Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ubah Kata Handal Jadi Hebat, Nama Whoosh Kini Sesuai KBBI

Whoosh KCJB resmi beroperasi 2 Oktober 2023

Nindi Widya Wati

Huru-hara dari kepanjangan nama Whoosh yang dicanangkan sebagai Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), akhirnya mengalami perubahan. Sebagai informasi, awalnya Whoosh adalah singkatan dari 'Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal'. 

Perubahan kata 'handal' menjadi 'hebat'

Instagram.com / keretacepat_id

Namun, dalam peresmian bersama Presiden Jokowi, Whoosh sekarang adalah singkatan dari 'Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat'. Perubahan kata 'handal' menjadi 'hebat', karena banyak pihak yang berkomentar mengenai kata yang tidak sesuai KBBI, di mana seharusnya 'andal' bukan 'handal'. 

“W-H-O-O-S-H, dibaca ‘wus’. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” pungkas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Senin (2/10/2023).

Perubahan nama dianggap masih wajar

Instagram.com / keretacepat_id

Di sisi lain, Eva Chairunisa selaku GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), mengungkapkan alasan kata 'handal' diganti dengan 'hebat' adalah improvisasi. Mengingat, kepanjangan 'handal' sebelumnya belum ditetapkan secara resmi, sehingga dianggap lumrah jika ada perubahan. 

Diketahui sebelumnya, nama Whoosh dipilih melalui sayembara yang dilakukan tim penilai. Tim tersebut, diketuai oleh Triawan Munaf pada bulan Juli 2023, yang mana diikuti oleh 10 agensi.

Dari 10 agensi, dipilih 3 finalis karya terbaik, yang selanjutnya dinilai untuk penentuan satu karya yang terbaik. Pemilihan 'Whoosh' berasal dari suara lesatan kendaraan cepat yang sering diucapkan di kalangan masyarakat. 

Melihat logo resmi Whoosh

Instagram.com / keretacepat_id

Kalau dari segi logo Whoosh, telah ditetapkan juga per 2 Oktober 2023 dan sudah melekat pada bagian kepala Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Logo yang digunakan merupakan karya dari Visious Studio. 

Menurut penjelasan Visious Studio, kereta cepat Whoosh punya logo huruf berbentuk ‘W’ dan kata Whoosh dengan warna merah. Berangkat dari nama ‘Whoosh’ yang mewakilkan suara lesatan kereta cepat. 

Maka, identitas visual dirancang secara lugas agar mudah dipahami oleh publik. Secara garis besar, konsep ini menggambarkan efek empasan dari cepatnya laju kereta yang membentuk huruf W sebagai logogram.

Pemilihan warna kontras dengan huruf yang kokoh

Instagram.com / keretacepat.id

Lalu, terdapat warna kontras dan cerah seperti warna merah dan putih. Ada penggunaan huruf yang kokoh, juga dipilih untuk membawa karakter energik yang mencerminkan kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, dan ketajaman visi ke depan. 

Kalau logogram yang dibuat Visious Studio, secara langsung menyimbolkan dampak lesatan kereta cepat dan luar biasa di benak publik. Lantaran, kereta cepat dinilai akan membawa perubahan yang berdampak positif secara signifikan bagi kemajuan Indonesia. 

Whoosh sendiri sudah resmi beroperasi sejak 2 Oktober 2023, dengan tarif gratis sampai pertengahan Oktober. Apakah kamu sudah naik Whoosh, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from News