Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Model Outer Batik Kekinian yang Simpel tapi Stylish

Cocok jadi pakaian kerja

Nafi' Khoiriyah

Batik menjadi salah satu pakaian yang sering dikenakan para pekerja kantoran. Biasanya, mereka mengenakan baju batik di hari-hari tertentu. Model yang dipakai kebanyakan adalah blouse atau kemeja. 

Namun tak hanya itu saja, batik bisa disulap menjadi model outer batik kekinian supaya terlihat lebih trendi dan stylish. Meskipun outer terkesan sebagai outfit kasual, tetapi kamu bisa mengkreasikannya menjadi lebih formal.

Berikut adalah berbagai model outer batik yang bisa kamu jadikan referensi untuk pakaian kantor atau pakaian kasual. Simak ulasannya, yuk!

1. Outer Batik Asimetris

instagram.com/store_gng

Model outer batik kekinian yang pertama memiliki potongan ujung yang asimetris dan panjang di belakang. Batik yang dipakai untuk membuat outer ini adalah motif parang dan bunga yang berwarna hitam putih. 

Lengan outer tersebut memiliki panjang 3/4, sementara bagian tengahnya dibuat kerah memanjang dan terlipat di ujungnya. Dengan model tersebut, penampilanmu akan terlihat simpel dan elegan. 

2. Outer Batik Tanpa Lengan

instagram.com/btbatiktrusmi

Selanjutnya, batik motif mega mendung bernuansa biru bisa kamu buat menjadi outer tanpa lengan seperti di atas. Outer tersebut memiliki panjang sampai paha sehingga bisa menutupi bagian paha yang berisi. 

Kemudian, model outer tersebut adalah tanpa lengan dengan aksen tumpal di tengah outer berwarna biru polos. Perpaduan yang terpat untuk memakai outer ini adalah tank top dan celana jeans putih. 

3. Outer Batik Panjang

instagram.com/siliwangi.batik

Nah, kalau kamu mencari model outer batik kekinian untuk dipakai ke kantor, maka outer batik panjang sampai atas mata kaki di atas bisa dicoba. Outer tersebut memakai batik yang modern dengan aksen garis-garis di pinggirnya. 

Kemudian, kerah outer-nya dibuat menjadi kerah rebah yang lebar. Supaya terkesan semakin formal, tambahkan kancing cina sebagai pengait di bawah kerahnya. Setelah itu, barulah kenakan outer tersebut dengan inner dress berwarna hitam. 

4. Outer Batik Kombinasi

instagram.com/meysamanar

Tak hanya bisa dibuat dengan kain batik saja, kamu bisa mengombinasikannya dengan bahan kain polos lainnya seperti organza. Pada contoh di atas, kain batik bernuansa hijau dan ungu dipadukan dengan kain organza warna putih sebagai lengannya. 

Supaya semakin matching, kenakan outer ini dengan inner dan hijab berwarna putih pula. Kalau sudah, penampilanmu akan terlihat cerah dan berwarna dengan perpaduan warna tersebut. 

5. Outer Batik Panjang Samping

instagram.com/caviarwear

Kalau kamu senang dengan bahan yang jatuh, maka model outer batik kekinian yang satu ini wajib dimiliki. Outer batik tersebut dibuat dengan bahan kain batik viscose yang bernuansa hijau tosca. 

Untuk modelnya, kain tersebut dibuat menjadi outer dengan detail panjang di ujung bawah kanan dan kirinya. Nah, outer tersebut bisa kamu kenakan dengan inner kaus polos berwarna netral. Supaya makin feminin, tambahkan dengan rok panjang.

6. Outer Batik Model Tunik

instagram.com/tokobatikprabuseno

Outer batik formal lainnya yang bisa dikenakan ke kantor adalah model tunik seperti di atas. Outer tersebut memiliki panjang sampai ke paha seperti tunik. Kemudian, kerah outer ini dibuat dengan model kerah shanghai.

Perpaduan outfit yang cocok dengan outer ini adalah inner kaus, kulot, dan hijab bernuansa putih. Jangan lupa lengkapi juga dengan aksesori seperti topi baret dan hand bag supaya makin stylish. 

7. Outer Batik Model Jas

instagram.com/batikcirebon.officialstore

Model outer batik kekinian bisa dikreasikan menjadi setelan dengan perpaduan rok batik yang memiliki corak sama. Seperti di atas, outer model jas batik lengan panjang tersebut dipadukan dengan rok model A-line yang panjang. 

Kemudian, kerah atasan tersebut dibuat seperti kerah jas model rebah. Aksen tambahan lainnya adalah kantung di sisi kanan kirinya. Setelan ini bisa dipakai untuk ke kantor dan acara formal lainnya dengan dilengkapi inner berwarna netral. 

8. Outer Batik dengan Kantong

pinterest.com

Hampir sama dengan sebelumnya, tetapi model outer batik ini terkesan lebih kasual dengan kain batik motif kawung berwarna biru. Seperti outer pada umumnya, outer di atas dibuat dengan kerah memanjang dan kantung di sisi kanan dan kirinya. 

Kemudian, kenakan outer tersebut dengan celana jeans atau celana kulot supaya terkesan lebih kasual. Untuk inner-nya, pakailah tank top warna netral seperti hitam. Terakhir, lengkapi outfit ini dengan hand bag yang senada. 

9. Outer Batik Pendek

instagram.com/store_gng

Model outer batik kekinian yang terakhir memiliki potongan yang pendek di bawah pinggang. Outer tersebut memiliki kesan yang formal karena kain tumpal di sisi-sisi luarnya. 

Perpaduan yang tepat untuk outer pendek di atas adalah inner berwarna biru senada dan celana kulot berwarna putih. Kamu akan tampak seperti pekerja kantoran yang stylish.

Demikian 9 model outer batik kekinian yang bisa kamu jadikan referensi. Di antara 9 model di atas, mana yang menurutmu paling menarik, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends