Kabar baik untuk kamu penggemar musik dan pencinta konser, saat ini sudah ada beragam konser yang mengumumkan tanggal pementasannya di sepanjang tahun ini, bahkan lokasi konsernya tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Apalagi, berbagai musisi luar negeri juga diketahui sudah menetapkan jadwal konser di Tanah Air, baik itu tahun ini maupun tahun depan. Karena sudah lama tidak menyanyi bareng teman-teman di konser musisi favorit, momen ini tentunya tak boleh dilewatkan begitu saja dan harus diabadikan dalam bentuk video.

Tak perlu pakai kamera, kamu bisa, kok, merekam momen konser hanya bermodal smartphone. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini.

1. Atur ISO, white balance, hingga shutter speed secara manual dengan Pro Mode

5 Tips Bikin Konten Konser Cuma Modal SmartphoneDok. Samsung

Saat konser, kondisi pencahayaan panggung dapat bervariasi, dari yang minim cahaya sampai yang berlimpah macam-macam warna. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan pengaturan manual untuk mendapatkan foto yang lebih tajam dan detail di berbagai kondisi pencahayaan.

Misalnya, saat kondisi low light, ada baiknya kamu mengatur ISO yang lebih tinggi dan shutter speed yang lebih lambat supaya perangkat bisa menangkap lebih banyak cahaya untuk hasil foto yang lebih jernih. Lalu, saat panggung dipenuhi cahaya warna-warni, kamu bisa mengatur white balance untuk mendapatkan nuansa warna yang paling tepat agar hasil foto tetap detail.

Kabar baiknya, kamu bisa mengatur ISO, white balance, hingga shutter speed secara manual dengan leluasa di Galaxy S22 Series 5G berkat adanya fitur Pro Mode. Optimalisasi ISO, white balance, hingga shutter speed pun didukung dengan bukaan lensa hingga f/1.4 untuk kemampuan menangkap cahaya yang maksimal, jadi kondisi low light pun bukan halangan untuk mendapatkan hasil foto yang epic. Kamu juga bisa menggunakan Night Mode untuk foto low light yang dioptimalkan secara otomatis oleh AI canggih.

2. Matikan flash untuk hasil foto dan video yang lebih maksimal

5 Tips Bikin Konten Konser Cuma Modal SmartphoneDok. Samsung

Dalam berbagai kesempatan, flash bisa membantu kita dalam mendapat sumber cahaya lebih untuk menciptakan foto atau video yang lebih terang. Namun, flash tidak disarankan untuk digunakan saat konser. Pasalnya, penggunaan flash mungkin akan membuat objek di panggung jadi lebih terang, tapi latar belakang di sekitar objek akan jadi lebih gelap.

Selain itu, jika misalnya efek asap sedang memenuhi panggung, penggunaan flash justru akan membuat asap tersebut jadi terlalu terang. Apalagi, kalau kamu mau foto suasana konser, flash akan terpantul balik dari orang-orang di sekitar kamu yang malah menjadi noise yang merusak foto.

3. Atur angle yang pas terhadap panggung

5 Tips Bikin Konten Konser Cuma Modal SmartphoneDok. Samsung

Ramainya orang pada saat konser membuat kita harus pintar-pintar mendapat tempat dengan angle yang ideal. Karena kalau tidak, sulit bagi kita untuk bergerak mencari tempat yang lebih baik lagi. Jika memungkinkan, ada baiknya posisi kamu dekat dengan panggung untuk memudahkan kamu dalam mengambil foto maupun video.

Namun, jika kamu tak bisa terlalu dekat dengan panggung, kamu bisa memaksimalkan fitur Space Zoom di Galaxy S22 Series 5G untuk mendekatkan para musisi yang ada di atas panggung layaknya sedang berada tepat di depan kamu.

4. Memaksimalkan mode di smartphone untuk tangkap tiap momen tanpa terlewat

5 Tips Bikin Konten Konser Cuma Modal SmartphoneUnsplash.com/Aditya Chinchure

Ada banyak tantangan dalam mengabadikan momen konser, seperti artis yang banyak bergerak saat pentas hingga lampu panggung yang bergerak cepat mengikuti aksi musisi. Untuk mengatasinya, kita bisa memaksimalkan berbagai mode yang ada di smartphone untuk mendapatkan hasil yang paling epic.

Misalnya, untuk mengatasi dinamisnya artis dan lampu di atas panggung, kita bisa menggunakan mode burst, jadi kita bisa mendapat banyak frame dalam sekali jepret. Kita mungkin bisa mendapatkan hasil yang terduga dari puluhan hingga ratusan frame yang kita tangkap dengan mode burst.

Lalu, kita bisa pakai mode HDR yang memungkinkan smartphone mengambil gambar dengan rentang cahaya yang luas, jadi kamu bisa mendapatkan foto yang vivid apapun kondisi pencahayaan di atas panggung.

Menariknya, mode-mode tersebut bisa kamu temukan di Galaxy S22 Series 5G. Untuk mengeksekusi mode burst, kamu cukup swipe shutter ke bawah dan perangkat akan langsung mengambil banyak frame, lengkap dengan jumlah frame yang ditangkap, lalu kamu bisa melepas jari untuk berhenti mengambil shutter.

5. Bidik dan edit foto dengan lebih profesional pakai Expert RAW

5 Tips Bikin Konten Konser Cuma Modal SmartphoneDok. Samsung

Kalau kamu mau hasil foto konser yang lebih epic lagi, ada baiknya kamu menyimpan foto yang kamu ambil dalam format RAW. Pasalnya, format RAW menangkap lebih banyak informasi ketimbang format JPEG, jadi kamu bisa mengedit foto dengan lebih leluasa untuk hasil yang lebih sesuai dengan keinginan kamu.

Terlebih, format JPEG cenderung sudah menambahkan kontras, saturasi, hingga ketajaman secara otomatis, jadi kamu tak punya banyak ruang untuk mengeditnya lebih jauh.

Itu tadi tips menarik untuk membuat konten konser hanya bermodalkan smartphone. Siap menikmati konser dan mengabadikannya, Bela?

Baca Juga: 5 Tips Bikin Konten Outdoor Pakai Smartphone Biar Hasilnya Maksimal

Baca Juga: 5 Trik Jitu Bikin Konten Video Pendek Memasak Hanya dengan Smartphone

Baca Juga: Siap Tampil di Jakarta, Fakta Konser Westlife The Wild Dreams Tour