Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada 2 Varian Indomie, Inilah 10 Mi Instan Paling Enak di Dunia 

Nggak ada yang ngalahin kelezatan indomie goreng, kan?

Niken Ari Prayitno

Sebagai orang Indonesia, mungkin salah satu comfort food dan disukai oleh banyak orang adalah mi instan. Selain harganya yang sangat terjangkau, siapapun pasti bisa membuatnya karena hanya membutuhkan satu panci air. Tak heran, jika mi instan menjadi andalan anak kos atau makanan penyelamat di akhir bulan menjelang gajian.

Berbicara soal mi instan, baru-baru ini NYMag.com, merilis sepuluh mi instan paling enak di dunia. Daftar ini dibuat berdasarkan hasil review para chef dan food blogger Amerika. Hasilnya? Kita patut berbangga, sebab dari sepuluh mi instan, ada dua varian Indomie yang masuk ke dalam daftar tersebut. Apa saja, ya? Simak daftarnya berikut ini.

1. MyKuali Penang White Curry Noodles

Aplusgrocer.com.my

Seorang jurnalis kuliner Los Angeles Times, Lucas Kwan Peterson menempatkan MyKuali Penang White Curry Noodles di urutan pertama mi instan terenak yang pernah dicoba. Pada November 2019 lalu, ia mencoba 31 merk mi instan dari seluruh dunia dan langsung jatuh hati pada MyKuali Penang White Curry Noodles ini.

Menurut Lucas, MyKuali Penang White Curry Noodles memiliki rasa yang unik. Yakni, rasa gurih kari putih berpadu sempurna dengan cabai hijau yang membuat rasa mi menjadi sangat lezat.

2. Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan Ramen

Amazon.com

Mie terenak selanjutnya jatuh kepada Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan Ramen yang merupakan pilihan dari koki kenamaan Chef Sheldon Simeon. Nama Momosan pada Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan Ramen, menurut Sheldon, diambil dari nama panggilan si pencipta mi tersebut, Chef Masaharu Morimoto. Menurut Sheldon, Masaharu merupakan koki terhebat yang sudah menciptakan banyak makanan enak. Termasuk, mi instan ini.

Saat membuat Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan Ramen, Sheldon menambahkan satu butir telur agar kuahnya semakin mengental. Selain itu, ia juga menambahkan lada hitam dan tabasco agar lebih pedas. Jika ingin lebih puas dan lengkap, Sheldon juga menambahkan irisan daging di dalamnya.

3. Maggi Masala 2-Minute Noodles

Amazon.com

Sebagai seseorang yang lahir dan besar di India, Priya Khrisna jurnalis kuliner New York Times mengatakan bahwa Maggi Masala 2-Minute Noodles adalah mi instan favoritnya sepanjang masa. Maggi Masala 2-Minute Noodles memiliki cita rasa khas India dengan kuah yang pedas dan asin, serta kekentalannya bisa disesuaikan dengan selera.

Agar lebih lezat, lanjut Priya, ia akan menambahkan kecap, lada hitam, serta tumisan jahe dan bawang putih pada bumbunya. Jadi penasaran ingin mencobanya juga, kan?

4. Mama Instant Noodle Shrimp Creamy Tom Yum

Shopee.co.id

Mi instan terenak selanjutnya adalah Mama Instant Noodle Shrimp Creamy Tom Yum. Mi instan ini direkomendasikan oleh koki asal Thailand pemilih restoran Nong’s Khao Man Gai di Portland, Nong Poonsukwattana. Menurut Nong, mi instan ini sudah sering ia makan sejak kecil. Bahkan, Mama Instant Noodle Shrimp Creamy Tom Yum sangat enak jika dimakan langsung dengan cara dihancurkan pada bungkusnya, tanpa dimasak terlebih dulu.

Mama Instant Noodle Shrimp Creamy Tom Yum memiliki rasa yang tajam dengan aroma serai yang kuat. Hal ini yang membuat Mama Instant Noodle Shrimp Creamy Tom Yum menjadi favorit banyak orang.

5. Nissin Instant Ramen Noodles With Soup Base, Black-Garlic Oil, Tonkotsu Pork

Walmart.com

Cathy Erway, seorang food blogger mengatakan bahwa Nissin Instant Ramen Noodles With Soup Base, Black-Garlic Oil, Tonkotsu Pork menjadi salah satu mi instan terenak yang pernah ia coba. Di dalamnya terdapat seplastik kecil minyak bawang putih yang membuat rasa mi menjadi lebih enak dan mewah.

Selain itu, menurut Cathy, ia sangat suka menambahkan satu butir telur saat memasak Nissin Instant Ramen Noodles With Soup Base, Black-Garlic Oil, Tonkotsu Pork ini. Telur tersebut tidak perlu diaduk dan biarkan sampai matang. Kuah dari mi akan mengental dan memberikan cita rasa yang khas.

