menyiapkan tenda. maka tempat camping di Bogor yang berikutnya ini menjadi jawabannya. Taneuh Polaris merupakan tempat camping dengan semua peralatan yang sudah disediakan. 

Mulai dari tenda sampai kamar mandi, semuanya sudah diisi dengan lengkap dan nyaman. Meski begitu, suasana camping pun tetap terasa saat berada di Taneuh Polaris. 

Alamat: Palasari, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16740.

4. Pondok Kapilih Resort & Camp

instagram.com/pondokkapilih

Pondok Kapilih Resort & Camp merupakan tempat camping, gathering, sekaligus outbound yang murah di Bogor. Konsep yang diangkat oleh tempat ini adalah pegunungan yang asri di kaki Gunung Pangrango. 

Memiliki luas sekitar 3 hektare, Pondok Kapilih Resort & Camp menjadi tempat yang ideal untuk liburan. Pemandangannya yang indah pun bisa memanjakan mata siapa saja yang mengunjunginya. 

Alamat: Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16730.

5. Curug Cihurang

instagram.com/curugcihurangbogor

Salah satu wisata alam yang berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah Curug Cihurang. Curug Cihurang merupakan tempat camping di Bogor sekaligus tempat melihat pemandangan air terjun yang menyejukkan. 

Kamu bisa memilih lokasi di atas atau bawah jika memilih untuk camping di sini. Lokasinya pun cukup luas di bawah hutan pinus sehingga cocok bagi kamu yang membawa serta keluarga. 

Alamat: Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810.

6. Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas

instagram.com/bukit_golf_cibodas

Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas merupakan sebuah bukit golf yang memiliki luas sekitar 40 hektare. Selain menjadi lapangan golf, tempat ini juga dijadikan sebagai lokasi camping. 

Pemandangannya yang berhadapan langsung dengan Gunung Gede Pangrango membuat pemandangan di Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas sejuk dan indah. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari parkir, toilet, sampai aula. 

Alamat: Bukit Golf Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253.

7. Bukit Si Kabayan Gunung Bunder

instagram.com/bukitsikabayan

Tidak pernah sepi pengunjung, tempat camping di Bogor Bukit Si Kabayan Gunung Bunder menjadi destinasi camping yang perlu kamu coba. Sebab, tempat ini menawarkan keindahan alam hutan pinus sekaligus view pegunungan. 

Selain menikmati udara yang sejuk, pengunjung pun bisa menikmati sunrise dan sunset dari atas ketinggian. Sedangkan saat malam hari, kamu juga bisa menikmati pemandangan lampu kota yang indah. 

Alamat: Kp Kebon Kopi, RT.01/RW.03, Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Jawa Barat 16810.

8. Gayatri Mountain Adventure

instagram.com/gayatrimountainadventure

Gayatri Mountain Adventure merupakan area camping dengan luas 12 hektare yang berada di tengah-tengah kebun teh. Jika camping di sini, kamu juga akan melihat pemandangan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak langsung. 

Dengan luas tersebut, area Gayatri Mountain Adventure terbagi menjadi beberapa area yaitu area camping, area campervan, area offroad, area archery, dan area outbound. 

Alamat: Kp, Jalan Citeko Panjang, RT.03/RW.09, Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750.

9. Camp Ground Lembah Salak

instagram.com/lembahsalakcampingground

Mengarah langsung ke pemandangan Kota Bogor, Camp Ground Lembah Salak cocok kamu jadikan destinasi camping. Tempat ini bisa kamu kunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 

Selain camping, pengunjung juga bisa berwisata di aliran Curug Pelangi yang jaraknya tidak begitu jauh dengan Camp Ground Lembah Salak. Jika membawa anak-anak, mereka juga bisa kamu bawa untuk melihat taman kelinci dan peternakan kambing. 

Alamat: Tajur Halang, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16740.

10. Highland Camp Curug Panjang

instagram.com/highlandcampcurugpanjang

Tempat camping di Bogor yang terakhir adalah Highland Camp Curug Panjang. Tempat ini berada di punggung barat daya Gunung Paseban, Megamendung Bogor dengan ketinggian 949-1086 meter di atas permukaan air laut. 

Dengan luas kurang lebih 5,9 hektare, Highland Camp Curug Panjang didesain seperti miniatur halimun yang pengembangannya menggunakan pendekatan ekologis. Selain camping, kamu bisa berwisata di curug, hiking, sampai telusur sungai. 

Alamat: Jalan Situhiang, Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770.

Itulah 10 tempat camping di Bogor yang bisa kamu jadikan destinasi untuk liburan nanti. Kira-kira, tempat mana yang akan kamu kunjungi nanti, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel