Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Sikap Penumpang Pesawat Bikin Pramugari Geram, Pernah Melakukannya?

Dari menyolek tubuh, hingga meminta minum pada saat take off

Audia Natasha Putri

Tak hanya melayani penumpang, pramugari juga berperan sebagai representasi dari suatu maskapai penerbangan. Semakin ciamik pramugari dalam melayani penumpang, maka semakin bagus pula citra maskapai penerbangan itu.

Para pramugari ini memberi pelayanan yang ramah, selalu sigap jika dibutuhkan, menjelaskan instruksi keselamatan hingga menyajikan makanan dan minuman pun menjadi. Di samping fasilitas yang aman dan nyaman, inilah salah satu alasan mengapa suatu penerbangan banyak digandrungi walaupun harganya cukup mahal.

Sayangnya, beberapa penumpang kerap melakukan tindakan tak mengenakkan yang membuat para pramugari ini kesal. Demi profesionalitas, pramugari pun tetap ramah dan tersenyum. Walaupun dalam benaknya mereka merasa kecewa akibat perlakuan kurang menyenangkan dari penumpang.

Nah, bagi kamu yang sering berterbangan, nggak ada salahnya mengenali beberapa tindakan yang membuat pramugari kesal. Melansir Travel and Leisure, inilah daftarnya. Apakah kamu pernah melalukan salah satunya?

1. Menyentuh pramugari tanpa izin

Wikipedia.com

Fenomena ini terjadi di mana-mana, tak terkecuali di maskapai penerbangan. Banyak penumpang ini bersikap tak sopan dengan menyentuh tubuh pramugari, seperti menyolek atau memegang tangan tanpa consent.

Jika kamu membutuhkan bantuan dari pramugari, kamu cukup memanggilnya secara sopan lebih dulu tanpa harus menyentuh tubuh mereka.

2. Meminta minum ketika pesawat boarding

Telegraph.com

Bagi kamu yang sering berterbangan pasti mengerti rasa takut yang menyelimuti ketika hendak take off pesawat. Untuk mengurangi kecemasan, beberapa penumpang pun meminta air minum kepada pramugari setelah boarding.

Meskipun sepele, tindakan ini bikin pramugari gemas sekaligus kesal. Mengapa? pramugari hanya punya waktu sedikit untuk menyelesaikan sejumlah tugas sebelum take off, termasuk memastikan seluruh penumpang telah menggunakan sabuk pengaman. Agar tak membuat pramugari kewalahan, bawalah air minum sebelum masuk ke pesawat.

3. Menggunakan toilet di waktu yang salah

Dailymail.com

Memang 'panggilan alam' tak bisa ditebak. Menahan buang hajat pun dapat menimbulkan masalah kesehatan. Tetapi perlu diingat, kamu perlu melihat situasi dan menunda menggunakan toilet pesawat pada waktu tertentu.

Misalnya saja tidak buang hajat ketika pramugari membagikan makanan dan minuman kepada para penumpang. Hal ini dapat menyulitkan pramugari membagikan makanan lantaran kondisi lorong pesawat yang sempit dan berdesakan.

4. Sering menekan bel panggilan

Matador Network

Ketika di pesawat, kamu perlu bersabar ketika membutuhkan bantuan pramugari, Bela. Kamu hanya perlu duduk manis sambil menunggu kedatangan kru pesawat ke bangkumu dengan menekan bel panggilan satu kali.

Perlu dimaklumi, banyak sekali tugas yang harus diemban pramugari dan melayani banyaknya pramugari. Karena itu, pramugari tidak suka dengan penumpang yang tidak sabaran dan sering menekan bel panggilan.

5. Meminta jadwal penerbangan

Elcivics.com

Meskipun sepele, ternyata meminta jadwal penerbangan dapat membuat pramugari gusar. Sebagai informasi, pramugari tidak mengetahui jadwal penerbangan secara detail. Yang terpenting, pramugari memastikan para penumpang dapat menaiki penerbangan

"Kami mengetahui tentang penundaan penerbangan, namun kami tidak dapat mengontrol koneksi,” ujar salah satu awak kabin dalam forum Reddit.

6. Minta makanan setelah jadwal selesai

Vegnews.com

Pramugari memiliki jadwal aktivitas yang detail selama penerbangan berlangsung, termasuk pembagian makanan dan minuman dalam penerbangan. Sayangnya, beberapa penumpang kerap tertidur ketika pembagian makanan dan minuman berlangsung.

Alhasil, di antara mereka meminta jatah makan dan minuman kepada pramugari dan membuat pramugari kesal. Padahal, makanan dan minuman yang belum dikonsumsi itu harus dibuang oleh pihak maskapai penerbangan.

7. Membawa barang berat

Vox.com

Seperti ditegaskan sebelumnya, pramugari bertugas membantu penumpang memasukkan barang tanpa harus mengangkatnya ke bagasi kabin. Pramugari sangat kesal apabila salah satu penumpang membawa bawaan yang berat dan menyimpannya dalam bagasi kabin.

Alih-alih meletakkan di dalam bagasi pesawat, penumpang ini justru membawa masuk barang berat ke dalam kabin dengan harapan pramugari akan membantunya. Jangan diikuti ya, Bela!

8. Meregangkan kaki di lorong pesawat

Newshub.com

Penerbangan jauh dengan waktu panjang tentu membuat badan lelah dan pegal. Tak heran, banyak penumpang akan meregangkan badan dan kaki setelah sampai di kabin pesawat.

Tetapi jangan pernah membentangkan kakimu di lorong pesawat, ya. Tiindakan itu akan menghalangi orang lain ketika berjalan. Parahnya, sikap sembrono ini berisiko membuat orang lain tersandung.

9. Memotong dan mengikir kuku

Unsplash.com

Setiap harinya, pramugari menghadapi berbagai penumpang pesawat dengan ragam perilaku dan sifat. Ada yang sopan, ada yang sembrono, bahkan seenaknya saja.

Termasuk memotong atau mengikir kuku selama penerbangan dan membuangnya secara sembarang. Meskipun jarang, sebagian penumpang berperilaku demikian untuk mengurangi rasa jenuh selama penerbangan. Kesudahannya, kabin pesawat pun jadi kotor dan menambah pe-er para pramugari. Yang gabut siapa, yang repot siapa. Duh!

Itulah daftar perilaku yang tidak disukai para pramugari. Pernah melakukan yang mana saja, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel