Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kamu Harus Mencuci Apel Sebelum Dimakan, Ini Cara yang Benar

Mulai sekarang jangan ke-skip ya!

Rosita Meinita

Apel merupakan buah yang segar dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi beberapa hidangan. Akan tetapi, apel yang terlihat bersih dan berkilau, nggak menjamin kebersihannya. Mungkin ada kotoran, bakteri ataupun pestisida yang masih menempel.

Membersihkan apel adalah cara yang aman untuk dimakan. Bahkan apel organik pun dapat menggunakan pestisida organik. Membersihkan apel dengan air sebenarnya dapat membuatnya busuk lebih cepat, simpanlah apa adanya sampai siap untuk memakannya.

Nah, sebenarnya bagaimana sih, mencuci apel yang benar.

1. Jangan gunakan sabun atau antiseptik

freepik.com/ dimaberlin

Busa yang dihasilkan sabun mungkin akan terlihat menyenangkan jika kita sedang membersihkan sesuatu. Tetapi FDA (Food Drug Administration) dan USDA (United States Department of Agriculture) memperingatkan tentang penggunaan sabun pada produk yang kamu pakai.

Bahkan setelah dibilas, beberapa residu sabun akan diserap oleh apel. Sabun-sabun ini tentunya mengandung bahan kimia yang nggak aman untuk dimakan.

2. Rendam apel di larutan soda kue

freepik.com/ bowonpat

Sebuah studi tahun 2017 di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa cara terbaik untuk membersihkan apel adalah dengan merendamnya selama 15 menit dalam larutan satu sendok teh soda kue dan dua cangkir air.

Setelah direndam, kamu bisa membilasnya dengan air mengalir.

3. Bersihkan dengan cuka

freepik.com/ rawpexel

Mencampurkan secangkir ketiga cuka dengan secangkir air, kemudian semprotkan atau usapkan pada apelmu. Setelah itu bilas apel secara menyeluruh untuk memastikan nggak ada rasa cuka yang tertinggal pada apel.

Peneliti menemukan bahwa cara ini menghilangkan 98% bakteri yang ada di apel.

4. Gunakan sikat

freepik.com/ master1305

Sikat sayur dan air keran yang mengalir membantu menghilangkan banyak bakteri dan kotoran di apel. Tentunya penggunaan sikat ini lebih efektif bukan daripada hanya menggunakan air keran saja, bukan?

5. Kupas apel yang akan dimakan

freepik.com/ stockking

Sebagian besar pestisida dan kontaminan lainnya tetap ada pada kulit apel, jadi mengupasnya bisa membuatnya semakin aman. Ingatlah kamu masih perlu membilas apel secara menyeluruh sebelum mengupasnya. Hal ini karena alat pengupasmu dapat mencemari daging apel yang akan kamu makan.

Sekarang sudah tahu, kan, cara mencuci apel? Jangan sampai salah, ya.

IDN Media Channels

Latest from Food