Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tren Makanan Viral di TikTok Sepanjang 2022, Mi Nyemek Masih Juara

Mudah dibuat dan tentunya lezat disantap

Audia Natasha Putri

Platform media sosial raksasa TikTok menjadi wadah bagi para kreator konten dalam membuat video yang dapat menghibur dan bermanfaat. Salah satunya adalah kreator konten yang berfokus menciptakan resep dan kreasi makanan yang bisa dicoba banyak orang. Tak jarang, beberapa resep ini pun menjadi viral dan menyedot atensi publik. Apalagi TikTok pun berperan besar dalam menciptakan euforia masyarakat untuk mencoba suatu kreasi makanan

Kali ini Popbela akan membuat daftar deretan kreasi makanan tahun 2022 yang lezat, namun gampang dibuat dengan menggunakan bahan sederhana dan bisa dibeli di pasar. Penasaran apa saja kreasi makanan yang menjadi viral di TikTok sepanjang tahun 2022?

Yuk, cek daftarnya dan semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk ide memasak dan berbisnis kuliner!

1. Cimol mozarella

Endeus.tv

Cimol bukanlah panganan baru bagi para foodies. Street food khas Bandung ini terbuat dari aci (tepung) yang digemol atau dibentuk bulat dan berwarna dengan tekstur kenyal serta bercita rasa gurih. Warganet pun dengan sejuta kreativitasnya membuat inovasi cimol menjadi cemilan super mewah dengan menambahkan mozarella di dalamnya.

Cara membuatnya pun tak jauh berbeda dengan membuat cimol umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada saat pemberian isian keju mozarella di dalam adonan cimol.

2. Aci rambay (cirambay)

TIMES Jakarta

Bukan warganet Indonesia kalau ngga punya ide nyeleneh dalam memberikan nama pada kreasi makanan. Termasuk aci rambay atau awalnya disebut cibay. Cibay sendiri masuk dalam daftar kata kasar dalam bahasa Tiongkok. Namun, nama street food ini pun berubah nama menjadi cirambay karena cibay dianggap cukul vulgar.

Cirambay sendiri adalah olahan tepung atau aci yang dibentuk seperti mie memanjang, lalu ditambahkan dengan rasa pedas dari guyuran bumbu cabai yang siap membakar mulut. Meskipun cirambay sudah ada sejak 2021, faktanya cemilan ini masih viral hingga sekarang dan masih banyak orang mencoba membuatnya.

3. Risol mayo Margo

Kobe.id

Pecinta risol mayo pasti sudah tak asing dengan makanan satu ini. Dipopulerkan oleh kreator konten sekaligus pebisnis Margo Steffani, risol mayo margo sangat cocok menjadi cemilan ketika menonton televisi.

Sebenarnya, risol Margo ini tak jauh berbeda pada risol mayo pada umumnya, baik dari segi tata pembuatan maupun bahannya. Yang menjadi risol mayo ini unik adalah bagaimana Margo sukses membius perhatian warganet dengan menyajikan video kesehariannya berjualan risol mayo. Bahkan dia pun tak pelit dalam membagikan resep risol mayo andalannya kepada warganet.

4. Samyang wrap

Facebook.com/Emilia's Samyang Wrap

Kreasi mi samyang khas Korea ini memang tak pernah ada habisnya. Pernah terbayang Bela bagaimana samyang yang dapat membakar lidah ini disulap menjadi cemilan sekali lahapl? Nah, samyang wrap yang viral di Tiktok inilah jawabannya. Mi samyang berbungkus rice paper ini disukai warganet karena pembuatannya cukup mudah.

Kamu perlu memasak mi samyang sesuai varian kesukaanmu sampai al dente. Setelah itu, basahi rice paper dan bungkus mi samyang dengan dilipat membentuk persegi. Semakin nikmat, kamu bisa menambahkan varian isian seperti telur puyuh ceplok atau sosis.

5. Spicy enoki

Pinterest.com

Makanan viral di TikTok tampaknya didominasi oleh panganan pedas yang bikin lidahmu meringis. Apalagi menjamurnya budaya Korea Selatan akan makanan khasnya di Indonesia pun menyorot warganet dalam menciptakan kreasi makanan. Spicy enoki sendiri adalah makanan pedas yang terdiri dari jamur enoki yang dimasak dengan bumbu gochujang dan penyedap rasa.

Biasanya spicy enoki menjadi favorit para konten kreator mukbang Korea Selatan di platform Youtube. Ketenarannya pun merambat ke TikTok dan kini banyak kreator berlomba membuat resep spicy enoki.

6. Mi nyemek

Dapurkobe.com

Kreasi mi instan memang tak pernah gagal dalam membuat lidah terpaku akan rasanya yang nikmat. Di jagat TikTok, mi nyemek menjadi salah satu resep viral yang paling banyak dicoba oleh warganet. Bahkan kreator makanan pun kerap membagikan konten food vlogging rekomendasi warung mi nyemek terenak.

Mi nyemek paling enak disantap selagi hangat saat hujan tiba. Pembuatannya yang mudah dan bisa dibuat oleh siapa saja. Kamu hanya perlu menumis bumbu sederhana seperti bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Lalu masukkan mi instan yang sudah direbus, tambahkan cabai rawit dan telur orak-arik. Tuang air, tambahkan inyak wijen, kecap asin. Masak kembali. Cukup mudah bukan, Bela?

7. Tim tahu telur pedas

Endeus.tv

Tim tahu sebenarnya sudah ada jauh sebelum viral di TikTok. Hidangan penuh protein ini pun lezat disantap selagi di musim dingin dan hujan mengguyur. Tim tahu pedas adalah olahan tahu dan telur yang dimasak menggunakan metode tim lalu diberi saus pedas yang khas di atasnya. Banyak sekali kreator di TikTok membagikan resep menu satu ini. Mulai dari Jerry pemenang Master Chef Indonesia ke-8, Cheekykido, hingga Devina Hermawan. 

8. Perahu udang timun

Popsugar.com

Makanan sehat tak melulu hanya menu rebus-rebusan ataupun salad saja. Kreator TikTok @themodernnonna pun berinovasi menciptakan resep perahu udang timun yang lezat dan juga menyehatkan.

Perahu udang timun sendiri pun terinspirasi dari sushi khas Jepang, yang membedakan adalah hanya bahan utamanya saja menggunakan timun. Cara pembuatannya pun cukup sederhana dan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan empat bahan untuk membuatnya; mentimun, nasi, udang, dan mayo pedas. Agar lebih otentik, kamu bisa memberi taburan furikake di atasnya.

9. Brulee bomb

Instagram.com/mamasupersekali

Popularitas brulee bomb di ranah TikTok tak pernah padam walaupun sempat viral pada tahun 2021. Brulee bomb adalah camilan berbahan dasar kentang yang dibentuk bulat lalu dilapisi tepung roti. Saking tenarnya, camilan ini menciptakan euforia yang membuat orang berbondong-bondong membuat brulee bomb sendiri di rumah, termasuk artis Nagita Slavina.

Mirip bitterballen khas Belanda, brulee bomb sendiri sedap disantap sebagai teman ngemil ketika beraktvitas.  Brulee bomb berbahan dasar dari bawang bombai, keju, susu dan daging.

10. Mille creepe

School of Work

Pamor mille creepe kembali menjulang tinggi di jagat TikTok. Selain bisa menjadi inspirasi kue ulang tahun, mille creepe juga bisa menjadi starter menu yang bisa dicoba bagi kamu yang ingin belajar memasak. Mille creepe adalah kue berlapis yang terdiri dari puluhan creepe dilapisi campuran krim manis dan buah-buahan yang disusun rapi. Rasanya yang manis legit dan teksturnya creamy menjadi favorit bagi pecinta makanan manis.

Itulah beberapa menu viral TikTok sepanjang 2022. Kamu sudah cobain yang mana aja, nih?

IDN Media Channels

Latest from Food