Apakah kamu salah satu penggemar alpukat? Nah, jika kamu salah satunya, biasanya kamu sering membeli alpukat yang masih mentah di toko buah ataupun supermarket. Alpukat yang masih mentah ini jika nggak ditangani dengan baik malah menjadi busuk dengan cepat, Bela.

Boro-boro membayangkan memakan alpukat yang matang dan enak, kamu malah akan mendapatkan alpukat dengan warna gelap karena busuk.

Biar nggak gagal, inilah cara mudah mematangkan alpukat.

1. Gunakan oven

Ini Cara Mudah Mematangkan Alpukatopenfit.com/

Cara mudah untuk mematangkan alpukat salah satunya dengan memanggangnya. Bungkus alpukat mentah dengan kertas timah yang diletakkan di atas loyang, masukkan ke dalam oven dengan suhu 200° F selama 10 menit sampai alpukat melunak.

Keluarkan dari oven, lalu masukkan alpukat matang ke dalam kulkas. Saat alpukat dingin, kamu bisa siap untuk menikmatinya.

2. Gunakan paper bag cokelat

Ini Cara Mudah Mematangkan Alpukatfreepik.com/ user22763627

Selain memanggang, kamu bisa mematangkan alpukat dengan membungkusnya pada paper bag cokelat. Setelah tertutup, kamu bisa menyimpannya. Dengan cara ini alpukatmu akan lebih cepat matang dalam waktu sekitar empat hari.

Hal ini dikarenakan gas etilen yang dilepaskan perlahan dapat terpusat dan diterima ke alpukat lagi karena adanya paper bag ini.

3. Letakkan berdampingan dengan buah lainnya

Ini Cara Mudah Mematangkan Alpukatopenfit.com/

Jika kamu sudah nggak sabar untuk menikmati alpukatmu yang masih matang berwarna hijau, kamu bisa menambahkan cara satu ini. Kamu bisa menggandakan produksi gas etilen dengan menambahkan buah seperti pisang atau apel ke paper bag tadi.

Hal ini terbukti lebih cepat karena juga melepaskan etilen yang membuat alpukat lebih cepat matang.

4. Isi paper bag dengan tepung

Ini Cara Mudah Mematangkan Alpukatunsplash.com/ Ben McLeod

Kamu bisa mengisi bagian bawah paper bag cokelat dengan tepung, kemudian meletakkan alpukat di dalamnya. Pastikan untuk menggulung paper bag hingga tertutup.

Metode ini memusatkan gas etilen juga melindungi buah dari jamur dan memar.

5. Simpan alpukat yang sudah matang ke kulkas, tapi sebentar saja

Ini Cara Mudah Mematangkan Alpukatmetro.co.uk

Setelah alpukat yang kamu inginkan sudah matang, kamu harus segera mengonsumsinya, Bela. Jika ingin lebih segar, bisa simpan sejenak di kulkas, setidaknya satu jam, sebelum dikonsumsi.

Jadi, mau mengolah alpukatmu seperti apa, nih?

Baca Juga: Beda Rasa dan Ukuran, Inilah Jenis Pisang di Indonesia

Baca Juga: 10 Resep Olahan Alpukat yang Lezat

Baca Juga: Ini 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan