Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Berkebun Sayur di Rumah? Ini 8 Inspirasinya

Bisa panen sendiri!

Tri Sintarini

Kamu pencinta sayur-mayur, pernah terpikir untuk menanamnya sendiri di rumah? Ternyata kita juga bisa membudidayakannya sendiri lho. Selain lebih sehat, kamu juga bisa memantau perkembangannya. Menariknya lagi, keseruan ini bukan cuma bermanfaat bagi mereka yang memiliki halaman luas saja, tetapi termasuk di dalam apartemen tempat tinggalmu. Berikut 8 inspirasinya untukmu, Bela.

1. Tinggal di apartemen tanpa halaman, tetap berkesempatan untuk menanam sayur-mayur dengan nyaman. Caranya, gunakan sistem pengairan hidroponik yang membuatmu tak perlu repot tanamanmu akan kekurangan air. Selain itu, pot-pot sayur tersebut sekaligus mempercantik ruanganmu dengan ornamen serba hijau alami.

thespoontech.com

2. Bagi pencinta desain minimalis, padukan dua fungsi yaitu lemari sekaligus media tanam sayur-mayur. Tak hanya memberikan kesan rapi, tetapi juga mempercantik dekorasi rumahmu yang serba putih dengan nuansa hijau segar.

homestratosphere.com

3. Manfaatkan sisi dapurmu yang masih luas, dengan menggunakan rak hidroponik sehingga membuat sayur-mayur tampak rapi dan tumbuh segar di dalam ruangan.

pinterest.com

4. Ingin menanam di dalam rumah, cukup gunakan rak kayu yang menggunakan media tanah. Supaya sayur-mayurmu tetap tumbuh dengan maksimal, pilihlah ruangan yang memiliki ventilasi udara baik dan terpapar sinar matahari.

pinterest.com

5. Manfaatkan halaman belakang rumahmu yang mungil untuk berkebun sayur. Jika tak ingin repot untuk menanamnya di dalam pot-pot mungil, siapkan wadah kayu berukuran besar yang bisa menampung beberapa jenis sayur sekaligus. Asyiknya saat panen, kamu bisa mendapatkan banyak macam sayuran.

pinterest.com

6. Manfaatkan ruangan dapur bersihmu dengan menambahkan area rak kayu yang siap untuk menampung sayur-mayur favorit seperti selada, cabai sampai dengan tomat.

houzz.com

7. Punya halaman rumah yang luas, manfaatkan untuk menanam sayur-mayur yang bermanfaat, tambahkan pula tanaman bunga matahari yang cantik. Area luas bisa membuatmu bebas menanam apa saja sesuai dengan kebutuhanmu.

sohu.com

8. Ingin bertanam di lahan yang sempit, gunakan area balkon untuk menanam sayur-mayur segar. Tak hanya nyaman untuk bersantai, tetapi pemandangan hijau akan membuat pikiran lebih fresh. Paparan sinar matahari juga membuat tanaman sayuranmu tumbuh subur.

deco.fr

Selamat berkebun!

IDN Media Channels

Latest from Food