Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sudah Lebih dari 50 Tahun, Ini Foto Fast Food Favorit-mu di Masa Lalu

Feeling old yet?

Dina Lathifa

Jika melihat beberapa restoran fast food atau makanan cepat saji memiliki klaim telah berdiri sejak tahun 50 tahun yang lalu atau lebih, boleh jadi pernyataan tersebut benar, Bela. Sebab faktanya, makanan cepat saji telah ada dan digemari banyak orang sejak tahun 1950-an. Baik itu burger, eskrim, maupun ayam tepung favorit dunia, semua sudah ada sejak masa lampau dan menjadi favorit semua kalangan. Menariknya, merek-merek makanan cepat saji ini tetap memiliki cita rasa yang sama dari masa ke masa, dan terkenal dari generasi ke generasi.

Mengutip dari Ranker, terdapat foto otentik yang menunjukkan sejarah bentuk makanan cepat saji yang populer di masa kini saat baru pertama kali diperkenalkan ke masyarakat. Ada pula foto-foto yang menunjukkan pemilik asli sekaligus penemu resep menu fast food yang cita rasanya terus abadi dari waktu ke waktu. Penasaran dengan foto fast food dari masa lalu? Yuk, lihat bersama-sama.

1. Big Mac versi lama tahun 1977

Gettyimages.com/Henry Groskinsky

Siapa yang dapat menolak menu Big Mac dari McDonald's? Kelezatannya daging dan segarnya sayuran, yang diapit oleh roti tebal, semuanya seakan dapat terasa hanya dengan melihat fotonya saja. Namun tahukah kamu kalau Big Mac di masa lalu memiliki tampilan yang sedikit berbeda di masa sekarang? Ini foto menu Big Mac pada tahun 1977. Temukan bedanya dengan foto burger Big Mac masa kini!

2. Kentucky Fried Chicken Pack tahun 1979

Gettyimages.com/Fairfax Media Archives

Menu paket hemat Kentucky Fried Chicken atau yang biasa disingkat dengan nama KFC ini rupanya mengalami banyak perubahan, terlebih ketika sudah dipasarkan di negara berbeda. Foto di atas adala foto paket hemat lengkap KFC pada tahun 1979. Jelas nggak ada nasi dalam paket tersebut, ya?

3. Penyajian Burger King tahun 1992

Gettyimages.com/Yvonne Hemsey

Pada umumnya, restoran fast food masa kini menerapkan self-service. Jadi, pelanggan menunggu pesanannya selesai dibuat setelah memesan dan membayar makanannya. Namun ternyata, zaman dahulu ternyata nggak seperti itu, Bela. Pada foto ini, nampak seorang pelayan Burger King mengantarkan pesanan konsumen. Meja makan sendiri dihias bak makan malam di restoran umum.

4. Seorang perempuan cilik dengan eskrim Dairy Queen-nya tahun 1955

Gettyimages.com/Jacobsen

Semua usia suka menyantap eskrim! Merek eskrim Dairy Queen sudah ada lebih dari 50 tahun silam dan telah menjadi favorit banyak orang pada masa itu.

5. Kolonel Sanders menunjukkan adonan tepung KFC tahun 1974

Gettyimages.com/John Olson

Penasaran dengan wajah asli penemu KFC? Ini dia wajah Kolonel Sanders yang sedang mengaduk adonan tepung rahasia yang membuat ayam gorengnya jadi sangat lezat. Apa resepnya, ya?

6. Belajar membuat Big Mac tahun 1976

Gettyimages.com/David Cooper

Sebelum memulai pekerjaan pertama, semua karyawan baru perlu belajar cara membuat Big Mac yang lezat. Mulai dari memanggang, sampai menyusun bahan makanan menjadi satu kesatuan burger. Foto ini menunjukkan bentuk pelatihan membuat burger yang menjadi andalan McDonald's pada tahun 1976.

7. Pegawai McDonald's yang bekerja keras rahun 1979

Gettyimages.com/Bill Johnson

Kalau sudah berhasil lulus pelatihan kerja, saatnya bekerja keras memenuhi permintaan konsumen. Sesuai namanya, fast food, maka seluruh pegawai diminta untuk dapat menyajikan makanan tersebut dengan cepat. Foto ini menunjukkan salah satu pegawai McDonald's yang bekerja keras di dapur.

