Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan di Restoran   

Jangan salah lagi!

Rosita Meinita

Apakah kamu sering makan siang ataupun dinner di restoran? Ternyata, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui lho saat makan di restoran.  Sebab, terkadang kamu nggak menyadari melakukan kesalahan yang sering dilakukan.

Mulai dari salah memesan, berkomunikasi dengan waiters atau juga sesama costumers. Semua ada etikanya karena kamu akan bertemu banyak orang. Agar nggak salah lagi, inilah kesalahan yang sering dilakukan saat makan di restoran.

1. Arti posisi garpu dan pisau

pexels.com/ Burak K

Sebelum kamu pergi ke restoran, ada baiknya kamu mengingat arti posisi garpu dan pisau. Nggak hanya sekedar posisi, cara meletakkan kedua peralatan makan itu merupakan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada restoran tentang makanan yang mereka sajikan. Entah kamu sangat menyukainya ataupun kamu nggak ingin memakannya lagi.

2. Membantu waiters membersihkan meja

pexels.com/ Pixabay

Terkadang kamu berpikir jika meletakkan piring di tepi meja akan lebih mudah bari para waiters untuk mengambilnya, akan tetapi kenyataannya hal ini tidaklah benar. Setiap waiters memiliki sistem sendiri untuk mengumpulkan piring, hal itu akan membuatnya lebih rumit.

Dan juga meletakkan piring bersusun satu sama lain mungkin dianggap hal yang membantu, akan tetapi hal ini akan membuat piring-piring mudah retak.

3. Meminta koki untuk memasak hidangan yang nggak ada di menu

pexels.com/ Elevate

Saat kamu pergi ke satu restoran, mungkin kamu mencari makanan yang nggak ada di menu. Hal yang dipikiranmu adalah memesan makanan tersebut untuk disajikan. Ternyata, hal ini bukan hal yang benar.

Restoran mempunyai perhitungan sendiri akan harga dari kualitas bahan-bahan dari makanan yang disajikan. Jika kamu memesan menu baru, restoran akan kesulitan untuk menentukan harga. Alasan yang kedua adalah makanan yang tercantum pada menu sudah mempunyai resep tersendiri, jadi nggak ada jaminan makanan baru yang kamu pesan akan terasa enak.

4. Memberi review yang buruk di internet

pexels.com/ Daria Shevtsova

Di internet, banyak situs web yang memberi keleluasaan costumers untuk memberikan review dari restoran yang mereka kunjungi. Situs-situs web ini dibuat untuk calon costumers yang ingin mencari makanan enak, tetapi nggak satupun yang dituliskan di review adalah restoran yang enak.

Jika kamu ingin membuat kualitas restoran semakin baik, kamu bisa menulis surat kepada owner atau manager, hal ini akan selalu digunakan sebagai perbaikan.

5. Memulai makan sebelum orang lain memulai dalam pesta

pexels.com/ Daria Shevtsova

Menurut etiket makan, jika kamu datang sebagai undangan ke restoran dalam kelompok yang besar ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Biasanya para waiters menyajikannya kepadamu dalam meja-meja bundar yang sudah disediakan. Jika makananmu lebih dulu disajikan sebelum makanan rekanmu, kamu harus menunggu hingga semua rekan di satu mejamu mendapatkan makanannya.

6. Pelajari budaya di negara tempat restoran itu berada

pexels.com/ Isabella Mendes

Jika kamu mengunjungi restoran di negara lain yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, pelajari tentang peraturan atau budaya yang ada di negara tersebut. Misalnya di Jepang, ada aturan cara yang tepat untuk melepaskan sumpit yaitu dengan menempatkannya sejajar dengan meja.

Tentu saja, nggak ada orang yang akan memberi tahumu secara langsung, tetapi mempelajari aturan yang sudah menjadi budaya dapat membuatmu tetap sopan di manapun kamu berada.

IDN Media Channels

Latest from Food