Jokowi Tetapkan Cuti Bersama Pengganti Libur Lebaran, Ini Tanggalnya!

Siap-siap libur panjang

Jokowi Tetapkan Cuti Bersama Pengganti Libur Lebaran, Ini Tanggalnya!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menetapkan tanggal 28 Desember 2020 hingga 31 Desember 2020 sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pemerintah tidak memberikan cuti bersama untuk mencegah arus mudik di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

Kendati begitu, pemerintah sebelumnya telah merencanakan akan memindahkan cuti bersama Idul Fitri ke akhir tahun 2020 atau bertepatan dengan Idul Adha. Namun, di dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipul Negara Tahun 2020, Jokowi menetapkan pengganti cuti bersama Idul Fitri berada di akhir tahun.

1. Pengganti cuti bersama Idul Fitri akhirnya ditetapkan akhir tahun

Jokowi Tetapkan Cuti Bersama Pengganti Libur Lebaran, Ini Tanggalnya!

Di dalam Keppres ini, disebutkan disebutkan tanggal-tanggal yang masuk sebagai cuti bersama bagi ASN. Selain pengganti cuti bersama Idul Fitri, ada juga cuti bersama di Hari Natal.

"Menetapkan cuti bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara tahun 2020 yaitu pada tanggal 21 Agustus 2020 (Jumat) sebagai cuti bersama Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 (Rabu dan Jumat) sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, tanggal 24 Desember 2020 (Kamis) sebagai cuti bersama Hari Raya Natal, dan tanggal 28, 29, 30, dan 31 Desember 2020 (Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis) sebagai pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri l44l Hijriah," tulis Keppres tersebut.

2. Cuti bersama dari pemerintah tidak mengambil jatah cuti tahunan

Di dalam Keppres ini juga dijelaskan bahwa cuti bersama yang ditetapkan pemerintah tidak akan mengambil jatah cuti tahunan dari ASN. Sehingga, berada di luar cuti tahunan. 

"Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu tidak mengurangi hak cuti tahunan Pegawai Aparatur Sipil Negara," tulis Keppres.

Kepada ASN yang tidak diberikan hak cuti bersama karena jabatannya, Keppres juga menyebut bahwa cuti tahunan dari ASN tersebut akan ditambah.

"Pegawai Aparatur Sipil Negara yang karena jabatannya tidak diberikan hak atas cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan," putus Keppres.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here