Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Supaya Sehat, Ini Tips Membuat Smoothies Enak

Ternyata ini rahasianya!

Rosita Meinita

Smoothies, dessert yang juga bisa dikategorikan makanan berat ini mungkin sering kamu beli di café atau restoran. Serat dari buah-buahan yang di-mix menjadi satu ini membuatmu kenyang jika menyantapnya. Perpaduan kombinasi buah, kacang, sereal, biji-bijian, cokelat, kelapa, mentega kacang, granola membuatnya kaya akan rasa. Nggak hanya rasanya, tampilannya pun dibuat menarik agar berbeda dengan dessert lain yang kebanyakan hanya mempunyai rasa manis.

Tetapi, smoothies yang biasanya kamu beli itu ternyata bisa kamu buat sendiri di rumah lho Bela. Nggak melulu diblender dengan memasukkan semua bahan baku, tetapi inilah tips membuat smoothies enak.

1. Memasukkan bahan berurutan

freepik.com/ svitlini

Tips membuat smoothies enak dan halus salah satunya dengan memasukkan bahan-bahan ke dalam blender dengan urutan yang benar. Urutan yang benar adalah dengan menuangkan bahan cair di awal agar dekat dengan pisau blender. Setelah itu barulah bahan-bahan lunak termasuk yoghurt dan buah-buahan lainnya, yang terakhir adalah bahan yang keras seperti es atau buah beku.

Urutan ini membantu blender memproses smoothies-mu dengan efektif.

2. Membuatnya lebih creamy

freepik.com/ tumeyes

Kamu bisa menambahkan setengah pisang beku atau alpukat segar ketika membuat smoothies. Ini merupakan salah satu tips membuat smoothies enak seperti krim dan mempunyai tekstur halus ketika di lidah.

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa topping di atasnya agar smoothies mendapatkan tekstur yang renyah pada topping seperti almond ataupun granola.

3. Berbeda dengan jus

freepik.com/ freepik

Walaupun sama-sama berbahan dasar buah, smoothies berbeda dengan jus. Jus mengandung banyak gula yang membuat kandungan glukosa di dalamnya sangat berlebih. Tips membuat smoothies enak, kamu bisa menambahkan komponen cairan seperti susu nabati yang berbahan dasar almond, oat, ataupun kedelai.

Tak usah khawatir karena rasanya juga akan tetap lezat.

4. Tambahkan sayuran hijau

freepik.com/ angelina_zinovie

Untuk membuah smoothies buatanmu lebih sehat, tambahkan dengan sayuran hijau seperti bayam atau kangkung. Hal ini nggak akan mengubah cita rasa smoothies karena bahan utamanya tetap dari buah-buahan. Protein dan serat justru akan menambah nilai nutrisi dari smoothies-mu ini.

5. Pilih mangkuk yang lebar

freepik.com/ valeria_aksakova

Tips membuat smoothies enak juga nggak hanya dari bahan baku, tetapi cara penyajiannya juga. Setelah selesai menyampur bahan di blender, tuangkan smoothies ke dalam mangkuk yang lebar dan dangkal.

Hal ini akan mengoptimalkan ruang saat disajikan. Kamu juga bisa menambahkan topping si atasnya.

6. Pilih topping yang tepat

freepik.com/ valeria_aksakova

Rasa nikmat dari smoothies juga bergantung dari topping-nya lho, Bela. Tips membuat smoothies enak, kamu bisa mulai dengan topping ringan seperti bubuk mathcha, biji rami, almond, serutan cokelat ataupun kelama. Setelah itu tambahkan bahan yang lebih berat seperti irisan pisang, kiwi, mangga ataupun granola.

Pastikan untuk mencampai keseimbangan rasa bereda pada smoothies-mu.

IDN Media Channels

Latest from Food