Pramugari menjadi salah satu profesi yang cukup banyak peminatnya. Penampilannya yang cantik, anggun, dan berkharisma ketika bertugas menjadi daya tarik para penumpang pesawat, terutama bagi kaum adam. Kehidupan pramugari memang selalu menarik untuk diketahui lantaran serba-serbi profesi ini selalu membuat penasaran publik.

Termasuk kode rahasia yang sering digunakan para pramugari yang tak diketahui para penumpang. Kode rahasia ini berfungsi untuk menjaga keamanan serta ketertiban bagi kru kabin maupun penumpang selama penerbangan berlangsung.

Tak hanya untuk situasi darurat saja, kode rahasia ini pun digunakan untuk menunjukkan ketertarikan kepada penumpangnya. Kode tak umum ini tentu hanya dipahami oleh para awak kabin saja.

Bagi kamu yang sering travelling menggunakan pesawat, wajib banget nih mengenal kode-kode rahasia para pramugari ini. Apa saja itu? Yuk, scrolling terus, ya!

1. Bob

8 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Kamu KetahuiUnsplash.com/Abby AR

Tak hanya mengisyaratkan situasi genting, pramugari juga bisa menyatakan ketertarikan terhadap penumpang pria lewat kode rahasia kepada rekan kabinnya.

Mengutip dari The Sun, kode rahasia pramugari tersebut adalah kode 'bob' atau  kependekan dari best on board. Dengan kode tersebut, sang pramugari ingin memberitahu bahwa ada pria ganteng di dalam pesawat.

2. Cheerio

8 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Kamu KetahuiEcredu.org

Seorang pramugari senior asal Australia membeberkan sebuah kode rahasia pramugari apabila sedang naksir terhadap penumpang pria di pesawat. Serupa dengan 'bob', kode 'cheerio' disampaikan jika sang pria rupawan itu hendak turun dari pesawat. Biasanya kode ini diucapkan tanpa menoleh dengan menjaga pandangannya lurus ke penumpang yang ditaksirnya.

“Saat penumpang turun, pramugari akan berkata bye-bye, terima kasih, hati-hati, dan sebagainya. Tapi, ketika ada pria rupawan, maka pramugari akan berkata cheerio,” kata pramugari senior yang tidak disebutkan namanya itu. 

3. Hot coffee

8 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Kamu KetahuiFortune.com

Bela, jika seorang pramugari mengatakan 'hot coffe', namun tak ada pilihan menu tersebut kamu harus peka, ya! Kode ini bermakna bahwa ada seorang pria tampan di dekat kursimu dan biasanya diikuti kru kabin yang mendatangi kursi penumpang rupawan tersebut.

Nah, jika kamu berada di situasi tersebut, coba deh pandang kursi di sekitarmu. Siapa tau kamu bisa kenalan dengan pria tampan tersebut layaknya drama Korea. Cihuy!

4. Philip

8 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Kamu KetahuiThrillist.com

Jika kode 'cheerio', 'bob', dan 'hot coffe' bermakna ketertarikan terhadap penumpang pria, kode 'philip' justru memiliki arti sebaliknya. Kode rahasia ini dilontarkan jika pramugari merasa risih dengan penumpang yang dianggapnya cukup mengganggu. Jika sang pramugari mengatakan kode tersebut di dekatmu, ada baiknya kamu intropeksi diri, ya.

Pasalnya, penumpang yang diberi label 'philip' menandakan bahwa kesalahan kepada pramugari dan tak akan mendapat pelayanan sepenuhnya selama sisa penerbangan.
Kode 'philip' merupakan singkatan PILP, yaitu passenger I'd like to punch (penumpang yang ingin saya pukul). Agar tak diketahui penumpang, kode tersebut telah diperhalus saat ini.

5. Code adam

8 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Kamu KetahuiVegnews.com

Kode rahasia satu ini berlaku untuk seluruh personil penerbangan, mulai dari pramugari hingga petugas bandara. Kode genting ini digunakan para pramugari kepada staf bandara untuk menginformasikan bahwa ada anak yang hilang. 

Sejarah penggunaan kode ini pun cukup menyedihkan. Kode ini digunakan untuk menghormati sekaligus memgenang Adam Walsh, seorang anak yang menjadi korban penculikan pada 1981 silam. Naas, Adam ditemukan meninggal dunia setelah 16 hari menghilang. 

6. 7500

8 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Kamu KetahuiIMDB.com

Kode satu ini bermakna sangat darurat yang wajib kamu pahami ketika menggunakan pesawat. Sebab, kode tersebut berarti pesawat telah dibajak, atau ada ancaman pembajakan. Jika kamu mendengar kode ini, tetaplah tenang dan bersikap seperti biasa agar sang pembajak tidak agresif.

7. Bravo

8 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Kamu KetahuiFreepik.com

Selain '7500', kode 'bravo' juga digunakan untuk mengalihkan perhatian penumpang akan situasi darurat atau bahaya yang datang supaya tak menimbulkan kepanikan massal di dalam pesawat.

Situasi ini meliputi anak yang hilang, hewan liar yang melarikan diri, atau ditemukannya senjata api dalam kabin. Kode 'bravo' digunakan supaya penumpang pesawat tak ikut panik dan memudahkan pramugari bisa mencari solusi akan masalah tersebut.

8. Jim Wilson

8 Kode Rahasia Pramugari yang Perlu Kamu KetahuiHowstuffworks.com

Terakhir, ada kode 'Jim Wilson' yang mengisyaratkan bahwa ada jenazah yang turut ikut dalam penerbangan. Kode ini dilontarkan agar penumpang tidak panik atau ketakutan ketika mereka tengah terbang bersama jenazah. 

Kode 'Jim Wilson' berasal dari nama peti yang digunakan untuk mengangkut jenazah, atau kontainer pengiriman dengan es untuk mengawetkan jenazah.

Nah, itulah ke-8 kode rahasia yang sering digunakan para pramugari. Apakah kamu tau kode rahasia lainnya, Bela?

Baca Juga: 9 Tempat Traveling di Jepara dengan Pemandangan Alam Indah Mempesona

Baca Juga: Tips Padu-padan Boston Bag, Tas Traveling yang Klasik

Baca Juga: 8 Film Tentang Time Traveling yang Membawamu Melintasi Waktu