Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penting! 9 Buah dan Sayur Ini Nggak Perlu Kamu Simpan di Kulkas

Bisa menghilangkan nutrisi di dalamnya

Marshelina Tri Utami

Imbauan pemerintah untuk #DiRumahAja membuat sebagian orang memilih untuk stok bahan-bahan makanan di rumah. Ditambah lagi dengan isu hendak diadakannya karantina wilayah, banyak orang langsung memenuhi pasar maupun supermarket. 

Nah, kebanyakan orang pasti menyimpan bahan makanan tersebut di kulkas, dengan harapan bahan makanan akan lebih tahan lama. Padahal hal ini nggak berlaku untuk semua makan lho, Bela. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa sayur dan buah yang sebaiknya tidak kamu simpan di kulkas.

1. Kentang

unsplash.com/konstandy

Kentang nggak perlu kamu simpan di dalam kulkas, lebih baik simpan di tempat yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari. Pernah melihat kentangmu berkecambah? Hal itu bisa jadi karena kentang terlalu terpapar banyak cahaya. Jika disimpan di dalam kantung kertas, kentang bisa bertahan lebih dari dua minggu lho, Bela.

2. Tomat

mybiology.net

Simpan tomat di tempat yang sejuk dan kering. Tomat hanya perlu dimasukkan ke dalam kulkas jika sudah dalam keadaan terpotong atau sudah mulai berwarna hitam dan lembek yang menandakan akan mengalami kebusukan. 

3. Buah dengan kandungan air yang banyak

bettycrocker.com

Buah berair seperti semangka, melon, kiwi, atau persik, mengandung banyak antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Menyimpannya di dalam kulkas hanya akan membuat antioksidan terpecah. Simpan buah-buahan tersebut di tempat penyimpanan, kecuali jika buah sudah dalam keadaan terpotong.

4. Apel

unsplash.com/anphotos

Simpan apel pada suhu ruangan tetapi tidak berdekatan dengan buah lainnya, karena apel mengeluarkan gas yang dapat menyebabkan buah di dekatnya menjadi lebih cepat matang. Jnagan lupa, langsung konsumsi jik asudah kamu potong, ya.

5. Paprika

healthline.com

Paprika nggak disarankan disimpan di kulkas karena akan menghentikan proses pematangannya. Simpan paprika di tempat yang sejuk dan memiliki ventilasi udara yang baik. 

6. Alpukat

unsplash.com/nurafnisetiyaningrum

Bila belum matang, suhu dingin akan memperlambat kematangan dari buah alpukat. Simpan pada suhu ruang dan tunggu sampai buah alpukat kamu matang! Jangan terlalu lama juga, alpukat bisa tetap enak kamu konsumsi jika tersimpan paling lama tiga hari.

7. Pisang

unsplash.com/namu_photograph

Untuk membuat pisang tetap segar, nggak perlu kamu simpan di dalam kulkas. Cukup simpan pisang dalam suhu ruang dan bungkus dengan plastik di bagian pangkalnya, agar memperlambat proses pembusukan.

8. Buah-buahan bersifat sitrus

unsplash.com/jannerboy62

Buah-buahan kelompok ini lebih baik kamu simpan dalam keranjang buah. Apalagi bila kamu nggak berniat mengonsumsinya segera, simpan di tempat yang sejuk dan kering hingga mereka siap dikonsumsi ya, Bela

9. Bawang

unsplash.com/ankit_manoharan

Hindari menyimpan bawang di dalam kulkas, karena suhu dalam kulkas membuat kelembapan yang tinggi dan cenderung membuatnya lunak dan tumbuh jamur. Simpan dalam tempat yang kering dan gelap saja, Bela

Itu dia beberapa sayur dan buah yang sebaiknya kamu hindari masuk ke dalam kulkas. Bagaimanapun, tetap keep an eye untuk bahan-bahan makanan yang kamu punya ya, jangan membiarkannya sampai busuk dan terbuang sia-sia. 

IDN Media Channels

Latest from Food