Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada Masjid Hingga Museum, Ini 10 Desain Bangunan Karya Ridwan Kamil

Karyanya sudah banyak tersebar ke mancanegara

Cynthia Claudia

Ridwan Kamil, selaku Gubernur Jawa Barat, diketahui pernah mendalami dunia arsiteksur sebelum terjun ke dunia politik. Ayah dari Eril tersebut ternyata merupakan lulusan S1 Teknik Arsitektur dari ITB, dan S2 Urban Design dari University of California, Berkeley.

Pada tahun 2004, ia pernah mendirikan sebuah perusahaan bernama Urbane. Perusahaan ini menawarkan jasa konsultan arsitektur, desain, dan tata ruang kota. Berbagai karyanya pun dikenal masyarakat luas dan berhasil meraih deretan penghargaan di bidang arsitektur

Selama mendalami dunia arsitektur, sudah banyak karya-karya yang Ridwan Kamil hasilkan, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Berikut adalah deretan desain bangunan ikonik karya Ridwan Kamil yang megah. 

1. Monumen Pahlawan COVID-19, Bandung

Yudha Maulana/detik.com

Monumen yang berada di area Lapangan Gasibu, Bandung ini dibuat untuk menghormati para garda terdepan yang gugur karena COVID-19. Terdapat sekitar 281 ukiran nama aparatur sipil, sukarelawan, dan tenaga medis di Jawa Barat yang gugur saat menjalankan tugasnya ketika memerang COVID-19.

2. Rumah Botol, Bandung

instagram.com/rumah_artis

Rumah Botol yang terletak di Jalan Cigadung Selatan 7 Nomor 28, Bandung, ini merupakan rumah pribadi yang dihuni Ridwan Kamil dan keluarganya. Rumah yang terbuat dari hampir 30.000 botol kaca bekas ini ramah lingkungan dan hemat energi.

3. Masjid Al Irsyad, Bandung

instagram.com/wah2960

Masjid yang berlokasi di Padalarang, Bandung Barat, ini Ridwan Kamil desain untuk mengikuti Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Masjid ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari kebanyakan masjid yang ada di Indonesia.

4. Marina Bay Waterfront Master Plan, Singapura

instagram.com/kengishima

Siapa sangka, bangunan hotel Marina Bay dengan ciri khas kapal pesiar di atasnya ini ternyata merupakan rancangan dari Ridwan Kamil. Ia merupakan salah satu orang Indonesia yang bergabung mengerjakan proyek Marina Bay Waterfront Master Plan, Singapura. 

5. Beijing Finance Street, Tiongkok

instagram.com/relawansiaga

Beijing Finance Street, China merupakan karya arsitektur lain berupa super blok yang dihasilkan Ridwan Kamil di luar negeri. Kawasan super blok ini diberi sentuhan hijau di bagian area tengahnya, agar lebih nyaman bagi masyarakat perkotaan yang mengunjunginya. 

6. Ningbo Newtown, Tiongkok

tvonenews.com

Ridwan Kamil juga pernah merancang Ningbo Newtown ketika masih bekerja di perusahaan arsitektur yang berada di Hong Kong. Ningbo Newtown adalah rancangan kota modern di Tiongkok yang disebut sebagai salah satu kota masa depan. 

7. Masjid Al Safar, Bandung

kumparan.com

Masjid ini merupakan masjid terbesar yang terletak di rest area di Indonesia, tepatnya berada di Rest Area KM 88 Tol Cipularang, Bandung, Jawa Barat. Luas area dari masjid ini adalah sebesar 6.000 meter persegi dan mampu menampung 1.200 jamaah.

8. Museum Tsunami Aceh, Aceh

idntimes.com

Ridwan Kamil mendesain museum Tsunami Aceh untuk mengenang para warga yang menderita akibat bencana yang terjadi pada tahun 2004 tersebut. Selain bertujuan untuk mengenang, museum ini menjadi pusat pendidikan bencana sekaligus tempat perlindungan jika suatu hari terjadi bencana yang serupa. 

9. Masjid Baiturrahman Merapi, Yogyakarta

Csrhubindonesia.co.id

Masjid Baiturrahman Merapi ini terletak di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Yogyakarta. Masjid ini dibangun dengan bahan abu vulkanik dari Gunung Merapi, dan dibangun dengan konsep yang tradisional sekaligus modern. 

10. Masjid 99 Kubah, Makassar

Sulselprov.go.id

Masjid 99 Kubah ini terletak di tepi pantai kota Makassar. Bangunannya didominasi warna oranye, dan terdiri dari 99 kubah. Arti dari 99 kubah ini  terinspirasi dari 99 Asmaul Husna atau sifat-sifat Allah.

Itulah deretan desain bangunan karya Ridwan Kamil yang berbakat di dunia arsitektur. Prestasinya yang membanggakan membuktikan bahwa anak Indonesia juga bisa terus maju dan berkarya! Sukses terus untuk Kang Emil, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel