Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Variatif! 7 Menu Olahan Telur dari Berbagai Dunia yang Bisa Kamu Coba

Bikin ngiler!

Audia Natasha Putri

Telur menjadi sumber protein paling praktis dengan harga ekonomis dan menjadi idola banyak orang. Kreasi sajian telur yang melimpah membuatnya bisa menjadi hidangan utama untuk makan berat ataupun side dish yang selalu lezat untuk disantap.

Tak hanya sumber protein, sebutir telur mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mengandung banyak nutrisi, dari omega hingga vitamin B kompleks.

Kali ini Popbela akan menyajikan olahan telur cukup populer di seluruh dunia yang bisa menjadi inspirasi. Bagi kamu pencinta telur, keep scrolling, ya!

1. Telur mata sapi, Prancis

Unsplash.com/Wenping Wang

Cukup populer di seluruh dunia, faktanya telur mata sapi  justru berasal dari Prancis. Oeil de Boeuf nama aslinya. Kuning telur bulat sempurna terlihat tampak seperti mata seekor sapi.  Di Indonesia, sajian telur praktis dan nikmat ini pun dikenal sebagai telur mata sapi atau telur ceplok yang biasa disantap dengan nasi goreng. Kreasi telur ceplok ini diadaptasi ke berbagai menu olahan khas Indonesia, seperti balado, semur, bahkan rendang.

2. Scotch Egg, Inggris

Unsplash.com/Sebastian Coman

Pernah membayangkan nikmatnya telur rebus yang digulung daging cincang dengan rempah pilihan? Scotch egg asal Inggris menjawab pertanyaan tersebut.

Scotch egg adalah sajian telur rebus terbungkus dengan daging giling dan dibalur tepung roti. Untuk sentuhan akhirnya, telur ini akan digoreng di dalam minyak panas ataupun di panggang dengan oven. Scotch egg nikmat disantap sebagai camilan dengan sosis atau daging bacon.

3. Tamagoyaki, Jepang

Globalkitchenjapan.com

Sajian telur dadar gulung khas Jepang ini menjadi favorit banyak orang. Tamagoyaki biasa dinikmati bersama sushi, nasi putih, atau sebagai camilan sehat kaya protein. Membuat tamagoyaki pun cukup mudah, yaitu kocokan telur dimasak dalam teflon khusus, kemudian digulung hingga membentuk lapisan. Kamu bisa memasukkan wortel atau seledri dalam kocokan telur supaya menambah asupan serat.

4. Iranian Omelette, Iran

Youtube.com/I got it from Maman

Perpaduan lezat susu, krim, keju, jamur, ham, sayur dan tomat dengan kocokan telur menghasilkan Iranian omelete yang sangat lezat. Omelet khas Iran ini menjadi sajian pilihan banyak orang untuk sarapan agar tetap berenergi. Kamu dapat mengatur tingkat kematangan telur dan pilihan toppingnya. Biasanya Iranian Omelette disajikan bersama dengan nasi atau roti.

5. Huevos rancheros, Meksiko

Bellyfull

Meskipun memiliki pelafalan yang sulit, Huevos rancheros masuk dalam daftar olahan telur otentik terlezat. Berasal dari Meksiko, suguhan ini berupa telur ceplok yang dimasak bersama biji jagung, tepung tortilla dan saus salsa. Tambahan berupa potongan tomat, bawang, cilantro dan taburan bubuk cabai menambah cita rasa dan keotentikan makanan ini.

Huevos rancheros cocok dimakan sebagai sarapan atau makan malam.

6. Egg benedict, Italia

Unsplash.com/Scott Eckersley

Makanan tradisional khas Amerika Serikat ini cukup populer di berbagai negara dan sudah muncul sejak tahun 1860 di Manhattan. Disajikan sebagai sarapan, Sarapan a la Barat ini cukup sederhana dengan bahannya yang kaya gizi dan ringan dimakan karena tidak begitu berminyak namun cukup mengenyangkan.

Egg benedict disajikan bersama muffin (sering juga diganti dengan roti bun) dengan topping telur rebus setengah matang dan daging ham lengkap dibalur saus hollandaise.

7. Deviled egg, Italia

Unsplash.com/Anton Nikolov

Meskipun terdengar seram, Deviled Egg nyatanya adalah hidangan telur rebus yang dibelah dengan isian campuran kuning telur mustard, mayonais, lada, bubu cabai, dan garam yang ditabur di atasnya.

Berasal dari Italia, devil eggs disajikan sebagai hidangan pembuka pada jamuan makan besar.

8. Fritatta, Italia

Taste.com

Tak hanya pizza, Italia juga terkenal akan sajian telurnya, frittata. Hidangan mirip telur dadar ini berbahan dasar telur kocok berisi daging, sayuran, dan keju dan sering disantap sebagai sarapan. Biasanya fritatta dimasak dalam wajan besi cor atau cast iron dengan api kecil.

Itulah ke-8 olahan telur populer dari seluruh dunia. Kamu sudah pernah mencicipi yang mana saja nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Food