Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pantai Carita: Lokasi, Rute, Harga Masuk, dan Daya Tariknya

Cocok jadi destinasi liburan

Nafi' Khoiriyah

Pantai menjadi tempat wisata yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Selain melihat pemandangan yang menyegarkan, wisata pantai juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. 

Jika kamu tinggal di sekitar wilayah Banten, ada satu pantai yang bisa kamu jadikan destinasi liburan, yaitu Pantai Carita. Objek wisata ini berlokasi tak begitu jauh dari ibukota Jakarta sehingga bisa kamu datangi saat akhir pekan. 

Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap dengan pemandangan yang memukau. Sebelum datang ke sini, simak terlebih dahulu informasi tentang Pantai Carita berikut ya, Bela!

1. Lokasi Pantai Carita

instagram.com/pantaicaritaanyer

Objek wisata Pantai Carita berada di pesisir barat provinsi Banten. Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Carita Km. 10 Caringin, Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Lokasi tersebut tak jauh dari Pantai Anyer dan juga Pantai Tanjung Lesung. Memiliki pemandangan yang indah, Pantai Carita sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

2. Rute menuju Pantai Carita

instagram.com/pantaicaritaanyer

Untuk menuju tempat wisata ini, rute yang ditempuh tidak terlalu rumit. Pengunjung yang datang dari Jakarta bisa menuju ke jalan tol Jakarta-Merak terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti petunjuk arah yang menuju ke Pantai Anyer. 

Namun, jika kamu berangkat dari Bogor, ambil rute menuju Pandeglang atau bisa juga melalui jalur Serang. Jika kesulitan, kamu bisa dengan mudah menemukan tempat wisata ini dengan Google Maps. 

3. Aneka spot wisata di Pantai Carita

instagram.com/pantaicaritaanyer

Pantai Carita menawarkan berbagai pesona tersendiri. Pertama adalah pesona pantai pasir putih yang bersatu dengan air laut yang jernih. Pengunjung akan betah berlama-lama memandangi pantai ini sambil menikmati semilir angin yang datang. Bahkan, jika cuaca mendukung, Gunung Anak Krakatau pun akan tampak dari sini. 

Selain itu, keindahan bawah laut Pantai Carita juga tak kalah menarik. Kawasan ini memiliki berbagai biota laut dan terumbu karang yang indah. Untuk menikmati keindahannya, pengunjung bisa melakukan snorkeling atau diving. 

Selain snorkeling dan diving, aktivitas yang memacu adrenalin seperti banana boat dan jetski pun tersedia di Pantai Carita. Untuk menikmati wahana tersebut, pengunjung dikenai biaya tertentu. 

Namun, kalau kamu tidak tertarik melakukan aktivitas yang memacu adrenalin, tersedia ragam pelayaran wisata yang bisa kamu tuju. Lokasi tujuan pelayaran ini di antaranya adalah Taman Laut Kabua, Pulau Burung, dan mendekati Gunung Anak Krakatau. 

4. Fasilitas di Pantai Carita

instagram.com/pantaicaritaanyer

Dengan lokasi wisata yang sudah cukup terkenal, Pantai Carita menyediakan fasilitas cukup lengkap. Fasilitas tersebut mulai dari toilet, parkir, musala, ruang ganti, kios makanan, sampai berbagai penginapan. 

Tak sampai di situ saja, Pantai Carita juga menyedakan life guard yang mengawasi keselamatan para pengunjung pantai. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir saat bermain di pantai ini. 

5. Tiket masuk dan jam buka Pantai Carita

instagram.com/pantaicaritaanyer

Destinasi wisata pantai ini beroperasi selama 24 jam. Namun, mereka tidak menerima pembelian tiket pada malam hari. 

Untuk memasuki wilayah Pantai Carita, setiap orang dikenakan biaya sekitar Rp25 ribu saja. Sementara itu, tiket parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu. Pengguna mobil pun akan dikenakan tarif parkir sekitar Rp15 ribu. 

Di tempat wisata ini juga menyediakan aneka wahana permainan, seperti jetski yang bisa disewa sekitar Rp30 ribu sampai Rp50 ribu. 

Ada pula penyewaan ATV, snorkeling, dan banana boat yang semuanya masih cukup terjangkau. Sewa ATV berkisar pada Rp25 ribu, sewa snorkeling Rp50 ribu, dan sewa banana boat Rp25 ribu. Namun, biaya ini bisa berubah sewaktu-waku. 

Itulah informasi mengenai Pantai Carita yang perlu kamu tahu sebelum berkunjung ke sana. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel