Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sepanjang Tahun 2020, Ini 10 Berita Paling Populer di Indonesia

Kamu pasti pernah Googling semua, deh!

Niken Ari Prayitno

Setiap hari, selalu ada saja kejadian tak terduga yang menjadi berita dan topik hangat di Indonesia. Saking populernya, berita ini bisa dibicarakan terus menerus sepanjang tahun. Adanya pandemi COVID-19, serta perubahan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait pandemi, mau tak mau membuat masyarakat Indonesia harus mengikuti perkembangan terkini dari berita ini.

Kilas balik, berikut sepuluh berita paling populer di Indonesia 2020. Apa saja?

1. Kartu Prakerja

prakerja.go.id

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak perusahaan terdampak secara ekonomi yang membuat banyak karyawan terpaksa kehilangan pekerjaan mereka. Mengatasi hal ini, Presiden Joko Widodo meluncurkan kartu prakerja yang dikhususkan untuk mereka yang sedang tidak memiliki pekerjaan.

Lewat program ini, pemegang kartu prakerja tak hanya mendapat pelatihan gratis untuk meningkatkan keahlian mereka, tetapi juga uang insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan.

2. Daftar UMKM Online

bri.co.id

Tak hanya mengikuti program kartu pra kerja, sebagian warga Indonesia yang terdampak pandemi memilih untuk membuka bisnis mereka sendiri. Pemerintah pun, melalui bank BUMN yang ditunjuk, juga memberikan bantuan tunai untuk mengembangkan bisnis UMKM. Alhasil, kata kunci dan berita daftar UMKM online menjadi paling populer sepanjang tahun 2020.

3. Stimulus PLN

pln.co.id

Setelah di awal tahun secara mengejutkan banyak pengguna PLN karena tagihan listrik yang membengkak dan naik tak masuk akal, PLN memberikan keringanan berupa stimulus PLN. Stimulus PLN ditujukan kepada masyarakat yang terdampak secara pandemi.

Stimulus PLN berupa potongan harga bagi mereka yang menggunakan listrik pasca bayar dan berbentuk pulsa bagi mereka yang menggunakan token listrik.

4. Omnibus Law

IDNTimes.com

Awal Oktober 2020, isu akan disahkannya RUU Cipta Kerja atau Omnibus Law berembus. Hal ini bahkan sampai membuat mahasiswa di seluruh Indonesia turun ke jalan agar RUU tersebut tak jadi disahkan.

Seolah tak mendengar tuntutan mahasiswa, RUU tersebut tetap disahkan dan ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo. Banyak orang menolak RUU ini karena dinilai merugikan buruh dan hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu.

5. Sunda Empire

Dok. Internet

Sunda Empire menggegerkan Indonesia di awal tahun 2020. Sunda Empire merupakan sebuah gerakan yang bercita-cita membesarkan kembali Kerajaan Sunda dan membuatnya berjaya kembali seperti pada masa Kerajaan Tarumanegara di masa lalu.

Gerakan yang sudah ada sejak tahun 2017 ini mengklaim bahwa Nusantara bukan hanya Indonesia, melainkan mencakup 54 negara yang membentang mulai dari Australia hingga Korea Selatan. Pada tahun 2020 ini, 54 negara tersebut harus mendaftar ulang kepada Sunda Empire agar diakui kembali kedaulatannya.

Rangga Sasana, petinggi Sunda Empire, akhirnya ditangkap dan dipenjara pada 15 Januari 2020 atas tuduhan penyebaran berita bohong.

6. COVID-19

Unsplash.com/Martin Sanchez

Kabar adanya penyakit baru bernama COVID-19 sudah terdengar sejak akhir Desember 2019. Namun, berita ini belum mendapat perhatian khusus karena penyakit ini hanya terdeteksi di Wuhan, Tiongkok.

Baru pada Februari-Maret 2020, berita ini menjadi besar di Indonesia karena penyakit ini mulai menyebar dan kasus pertama di Indonesia ditemukan. Hingga saat ini, COVID-19 masih menjadi berita terpopuler karena belum ditemukan vaksinnya dan penyebarannya belum terkendalikan.

7. Erupsi Krakatau

Dok. Internet

Ingat nggak, Bela, pada bulan April 2020 terdengar suara dentuman di tengah malam yang terdengar di hampir seluruh wilayah Pulau Jawa, khususnya bagian barat? Banyak spekulasi terkait fenomena ini. Mulai dari kembali aktifnya Gunung Krakatau, hingga isu tsunami besar di Pulau Jawa. Berita ini sempat menghebohkan warganet dan menjadi trending topic selama beberapa hari.

8. Uang Rp75 Ribu

Dok. Internet

Tahun 2020, Republik Indonesia tepat berusia 75 tahun. Tepat pada tanggal 17 Agustus 2020, Bank Indonesia resmi merilis uang pecahan Rp75 ribu. Uang yang diproduksi secara terbatas ini, tentu menjadi rebutan warga Indonesia. Saking langkanya, bahkan ada yang menjual kembali uang ini hingga jutaan rupiah di situs e-commerce.

9. PSBB Jakarta

Instagram.com/aniesbaswedan

Semua hal yang berhubungan dengan COVID-19 menjadi berita terpopuler tahun ini. Termasuk soal pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kawasan Provinsi DKI Jakarta. PSBB Jakarta merupakan kebijakan baru dari Pemerintah Provinsi Jakarta untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Berita ini paling banyak dicari karena setiap minggu ada saja perubahan yang terjadi karena menyesuaikan kondisi di lapangan.

10. Banjir Jakarta

IDNTimes.com

Pada tanggal 31 Desember 2019 ditutup dengan guyuran hujan deras dari sore hingga malam hari menjelang tahun baru. Hal ini menyebabkan banjir yang menggenangi hampir sebagian wilayah Jakarta tepat pada tanggal 1 Januari 2020. Tentu hal ini menjadi perbincangan warganet karena awal tahun 2020 sudah dibuka dengan bencana alam.

Itulah tadi sepuluh berita paling dicari di tahun 2020. Berita mana saja, nih, yang pernah kamu cari di Google satu tahun ke belakang?

IDN Media Channels

Latest from News