Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Wisata Alam Hits Bandung untuk Sambut 2023

Ada 'onsen' hingga perkemahan

Audia Natasha Putri

Bandung, sebuah kota di Jawa Barat yang menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa Lautan Api pada 1946. 76 tahun berlalu, Bandung pun bangkit dari keterpurukannya di masa lalunya dan bertransformasi menjadi destinasi paling digandrungi masyarakat Indonesia. 

Tak heran, banyak sekali wisata alam di Bandung yang patut diabadikan oleh lensa kamera. Wisata alam ini tak hanya menawarkan panorama apik semata, tetapi membawamu turut merasakan nuansa sejuk alami dan melupakan keriuhan Ibu kota sejenak. Lokasinya yang mudah dijangkau dengan transportasi umum maupun pribadi juga menjadi kelebihan tersendiri.

Bagi kamu yang belum tahu mau ke mana untuk mengisi liburan tahun baru, perlu mencoba rekomendasi wisata alam Bandung hits untuk sambut tahun 2023. Ada hutan pinus hingga curug, simak yuk, daftarnya.

1. Orchid Forest Cikole

Journey of Indonesia

Orchid Forest Cikole menjadi wisata alam yang tak pernah redup dan selalu ramai dikunjungi. Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama hutan pinus yang mengelilingi sekitarnya serta turut merasakan hawa sejuk dan bau khas hutan yang bisa membuat jiwa dan raga rileks.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati sejumlah rekreasi menarik yang tak boleh dilewatkan. Mulai dari kebun anggrek, tempat makan, spot foto, golf mini, jembatan gantung, dan flying fox pun tersedia di sini.Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 09.00 - 18.00 WIB dengan harga tiket mulai Rp40.000 per orang.

Alamat: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

2. Kawah Rengganis Ciwidey

Advontura

Ketika menapaki Kawah Rengganis Ciwidey, kamu tak hanya disambut oleh indahnya pemandangan bebatuan yang memukau. Tetapi kamu juga bisa merasakan nuansa onsen khas Jepang yang hangat dengan berendam di kolam air panas alami di sini. Kandungan belerang pada kolam ini sering dimanfaatkan sebagai sarana terapi berbagai penyakit kulit.

Lokasinya yang belum terjamah oleh banyak orang, membuat wisata alam ini menjadi hidden gem bagi pecinta alam. Tak hanya itu, posisinya yang strategis menjadikan tempat wisata ini mudah diakses dengan kendaraaan pribadi seperti mobil dan motor.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung

3. Glamping Lakeside Rancabali

Travelpromo.com

Sesampainya di Glamping Lakeside Rancabali, matamu akan terbelalak takjub akan suguhan lanskap danau luas dan perbukitan hijau serta berhiaskan pepohonan asri dan rimbun di sekitarnya. Suasana dingin udara Ciwidey pun turut menelisik kulit, sehingga kamu perlu berpakaian agak tebal ketika berkunjung ke sini.

Kamu juga bisa berkemah di depan danau sembari menyaksikan pemandangan bukit hijau yang memukau. Sebagai informasi, pengunjung akan dikenakan biaya Rp1,3 juta untuk menyewa tenda di kawasan ini, tergantung lokasi dan fasilitasnya.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung

4. Kampung Cai Ranca Upas

Klook.com

Destinasi alam yang patut kamu kunjungi selanjutnya adala Kampung Cai Ranca Upas. Kawasan ini cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati nuansa alam yang sejuk dengan berkemah. Di sana, kamu akan disuguhkan akan hijaunya pepohonan yang rimbun, tentu memberi kesan eksotik.

Ada banyak kegiatan seru untuk memeriahkan liburan Natal yang bisa kamu lakukan di sini. Salah satunya mengunjungi penangkaran rusa. Rusa identik sebagai hewan dalam perayaan Natal. Di sana, kamu bisa bermain bersama kawanan rusa sambil menikmati suasana sejuk yang dikelilingi kawasan kebun teh dan juga hutan lindung alami.

Agar nuansa liburanmu semakin kental, kamu bisa berkemah sambil bersuka ria merasakan kehidupan di alam bebas yang asri.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung

5. Lembang Park & Zoo

Travelpromo.com

Lembang Park & Zoo menjadi wisata yang sedang naik pamor. Apalagi hadirnya kebun binatang yang menyimpan hewan unik di dalamnya menjadi daya sihir yang secara tak langsung menghipnotis wisatawan untuk datang.

Tak hanya itu saja, Bela. Sisi menarik dari kebun binatang satu ini menghadirkan nuansa alam yang asri dengan sentuhan kreativitas, namun tetap bergaya modern. Ragam aktivitas seru seperti naik kuda, berkeliling dengan skuter atau naik kano di danau buatan turut hadir untuk menyemarakkan liburanmu.

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat

6. Taman Batu (Stone Garden)

instagram.com/ramdanauthentic

Hadirnya Instagram turut meroketkan pamor wisata alam Taman Batu. Tak heran, kamu akan melihat banyaknya foto artistik berlatar hamparan bebatuan megah di sana.

Tak melulu soal hutan hijau atau danau asri, Taman Batu bisa menjadi destinasi yang unik bagi kamu yang ingin mencoba meniti wisata alam tak biasa. Pemandangan eksotik yang menawan dari Taman Batu pun semakin bersinar dengan hadirnya Gua Pawon yang melengkapinya.

Untuk bisa masuk ke sini, kamu perlu merogoh kocek untuj tiketnya Rp6 ribu, parkir Rp3 ribu hingga Rp5 ribu.

Alamat: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat

7. Tebing Keraton

Instagram.com/sheratonbandung

Ingin menikmati kecantikan hijaunya hutan sambil ditemani pemandangan sunset yang memukau dari atas ketinggian? Tebing Keraton masuk dalam daftar tujuan liburan yang wajib kamu kunjungi. Mengapa? Di sana, kamu akan menikmati pemandangan hutan asri yang memanjakan mata, dan turut menenangkan jiwa dan raga.

Dahulu tempat wisata ini bisa dinikmati dengan bayar seikhlasnya. Namun kini kamu harus membayar Rp11 ribu untuk bisa memasukinya.

Alamat: Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat

9. Gunung Putri Lembang

Instagram.com/infobandungkota

Popbela sengaja mempersembahkan wisata alam satu ini di posisi terakhir. Sebab, Gunung Putri Lembang menjadi penutup artikel yang pas setelah kita asyik melihat-lihat deretan wisata alam di atas.

Terletak di atas ketinggian 1587 Mdpl, kamu akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam yang spektakuler membawamu seakan sedang berada di nirwana. Semakin apik, hamparan hutan pinus yang luas dan hijau berhiaskan sunset di atas ketinggian tentu sedap dipandang dengan mata telanjang.

Dijamin deh, momen fantastis menapaki gunung yang memukau ini akan menjadi salah satu ukiran cerita yang tak akan pernah terlupakan di diary hidupmu.

Alamat: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Itulah 8 wisata alam di Bandung hits yang nggak boleh kamu lewatkan. Mana nih, yang pengen banget kamu kunjungi?

IDN Media Channels

Latest from Travel