Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Resmi! Presiden Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno & Tri Risma Jadi Menteri

Simak daftar menteri baru hasil reshuffle di sini!

Teatrika Handoko Putri

Hari ini Presiden Joko Widodo mengumumkan hasil reshuffle jajaran menterinya. Bertepatan dengan kabar reshuffle, Jokowi juga mengunggah sebuah foto dalam akun Instagram-nya, @jokowi. 

Dalam unggahannya, mantan Wali Kota Solo itu membagikan sebuah foto dengan tulisan "Yang baru harus lebih baik!". Dalam keterangannya, Jokowi juga menuliskan tentang yang lalu biarlah berlalu.

"Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru," tulis Jokowi.

Siapa saja menteri baru hasil reshuffle kabinet Jokowi 2020 tersebut? Berikut daftarnya.

1. Menteri Sosial Tri Rismaharini

IDNTimes.com/Abraham Herdyanto

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menunjuk Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial. Risma, sapaan akrabnya, akan menggantikan posisi Juliari Batubara yang tersandung kasus dugaan korupsi bantuan sosial COVID-19.

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Dok. Internet

Jokowi menetapkan Sandiaga Uno sebagai Menteri menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Sebelumnya posisi ini dipegang oleh Wishnutama Kusubandio.

3. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

IDNTimes.com/Helmi Shemi

Budi Gunadi Sadikin dipercaya oleh Jokowi untuk menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Pria kelahiran 8 Juli 1964 ini bukan sosok baru, ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Inalum dan Bank Mandiri. Pada 2019, ia diangkat menjadi wakil menteri BUMN.

4. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Dok. Internet

Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk oleh Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Agama. Posisi ini sebelumnya dijabat oleh Fachrul Razi.

5. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

Instagram.com/swtrenggono

Untuk posisi Menteri Kelautan dan Perikanan diisi oleh Sakti Wahyu Trenggono. Sebelumnya, Sakti menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Kini Sakti ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo.

6. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Dok. Internet

Terakhir, Jokowi menunjuk Muhammad Lutfi untuk menempati posisi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Ini kali kedua Lutfi menjabat sebagai Menteri Perdagangan, setelah sebelumnya menjabat di posisi yang sama pada tahun 2014.

Nama-nama menteri baru ini akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, 23 Desember 2020 mendatang.

Disclaimer: artikel ini ditulis ulang dari artikel yang tayang di IDNTimes.com

IDN Media Channels

Latest from News