Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal ini Harus Kamu Perhatikan Jika Ingin Jalan-Jalan ke Jakarta Fair

Kini Jakarta Fair 2022 digelar kembali setelah 2 tahun vakum

Audia Natasha Putri

Setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19, kini Jakarta Fair 2022 digelar kembali di Jakarta Internation Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jakarta Fair Kemayoran digadang-gadang menjadi acara pameran tahunan terbesar di Asia Tenggara. Antusiasme masyarakat sangatlah tinggi dalam menyambut pameran yang juga dikenal dengan PRJ atau Pekan Raya Jakarta ini.

Pekan Raya Jakarta Kemayoran atau Jakarta Fair 2022 digelar pada 9 Juni - 17 Juli 2022 di Arena JiExpo Kemayoran. Nah, untuk menyambut antusiasme Jakarta Fair ini, ada 5 hal yang perlu dipersiapkan lho, yuk disimak!

1. Pantau rute bus TransJakarta

transjakarta.co.id

Bagi kamu yang ingin ke Jakarta Fair dengan kendaraan umum, kamu bisa naik bus Transjakarta dan turun di Halte JIExpo Kemayoran yang berada tepat di depan pintu masuk PRJ.

Transjakarta menyediakan rute bus khusus 2C dengan rute Monas - JIExpo Kemayoran. Bus khusus 2C ini berhenti tepat di halte depan pintu 2 JIExpo.

Sebaiknya kalian memperhatikan jadwal rute busway ini agar lebih menghemat waktu, ya, Bela! Karena rute bus khusus 2C ini memiliki armada yang terbatas. Bus khusus 2C hanya menyediakan 2 armada saja dengan waktu tempuh 1,5 jam sekali putaran. Adapun rute lengkap bus TransJakarta menuju Halte JIExpo Kemayoran, yaitu sebagai berikut.

  • PRJ 1 (PGC1-JIEXPO Kemayoran)
  • PRJ 2 (Kampung Melayu-JIEXPO Kemayoran)
  • PRJ 3 (Pulo Gadung 1-JIEXPO Kemayoran)

2. Memperhatikan barang bawaan dan tas

Pexels.com

Animo masyarakat yang antusias dengan event ini sangatlah tinggi. Tak heran pengunjung berbondong-bondong datang ke pameran tahunan terbesar di Asia Tenggara itu dan memadati acara tersebut.

Maka dari itu, Bela, sebaiknya berhati-hati dalam membawa barang bawaan, ya! Pastikan barang yang kalian bawa berada di tempat aman dan disimpan rapi agar tidak jatuh, tertukar, atau hilang. Selalu simpan barang berharga seperti dompet dan handphone, serta gunakan apabila diperlukan saja.

3. Bawa barang seperlunya

bustle.com

Ketika mengunjungi Jakarta Fair, bawalah barang seperlunya dan penting. Mengapa? Karena area JIExpo Kemayoran memiliki luas 125.000 meter persegi. Sangat melelahkan apabila kalian berkeliling, terutama apabila kamu membawa barang yang banyak.

Sebaiknya bawalah barang seperlunya di dalam tas atau ranselmu, seperti topi, payung, powerbank, ponsel, botol minum, dan dompet. Apabila datang bersama anak kecil, kamu bisa menggunakan stroller (kereta bayi) agar lebih memudahkan saat berkeliling.

4. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman

pexels.com

Pakaian yang nyaman bukan berarti kalian harus mengenakan pakaian bermerk dan mewah. Berpakaian yang nyaman adalah ketika kalian mengenakan outfit yang membuat kalian merasa leluasa ketika jalan-jalan.

Karena itu, kenakanlah pakaian dan alas kaki yang nyaman agar jalan-jalanmu tetap menyenangkan dan leluasa. Bila perlu, kalian boleh membawa jaket sebab pada malam hari udara sangatlah dingin.

5. Naik mobil Wara Wiri

Wasti Samaria Simangusong

Berkeliling area Jakarta Fair dengan berjalan kaki tentu sangatlah melelahkan. Nah, Jika sudah lelah berkeliling, Bela boleh mencoba wahana mobil gandeng bernama Wara Wiri yang disediakan pihak Jakarta Fair Kemayoran.

Mobil dengan bentuk seperti kereta ini wajib kalian coba! Selain unik, desain dari mobil Wara Wiri ini sangat eye-catching! Untuk naik wahana ini, kamu bisa membeli tiketnya di loket yang sudah disediakan, salah satunya di dekat Danau Gambir.

Harga tiket mobil Wara Wiri ini sangatlah terjangkau, yaitu per orang hanya Rp8.000 untuk satu kali perjalanan dan Rp15.000 untuk pergi-pulang.

Nah, itu tadi 5 hal yang harus diperhatikan ketika mengunjungi Jakarta Fair 2022. Selain 5 hal di atas, dalam mencegah penularan virus COVID-19, kalian juga wajib check in di aplikasi PeduliLindung dan selalu mengenakan masker, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel