Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Tempat Wisata di Malang dan Harga Tiket Masuknya

Ada yang sudah pakai teknologi VR, lho!

Aisyah Banowati

Salah satu kota besar di Jawa Timur, Malang, merupakan kota tujuan wisata yang menyimpan banyak tempat wisata terkenal. Sebut saja wisata Gunung Bromo, Pantai Tiga Warna, Masjid Agung Jami Malang, hingga Candi Singosari.

Nah, buat kamu yang rindu berwisata di kota yang pernah terkenal akan keindahan bunganya ini tapi bingung mau ke mana lagi, simak tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya pada artikel ini, yuk! 

1. Taman Rekreasi Selecta

selectawisata.id

Taman Rekreasi Selecta yang sejuk, menyediakan pemandangan berupa hamparan hijau khas Kota Batu serta bunga-bunga yang ditata dengan apik. Menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Malang bersama keluarga, kamu dapat bermain di wahana yang telah disediakan di Taman Rekreasi Selecta .

Mulai dari kolam renang, water park, area bermain air khusus anak-anak, sepeda udara, sepeda air, bahtera ayun, cinema 4D, family coaster, flying fox, kiddie ride, hingga bianglala. Harga tiket masuknya sendiri dijual Rp40 ribu, namun untuk menaiki beberapa wahana kamu perlu kembali membeli tiket. 

2. Hawai Waterpark

Berdiri di lahan seluas 5 hektare, Hawai Waterpark menyediakan dua belas wahana air yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Telah mendapat sertifikat CHSE dari Kemenparekraf, wisata air yang satu ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB - 16.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati wahana Waikiki Beach, Jet Coaster Slide, Ekolu Slide, hingga kolam ombak.

Nggak cuma bisa bermain air, kamu juga bisa berfoto di spot-spot foto kece yang telah dibangun di area ini, kemudian mencetak hasilnya di photobooth corner. Untuk harga tiket masuk yakni Rp75 ribu weekday dan Rp100 ribu weekend.

3. Jatim Park 1 Malang

instagram.com/snapwith.na

Jatim Park 1 Malang terletak di lereng timur gunung Panderman yang hanya berjarak 5 kilometer dari pusat Kota Batu. Berdiri di atas lahan seluas 22 hektare, Jatim Park 1 Malang menghadirkan tempat rekreasi sekaligus wisata edukasi yang tampil dalam balutan objek wisata modern.

Di sini, kamu akan menemukan lebih dari 50 wahana yang terbagi dalam tiga zona. Pertama, zona edukatif, di sini kamu bisa bermain di taman fisika, taman sejarah, hingga galeri etnik.

Zona kedua adalah Adventure, wilayah ini khusus untuk kamu yang ingin menantang adrenalin dengan menaiki Loop Coaster, Flying Tornado, hingga masuk ke Kerajaan Hantu.

Terakhir, Zona Playground yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Harga tiket masuknya sendiri dijual mulai dari harga Rp85 ribu saat weekday dan Rp100 ribu saat weekend.

4. Kampung Warna-Warni Jodipan

instagram.com/alivikry

Unik dan menarik! Yap, Kampung Warna-Warni Jodipan merupakan salah satu tempat wisata di Malang. Rumah di perkampungan ini sengaja di cat warna-warni, bahkan sampai atapnya yang terlihat sangat menjunjung nilai seni.

Layaknya negeri dongeng, setiap sudutnya tidak luput dihiasi berbagai hiasan yang sayang untuk dilewatkan. Setiap pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu dan setelahnya kamu bisa berfoto sampai puas di sini.

5. Batu Night Spectacular (BNS)

Tempat wisata di Malang berikutnya adalah Batu Night Spectacular! Mulai beroperasi di sore hari, BNS menyediakan berbagai wahana untuk anak-anak hingga orang dewasa. Meski memiliki jam operasional yang terbatas, namun BNS selalu ramai didatangi pengunjung.

Beberapa wahana yang paling diminati yaitu Drop n Twist, Kursi Terbang, Magic Horn, Rodeo, dan Gravitron. Untuk tiket masuknya dibagi menjadi dua, yakni tiket reguler Rp35 ribu saat weekday dan Rp40 ribu saat weekend dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

Sedangkan, tiket terusan dihargai Rp110 ribu hingga Rp120 ribu yang memberikan pengunjung akses gratis menaiki 31 wahana di BNS, kecuali Gokart dan Arena Ketangkasan.

6. Museum Angkut

instagram.com/tsanuha_, instagram.com/museumangkut

Museum Angkut merupakan museum kendaraan terbesar di Asia Tenggara dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer. Di sini, kamu dapat melihat berbagai jenis mobil dan alat transportasi tradisional seperti becak dan ontel.

Museum Angkut membagi wilayahnya dalam beberapa zona, yaitu Batavia, Buckingham Palace, hingga Las Vegas. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sensasi mengendarai mobil superhero dengan bantuan teknologi virtual reality (VR) sehingga suasana menegangkannya akan lebih terasa.

Lewat berbagai fasilitas yang telah dijabarkan, kamu cukup membayar harga tiket masuknya sebesar Rp100 ribu.

7. Agrowisata Kebun Teh Wonosari

instagram.com/inedjem

Kebun teh Wonosari terletak di Desa Tirtomoyo, Singosari, Malang. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat udara terasa sejuk, sehingga banyak pengunjung yang betah berlama-lama di sini.

Di atas lahan seluas 1.144 hektare, ini merupakan satu-satunya kebun teh di Jawa Timur yang diolah sebagai objek wisata.

Di sini, kamu diperbolehkan berfoto, bermain wahana, melihat proses pembuatan teh, dan memetik teh. Namun, dilarang memetik teh sembarangan, ya! Untuk harga tiket masuknya Rp8 ribu weekday dan Rp12 ribu weekend per orang. 

8. Pantai Goa Cina

instagram.com/ayu_subroto_dress_maker

Tak ketinggalan, salah satu primadona baru di Malang, Pantai Goa Cina yang terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan. Salah satu daya tarik yang dimiliki pantai ini yaitu masih terasa alami dengan air laut biru jernih dengan pasir putih yang lembut.

Melansir Indonesia Kaya, nama Goa Cina berasal dari goa yang terletak di bukit karang sebelah barat, konon dahulu goa tersebut dihuni oleh seorang pemuda Tionghoa untuk bersemedi hingga akhir hayatnya. Harga tiket masuknya sendiri Rp5 ribu untuk setiap orangnya.

9. Batu Secret Zoo

Tempat wisata di Malang yang kerap jadi favorit wisatawan berikutnya adalah Batu Secret Zoo. Terletak di Kota Wisata Batu, kebun binatang ini memiliki koleksi satwa lebih dari 300 spesies hewan dari berbagai belahan dunia. Batu Secret Zoo berada di kawasan Jatim Park 2 yang cocok dikunjungi untuk berwisata bersama keluarga.

Di sini, pengunjung dapat memberi makan untuk hewan-hewan tertentu sesuai dengan arahan petugas. Lebih menakjubkannya lagi, setiap kandang satwa memiliki konsep yang berbeda, dibuat menyerupai habitat asli mereka. Contohnya, harimau dari kawasan India memiliki kandang seperti reruntuhan candi di dalam hutan.

Dikarenakan masih berada di kawasan Jatim Park 2, kamu dapat membeli tiket Jatim Park 2, harganya mulai dari Rp110 ribu hingga Rp130 ribu, dengan satu tiket kamu dapat mengunjungi Batu Secret Zoo, Museum Satwa, sekaligus Sweet Memories Selfie.

10. Florawisata San Terra de Lafonte

instagram.com/florawisata.santerra

Florawisata San Terra de Lafonte merupakan tempat wisata yang berlokasi di Desa Pandensari, Kecamatan Pujon, Malang. Buka sejak 2019 lalu, tempat tersebut menawarkan pemandangan kebun bunga yang terdiri lebih dari 700 jenis. 

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengabadikan foto yang instagramable dengan berbagai pilihan spot foto yang tersedia. Kalau kamu tak ingin kepanasan, Florawisata San Terra de Lafonte  menyediakan pendopo yang ada di tengah taman untuk bersantai. 

Tempat ini berjarak 25 kilometer dari Kota Malang dengan jarak tempuh kurang lebih 53 menit. Sementara itu, tiket untuk masuk ke Florawisata San Terra de Lafonte seharga Rp30 ribu untuk anak-anak dan Rp35 ribu untuk orang dewasa. 

11. Batu Flower Garden

instagram.com/batuflowergarden.cobanrais

Masih dengan tempat wisata di Malang yang berupa taman bunga, opsi lain selain Florawisata San Terra de Lafonte adalah Batu Flower Garden. Tempat ini menawarkan pemandangan indah dengan berbagai spot foto menarik juga. 

Namun, lokasi Batu Flower Garden berada di kawasan Lereng Gunung Panderman, tepatnya di Oro-Oro Ombo, Batu, Malang. Dekat dengan taman wisata Coban Rais dan BNS, kamu bisa sekalian mengunjunginya usai mendatangi kedua tempat tersebut. 

Untuk menikmati udara sejuk dan pemandangan memukau di Batu Flower Garden, kamu bisa membayar Rp37.500 termasuk pengambilan foto oleh petugas di setiap spotnya. 

12. Hill House Batu

instagram.com/hillhousebatu

Istirahat sejenak dari tempat wisata yang menawarkan berbagai wahana, kali ini kamu bisa berwisata kuliner di Hill House Batu. Tempat ini merupakan restoran yang memiliki suasana seperti Seminyak, Bali. Sebab, Hill House Batu memberikan suguhan panorama alam perbukitan dengan udara sejuk. 

Konsep yang diusung restoran ini cukup unik, yakni dengan livingroom semi outdoor dan spot nongkrong seperti ranjang di area outdoor-nya. Tempat tersebut sangat cocok kamu jadikan spot bersantai dan menikmati suasana perbukitan. 

Kuliner yang disediakan di Hill House Batu pun sangat beragam dengan rata-rata harga sekitar Rp50 ribu. Jika berminat, kamu bisa mengunjunginya di Jalan Mawar, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. 

13. Malang Night Paradise

instagram.com/malangnightparadise

Menjadi tempat wisata di Malang saat malam hari, Malang Night Paradise menawarkan keindahan gemerlap taman lampu dan taman lampion yang cantik. Di tempat ini, kamu bisa memilih berbagai macam hiburan malam untuk semua usia. 

Malang Night Paradise menawarkan suasana yang romantis yang tak jauh dari pusat kota Malang. Lokasinya berada di Jalan Merdeka Selatan dan harga tiketnya berkisar antara Rp45 ribu sampai Rp135 ribu. 

14. Taman Langit Gunung Banyak

instagram.com/tamanlangitbatu

Berlokasi di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Taman Langit Gunung Banyak menawarkan spot foto dengan latar Gunung Banyak. Wisatawan bisa berswafoto sekaligus bersantai sambil menikmati udara yang sejuk. 

Tak hanya spot foto saja, tempat ini juga menyediakan kafe yang bisa kamu kunjungi untuk menyantap hidangan sambil melihat pemandangan. Bahkan, ada banyak penginapan di sekitar Taman Langit Gunung Banyak yang bisa kamu pilih jika ingin menghabiskan waktu di tempat ini. 

Harga tiket masuk Taman Langit Gunung Banyak yaitu Rp10 ribu saja. Dengan harga tersebut, kamu bisa berswafoto sepuasnya di tempat ini. 

15. Air Terjun Coban Rondo

instagram.com/cobanrondomalang

Tempat wisata di Malang yang terakhir adalah Air Terjun Coban Rondo. Air terjun ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Seperti yang kamu lihat pada foto di atas, air terjun ini cukup tinggi sehingga menarik banyak wisatawan. 

Selain air terjun, ada pula fasilitas camping ground, tempat pemancingan, sampai labirin yang bisa kamu masuki di area tersebut. Bukan hanya temuan alam saja, air terjun ini juga menyimpan legenda tentang kisah Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi. 

Untuk memasuki wisata Air Terjun Coban Rondo, kamu bisa membayar tiket seharga Rp35 ribu sampai Rp40 ribu. 

Mulai dari wisata alam hingga mengunjungi taman bermain, itulah tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya. Tertarik untuk mengunjungi salah satunya?

IDN Media Channels

Latest from Travel