8. Burger cepat saji pertama di Perancis tahun 1982

Gettyimages.com/ John van Hasselt

Burger pertama kali disajikan di Perancis, Paris, pada tahun 1982. Ini adalah foto sebagian burger tersebut. Coba tebak, kira-kira burger dari restoran cepat saji mana, ya?

9. Menikmati Bagel Sandwich dari Burger King tahun 1988

Gettyimages.com/Ted Kirk

Bagel sandwich sepertinya menjadi salah satu menu favorit dari restoran Burger King. Kira-kira, Burger King negara mana yang menyajikan menu ini, ya? Atau, apakah menu ini masih tersedia untuk dinikmati oleh generasi millenial dan generasi muda lainnya?

10. Seorang staf Burger King menunjukkan salah satu menu tahun 1989

Gettyimages.com/Glen Martin

Nggak ada bentuk iklan yang lebih menarik selain menunjukkan menu itu sendiri. Iklan akan terlihat lebih baik jika ada seorang staf yang memegang makanan tersebut dengan senyuman yang ceria. Berikut ini foto seorang staf Burger King yang berpose memegang salah satu menu dalam kemasan takeaway. Foto diambil tahun 1989.

11. Menu McDonald's 91% Fat-Free McLean Deluxe tahun 1991

Gettyimages.com/Al Freni

Jujur saja, fast food sering dianggap sebagai makanan penuh lemak karena proses olahannya yang cepat dan tinggi kadar minyak. Maka, McDonald's merilis burger yang diklaim bebas lemak, yaitu McLean Deluxe 91% Fat-Free. Kira-kira, apakah menu ini masih ada di masa kini?

12. Iklan The Big Mac di Perancis tahun 1980

Gettyimages.com/Barbara Alper

Iklan berpengaruh penting untuk mempromosikan makanan cepat saji sehingga orang tahu dan tertarik menyantapnya. Berikut ini merupakan foto iklan McDonald's di negara Perancis dalam mempromosikan salah satu menunya yang terkenal, yaitu Big Mac. Bagaimana menurutmu dengan iklan di masa lalu ini?

13. KFC pertama di negara Perancis tahun 1992

Gettyimages.com/Alain BUU

Pada tahun 1992 (sebagian dari kamu pasti belum lahir), retail KFC pertama di negara Perancis baru saja buka. Foto ini menunjukkan beberapa pegawai restoran sedang menyiapkan menu ayam milik Kolonel Sanders yang terkenal itu. Awas, jangan ngiler, ya!

14. Wendy asli sedang berpose dengan menu restorannnya tahun 1980

Gettyimages.com/Jeff Goode

Wendy's juga menjadi salah satu restoran fast food yang telah buka dan berdiri sejak masa lampau. Kamu penasaran dengan wajah asli Wendy's, penemu sekaligus pemilik resepnya? Ini dia paras Wendy yang sebenarnya!

15. Menyantap Pizza Hut tahun 1996

Gettyimages.com/Serge Attal

Nggak hanya menjadi favorit keluarga dan teman bersama, Pizza Hut juga menjadi tempat rekomendasi untuk berkencan atau sekadar makan siang bersama orang terkasih. Ini adalah foto sepasang laki-laki dan perempuan yang sedang menikmati menu pizza reguler tahun 1996. Sepertinya lezat!

sudah ada sejak lama, masing-masing restoran makanan cepat saji ini mengalami banyak perubahan. Mulai dari variasi menu, penyebaran cabang restoran, nuansa restoran, gaya penyajian untuk dine-in, sampai dengan kalangan penikmat menu fast food itu. Mereka yang telah menjadi penggemar McDonald's atau KFC dari masa lalu, mungkin telah menjadi seorang yang tua di masa kini. Ia pun memperkenalkan makanan fast food favoritnya ke anak, bahkan cucunya. Namun satu pasti yang nggak berubah dari perjalanan fast food ini, yaitu cita rasa yang menjadi rahasia masing-masing koki.

IDN Media Channels

Latest from Food