Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Gunung Telomoyo Magelang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Melihat pemandangan di atas awan

Nafi' Khoiriyah

Berwisata ke gunung menjadi destinasi menarik yang bisa kamu pilih untuk melepas penat. Sayangnya, kebanyakan gunung memiliki rute yang harus dilalui dengan mendaki di jalanan yang terjal. 

Kalau kamu tidak memiliki fisik yang kuat, hal itu tentu menjadi hambatan. Namun, di Gunung Telomoyo kamu bisa mendaki menggunakan kendaraan roda dua, lho. Setelah mencapai puncak gunung ini, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah. 

Namun sebelum berkunjung ke sana, perlu kamu ketahui beberapa informasi mengenai Gunung Telomoyo berikut ini. 

1. Lokasi Gunung Telomoyo

instagram.com/gunung_telomoyo

Kamu mungkin sering mendengar Gunung Merbabu atau Gunung Andong di Jawa Tengah. Namun, pernahkah kamu mendengar Gunung Telomoyo? Gunung ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Semarang. 

Alamat tepatnya adalah di Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Letaknya diapit oleh Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran. 

Memiliki ketinggian 1894 mdpl, gunung ini bisa dilalui dengan kendaraan roda dua yang dikendarai oleh orang yang menguasai medan. Namun, tersedia juga armada jeep dengan sopir yang bisa mengangkut wisatawan sampai ke puncak. 

2. Rute menuju Gunung Telomoyo

visitjawatengah.jatengprov.go.id

Rute menuju Gunung Telomoyo jika kamu datang dari Dalangan, pusat kota Magelang adalah dengan menuju Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Beringin. 

Setelah itu, belok kiri menuju Jalan Semarang-Yogyakarta kemudian belok kanan menuju Magelang-Boyolali. Belok kiri lagi ke Jalan Blancir sampai kamu tiba di Jalan Ngablak-Kopeng. Lokasi wisata alam ini akan berada di sebelah kiri. 

Sesampainya di sana, kamu harus menuju ke Desa Pandean terlebih dahulu. Setelah itu, wisatawan bisa mendaki menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke puncak. 

3. Aktivitas di Gunung Telomoyo

flickr.com

Sampai di puncak Gunung Telomoyo, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang sangat memukau. Sementara jika sore hari, pemandangan matahari terbenam juga bisa dinikmati. 

Bukan hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah, tetapi kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya. Ada berbagai spot menarik yang bisa kamu datangi, seperti gardu pandang dan paralayang. 

Wisatawan juga tidak perlu khawatir kalau ingin mencari makanan atau minuman di Gunung Telomoyo. Sebab, terdapat banyak warung makan yang menyediakan aneka jajanan di puncak.

Bahkan, ada pula kafe yang menjual minuman khas daerah setempat. Kalau ingin menikmati pemandangan sambil bermalam, pengelola Gunung Telomoyo juga menyediakan area berkemah dan glamping yang bisa kamu tuju. 

4. Fasilitas di Gunung Telomoyo

instagram.com/gunung_telomoyo

Berkunjung ke wisata alam yang satu ini, kamu juga tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Mereka sudah menyediakan area parkir yang luas, gazebo, musala, toilet, cafe, sampai kantin. Fasilitas tersebut tentu sangat membantu kalau kamu ingin berkunjung bersama keluarga atau teman beramai-ramai. 

5. Jam buka dan harga tiket masuk Gunung Telomoyo

instagram.com/gunung_telomoyo

Jam operasional Gunung Telomoyo mulai dari pukul 06.00-17.00 WIB. Namun, khusus kamu yang ingin camping, tempat ini terbuka sampai 24 jam. Adapun harga tiket masuk menuju Gunung Telomoyo sekitar Rp10 ribu saja. 

Sementara jika kamu ingin menaiki mobil jeep sebagai angkutan ke puncak, pengelola menyediakannya dengan harga mulai dari Rp400 ribu untuk 4 orang penumpang. 

Demikian informasi mengenai Gunung Telomoyo yang bisa menjadi panduan kamu sebelum berkunjung ke sana. Bagaimana, apakah kamu makin tertarik untuk mengunjungi wisata alam satu ini? 

IDN Media Channels

Latest from Travel