6. Indomie Mi Goreng Instant Stir Fry Noodles, Original Flavor

Amazon.com

Kalau mi instan satu ini, sih, pasti direkomendasikan oleh seluruh orang Indonesia, deh. Indomie Mi Goreng Instant Stir Fry Noodles, Original Flavor atau yang dikenal dengan Indomie Goreng. 

Soleil Ho, kritikus makanan San Francisco Chronicle mengatakan bahwa Indomie Goreng adalah mi instan favoritnya sejak kecil. Ia bersama sepupunya pernah membuat mi ini sendiri di rumah saat kecil ketika orangtua mereka tak ada di rumah.

Menurut Soleil, rasa dari minyak bawang dan bawang goreng yang menjadi bumbu pada Indomie Goreng membuat mi instan ini memiliki cita rasa yang khas. Soleil biasa memasak Indomie Goreng dengan menambahkan telur, minyak cabai dan saus sambal khas kamboja.

7. Indomie Mie Goreng BBQ Chicken Instant Noodles

Bukalapak.com

Masih dari brand Indomie, Indomie Mie Goreng BBQ Chicken Instant Noodles menjadi salah satu mi instan terenak di dunia yang direkomendasikan oleh jurnalis kuliner Los Angeles Times, Lucas Kwan Peterson.

Kelebihan dari Indomie Mie Goreng BBQ Chicken ini adalah adanya paket bumbu lengkap yang disajikan dalam bentuk sachet kecil. Menurut Lucas, hal ini sangat berguna bagi mereka yang senang mencicipi rasa mi instan baru, namun tidak ingin membelinya dalam jumlah banyak.

Paket bumbu lengkap berupa bumbu rasa ayam, bawang goreng, minyak bumbu, minyak cabai dan kecap manis yang kental merupakan perpaduan yang sangat pas. Menurut Lucas, takaran dari bumbu tersebut sangat pas, sehingga kita tinggal memasaknya saja.

8. Nongshim Chapagetti Chajang Noodle

Ubuy.com

Rekomendasi mi instan terenak selanjutnya adalah Nongshim Chapagetti Chajang Noodle. Mi instan ini direkomendasikan oleh Irene Yoo, seorang food blogger asal Korea Selatan.

Menurut Irene, Nongshim Chapagetti Chajang Noodle merupakan versi instan dari mi khas Korea Selatan jjajangmyeon. Mi tersebut menjadi favorit warga Korea karena rasanya yang lezat dengan saus berlimpah berwarna hitam.

Untuk membuat Nongshim Chapagetti Chajang Noodle yang enak, ada dua pendapat, nih, Bela. Pendapat pertama, kamu bisa memasukan bumbu saat mi masih direbus. Pendapat yang kedua, kamu harus meniriskan air rebusan terlebih dulu dan kemudian merebus air baru untuk membuat bumbunya. Jadi, kamu mau ikuti saran yang mana, nih?

9. Nongshim Shin Noodle Ramyun

Ubuy.com

Mi instan terenak di dunia selanjutnya adalah Nongshim Shin Noodle Ramyun. Beberapa tahun belakangan ini, Nongshim Shin Noodle Ramyun mudah ditemukan di minimarket bukan? 

Irene Yoo juga merekomendasikan mi instan ini karena sering digunakan sebagai makanan pokok saat keadaan darurat. Nongshim Shin Noodle Ramyun memiliki rasa pedas dan umami yang membuat kita tidak bisa berhenti memakannya.

Supaya lebih kenyang, Irene menambahkan telur, daun bawang cincang, keju, atau bahkan daging dan makanan laut. Untuk menambah cita rasa, Irene juga sering memakan Nongshim Shin Noodle Ramyun ini bersama dengan kimchi.

10. Tseng Noodles Scallion With Sichuan Pepper Instant Noodles

Amazon.com

Terakhir, ada Tseng Noodles Scallion With Sichuan Pepper Instant Noodles. Mi instan ini direkomendasikan oleh Kevin Lee, pendiri mi instan IMMI. Menurut Kevin, Tseng Noodles Scallion With Sichuan Pepper Instant Noodles menjadi mi instan terenak yang dapat dimakan dalam keadaan apapun. Misalnya, mau dimakan dalam keadaan kering tanpa direbus, atau direbus menggunakan kuah kaldu hangat, rasanya sama-sama enak.

Hal yang membuat Kevin semakin menyukai mi instan ini adalah proses pembuatannya. Tseng Noodles Scallion With Sichuan Pepper Instant Noodles diuleni hingga sepuluh kali hingga membuat rasa mi sangat kenyal dan enak.

Itulah tadi sepuluh mi instan terenak versi NYMag.com. Ada mi instan favorit kamu nggak, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Food