Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga

Nafi' Khoiriyah

Warga Depok dan sekitarnya tentu sudah tak asing lagi dengan keberadaan Taman Rekreasi Wiladatika. Diresmikan sejak tahun 1980, taman ini dinamai dengan Widya Mandala Krida Bakti Pramuka atau yang sering disebut Taman Rekreasi Wiladatika.

Seperti namanya tersebut, tempat ini mulanya memang ditujukan untuk pendanaan kegiatan kepramukaan. Namun memang, pembangunan taman ini adalah untuk tujuan rekreasi dan wisata. 

Tempatnya yang menarik dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan pun membuat pengunjung dari berbagai daerah tertarik untuk rekreasi di sana. Tak heran jika Taman Rekreasi Wiladatika selalu ramai pengunjung, apalagi di hari libur. 

1. Lokasi Taman Rekreasi Wiladatika

instagram.com/wiladatika_cibubur

Lokasi Taman Rekreasi Wiladatika berada di Cimanggis, Depok. Tepatnya di Jalan Jambore Nomor 1, Harjamukti, Cimanggis RT. 08 Kota Depok, Jawa Barat 13720. Lokasi tersebut tidak jauh dengan pusat perbelanjaan Cibubur Junction. 

Dengan lokasi yang strategis tersebut, luas tempat wisata ini mencapai lebih dari 10 hektare. Maka dari itu, tempat rekreasi ini cocok bagi kamu yang berada di wilayah sekitar Jakarta Timur untuk dikunjungi bersama keluarga. 

2. Rute menuju Taman Rekreasi Wiladatika

instagram.com/wiladatika_cibubur

Untuk menuju Taman Rekreasi Wiladatika, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Sebab, jalur untuk menuju lokasi cukup mudah meskipun hanya mengandalkan maps. 

Jarak taman wisata ini dari pusat kota Jakarta sekitar 24 kilometer. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Ambillah jalan menuju pintu tol dalam kota, lalu lanjutkan sampai masuk tol Jagorawi. 

Setelah itu, terus jalan sampai sekitar 13 kilometer sampai keluar ke pintu tol Cibubur. Jalan terus di Jalan Buperta lalu gunakan jalur kiri untuk memutar ke arah Jakarta. Nah, Taman Rekreasi Wiladatika ada di sebelah kiri jalan. 

Kamu pun bisa menaiki TransJakarta dengan tujuan Cibubur. Dengan jalur tersebut, kamu bisa berhenti di Cibubur Junction lalu berjalan kaki menuju Taman Wiladatika yang berada di depannya. 

Namun, jika kamu menggunakan Commuter Line, silakan turun di Stasiun Tanjung Barat. Setelah itu, kamu bisa menaiki angkutan umum jurusan Kampung Rambutan.

Berhentilah di perempatan Pasar Rebo kemudian naik lagi menggunakan angkot jurusan Jambore. Maka, kamu akan sampai di depan Taman Rekreasi Wiladatika. 

3. Harga Tiket Taman Rekreasi Wiladatika

instagram.com/wiladatika_cibubur

Harga tiket untuk masuk ke Taman Rekreasi Wiladatika sangat terjangkau. Namun, harga ini berbeda antara wisatawan umum dengan anggota pramuka. Sebab, taman ini memang ditujukan untuk pendanaan pramuka pada awalnya. 

Berikut adalah biaya tiket masuk Taman Rekreasi Wiladatika. 

  • Tiket masuk taman rekreasi: Rp10 ribu
  • Tiket masuk kolam renang: Rp20 ribu 
  • Tiket masuk langganan 4x datang: Rp100 ribu
  • Tiket menggunakan saung: Rp220 ribu

Selain itu, kamu juga dikenakan tarif parkir yang berbeda-beda untuk setiap jenis kendaraan. 

  • Tiket parkir motor: Rp5 ribu 
  • Tiket parkir mobil: Rp10 ribu 
  • Tiket parkir bus: Rp20 ribu

Sementara itu, di taman ini kamu juga bisa mengambil foto untuk keperluan pre-wedding, iklan, dan semacamnya dengan tarif berikut. 

  • Foto amatir: Rp277,5 ribu
  • Foto pre-wedding: Rp333 ribu 
  • Foto iklan: Rp777 ribu 
  • Shooting layanan masyarakat: Rp2,2 juta
  • Shooting film/sinetron/iklan: Rp5,5 juta 

4. Fasilitas dan jam buka Taman Rekreasi Wiladatika

instagram.com/wiladatika_cibubur

Kamu bisa mengunjungi tempat ini kapan saja karena Taman Rekreasi Wiladatika buka setiap hari. Adapun jam buka tempat ini mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. 

Taman Rekreasi Wiladatika juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Fasilitas tersebut di antaranya adalah masjid, kolam renang, air mancur, dan taman bunga. 

Mereka juga menyediakan gazebo yang cukup luas untuk dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul keluarga besar atau semacamnya. Namun, beberapa fasilitas tersebut memerlukan biaya tambahan dan harus booking terlebih dahulu. 

Selain itu, Taman Rekreasi Wiladatika juga memiliki gedung serbaguna yang bernama Gedung Pandansari. Gedung ini biasanya dipakai untuk acara resepsi pernikahan atau acara besar lainnya. 

Penginapan pun tersedia di sekitar tempat ini bagi kamu yang ingin bermalam sambil menikmati keindahan alam di Taman Rekreasi Wiladatika. 

5. Daya tarik Taman Rekreasi Wiladatika

instagram.com/wiladatika_cibubur

Saat berkunjung ke Taman Rekreasi Wiladatika, ada beberapa daya tarik yang menjadi tujuan wisatawan. Daya tarik itu di antaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Taman yang indah
    Dengan lokasi yang berada di atas tanah berhektare-hektare, Taman Rekreasi Wiladatika dihiasi dengan aneka tanaman yang menyejukkan mata. Ada pula air mancur di tengah taman yang menjadi spot favorit pengunjung untuk mengabadikan foto. 
  2. Wahana permainan anak 
    Selain itu, taman ini juga sangat cocok untuk anak-anak karena menyediakan aneka wahana permainan yang menarik. Wahana tersebut ada yang disediakan secara gratis, tetapi ada pula yang berbayar. 
  3. Kolam renang 
    Terakhir, terdapat kolam renang di dalam Taman Rekreasi Wiladatika yang bisa dipakai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun, kamu perlu biaya tambahan untuk dapat bermain di sana. 

Demikian informasi mengenai Taman Rekreasi Wiladatika yang bisa kamu jadikan panduan jika ingin berkunjung ke sana. Selamat berlibur ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel