Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

28 Model Kebaya Modern Brokat Terbaru, Simpel dan Elegan!

Penampilan lebih anggun dan feminin!

Nafi' Khoiriyah

Kebaya merupakan salah satu pakaian perempuan Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Sejak dulu, pakaian ini selalu dipakai untuk acara-acara istimewa, seperti hari kemerdekaan dan semacamnya. 

Kini, kebaya semakin sering dikenakan sebagai dress code di berbagai macam acara. Akan tetapi, kalau dulu kebaya masih identik dengan model tradisional, sekarang kebaya semakin modern dan kekinian. 

Untuk terus melestarikan pakaian nasional dan tetap mengikuti perkembangan zaman, kamu bisa membuat model kebaya modern brokat yang kekinian.

Berikut beberapa referensi model kebaya yang bisa kamu sontek. 

1. Kebaya Kartini Modern Brokat Lengan 3/4

pinterest.com

Model kebaya modern brokat yang pertama adalah kebaya kartini lengan 3/4. Potongan kebaya ini sedang sampai ke bawah pinggang dan memiliki lipatan di bagian dada yang lurus sampai ke bawah. 

Nah, hal yang membuat kebaya ini tampak modern berada pada potongan lengan 3/4 yang kekinian. Hal itu akan membuat penampilanmu terlihat lebih fresh dan kekinian.

2. Kebaya Modern Brokat Model Tunik Lengan Lonceng

pinterest.com

Selanjutnya, kamu bisa membuat model kebaya brokat model tunik untuk penampilan yang lebih anggun. Tunik ini memiliki panjang sampai lutut dengan potongan kebaya yang lurus. 

Sementara itu, bagian pinggang kebaya ini diberi aksen belt supaya terlihat ramping. Tak lupa, buat lengan lonceng yang lebar supaya terlihat modern dan kekinian. Kebaya ini akan cocok kamu kenakan dengan bawahan kain batik tradisional yang berbentuk span.

3. Kebaya Modern Brokat Model Wrap Lengan Pendek

pinterest.com

Model wrap merupakan gaya pakaian kekinian dengan menumpuk beberapa kain menjadi satu. Seperti di atas, model kebaya modern brokat wrap lengan pendek juga bisa kamu ikuti. 

Kebaya ini dibuat dengan lengan pendek dan kerah v-neck. Lalu, bagian tubuh kebaya dibuat asimetris dengan beberapa tumpukan kain brokat di atasnya.

Model ini mungkin tampak tak begitu beraturan, tapi memberikan kesan yang unik bagi pemakainya. 

4. Kebaya Modern Brokat Model Asimetris Pendek

pinterest.com

Kebaya modern brokat model asimetris lengan pendek merupakan model yang simpel tapi unik. Kebaya ini memiliki potongan seperti kaus dengan bagian bawah yang panjang asimetris. 

Di sisi kanan, kamu bisa membuatnya pendek sampai ke bawah pinggang, sementara di sisi kiri kamu bisa membuat potongan baju yang panjang meruncing. Namun, jangan lupa membuat aksen v-neck di leher supaya tubuhmu terlihat lebih jenjang. 

5. Kebaya Modern Brokat Tunik Kombinasi Selendang

pinterest.com

Selanjutnya, model kebaya modern brokat yang cocok dikenakan bagi kamu yang berhijab adalah model kebaya brokat tunik dengan kombinasi selendang. Seperti namanya, kebaya ini memiliki panjang sampai bawah lutut. 

Kemudian, kombinasi selendang pada kebaya ini bisa kamu tambahkan di bagian dada menyamping serta kanan kiri tunik menjuntai ke bawah. Kombinasi itu akan memberikan penampilan yang anggun, apalagi dengan bawahan kain jarik tradisional. 

6. Kebaya Modern Brokat Model Kimono Kombinasi Lace

pinterest.com

Kalau kamu ingin tampil lebih elegan, model kimono adalah pilihan yang tepat. Model ini memiliki detail yang sederhana dengan potongan pendek dan aksen belt di pinggang saja.

Sementara itu, bagian ujung kebaya bisa kamu kombinasikan dengan kain lace yang bagus. Untuk bawahannya, kenakan kain lilit polos warna senada supaya memberi kesan kekinian. 

7. Kebaya Modern Brokat Model Handkerchief

pinterest.com

Model kebaya modern brokat yang satu ini cukup unik dengan potongan handkerchief yang memiliki ujung runcing. Di bagian atas kebaya, kamu cukup membuatnya membentuk kebaya yang pas di badan dengan lengan baju pendek. 

Kemudian, kain brokat yang menjuntai ke bawah dibiarkan panjang sampai ke betis dengan potongan yang runcing seperti handkerchief. Dengan model ini, kamu bisa bebas memakai bawahan apa saja, termasuk celana kulot ataupun rok batik. 

8. Kebaya Modern Brokat Model Kaftan

pinterest.com

Kaftan biasanya menjadi model baju gamis saat musim lebaran. Namun, kali ini kamu bisa menerapkan model ini pada atasan kebaya.

Pertama, kamu bisa membuat atasan brokat dengan panjang sampai paha. Lalu, tambahkan aksen serutan di salah satu sisi pinggang untuk model kaftannya.

Di bagian lengan, model lengan belah akan membuatnya semakin menarik. Kamu bisa memadukan dengan bawahan rok lilit batik yang menawan.

9. Kebaya Modern Brokat Model V-Neck Aksen Manik-Manik

pinterest.com

Pakaian modern biasanya identik dengan model yang simpel. Seperti yang satu ini, kamu bisa membuat kebaya yang simpel dengan model lengan pendek v-neck dan aksen manik-manik. 

Potongan kebaya brokat tersebut dibuat seperti kaus yang lebar dengan panjang sampai bawah pinggang. Lalu, buat detail lengan v-neck dengan tambahan makin-manik supaya tidak terkesan terlalu polos. 

10. Kebaya Modern Brokat Model Bali

pinterest.com

Penampilan modern lagi-lagi bisa kamu padukan dengan model tradisional menjadi kebaya yang cantik. Seperti di atas, kamu bisa membuat atasan brokat model kebaya bali dengan dilengkapi selendang dan bros di pinggang. 

Kebaya bali ini memiliki model yang mirip dengan model kutu baru. Nah, kebaya ini bisa kamu buat menjadi lebih modern dengan jahitan yang slim fit membentuk tubuh. Untuk perpaduannya, kamu bisa mengenakan bawahan kain batik tradisional cokelat yang kontras. 

11. Kebaya Modern Brokat Model Lengan Ruffle

pinterest.com

Kalau ingin mencari model kebaya modern yang simpel dan manis, maka kebaya brokat model lengan ruffle ini bisa kamu buat. Model ini memiliki potongan yang pendek sampai pinggang dengan lengan 3/4. 

Sementara itu, bagian kerah atasan brokat ini dibuat v-neck sehingga tubuh tampak lebih jenjang. Namun, hal yang sangat mencirikan model yang kekinian adalah lengan yang berbentuk ruffle. Nah, atasan kebaya ini akan cocok kamu kenakan dengan bawahan kain lilit. 

12. Kebaya Modern Brokat Model Lengan Balon

pinterest.com

Bagi kamu yang sedang mencari model kebaya modern yang hijab friendly, maka model atasan lengan balon seperti ini cocok untuk dipakai. Model ini memiliki detail potongan yang pendek sampai di bawah pinggang dengan detail belt di pinggang. 

Sementara itu, bagian bahunya dibuat seperti off-shoulder, tetapi tetap tertutup dengan pemilihan kain polos warna senada. Terakhir, kamu bisa melengkapinya dengan lengan balon yang panjang dan lebar. 

13. Kebaya Modern Brokat Model Asimetris Lipat

pinterest.com

Lagi-lagi dengan model asimetris, kebaya brokat ini memodifikasikan modelnya dengan lengan balon dan aksen lipatan pada ujungnya. Sementara itu, di bagian kerah bisa kamu lengkapi dengan mutiara atau manik-manik supaya tampak lebih mewah. 

Atasan kebaya asimetris ini memiliki panjang sampai di atas lutut, sehingga cocok dipadukan dengan bawahan rok lipat. Supaya semakin kekinian, lengkapi dengan hijab dan high heels warna senada. 

14. Kebaya Modern Brokat Model Tunik Slim Fit

pinterest.com

Kalau kamu sedang mencari model kebaya modern untuk lamaran atau pernikahan, maka model tunik brokat slim fit ini akan cocok untukmu. Model ini tampak sangat elegan dengan potongan yang menyesuaikan bentuk tubuh. 

Bagian lengannya dibuat seperti biasa, tetapi bagian kancingnya dibuat full dan memanjang sampai pinggang. Di bawahnya, potongan baju ini dibuat belahan yang menyamping. 

15. Kebaya Modern Brokat Model Kutu Baru Panjang

pinterest.com

Kemudian, model baju kebaya kutu baru juga bisa dikreasikan dengan potongan yang panjang seperti di atas. Detail baju ini adalah pendek di bagian depan, kemudian memanjang ke belakang sampai ke betis. 

Sementara itu, lengan bajunya bisa kamu buat menyesuaikan model brokat dengan potongan yang lurus. Dengan model ini, kamu akan tampil lebih feminin dan elegan, apalagi dipasangkan dengan bawahan kain lilit warna polos senada. 

16. Kebaya Modern Brokat Model Tunik Kerut

pinterest.com

Kembali lagi dengan brokat modern hijab, model kali ini bisa dikatakan cukup simpel. Mulanya, kamu hanya perlu membuat tunik dengan bahan brokat yang memanjang sampai ke lutut terlebih dahulu. 

Setelah itu, buat lengan model balon dengan kerutan di ujungnya. Nah, supaya tubuhmu bisa tampak lebih ramping, tambahkan aksen kerut atau tarikan di depan pinggang bagian samping. 

17. Kebaya Modern Brokat Model Ruffle Pendek

pinterest.com

Beralih dari model kebaya modern yang panjang, kamu bisa membuat kebaya pendek dengan model ruffle. Model ini akan membuatmu tampak lebih muda dan kekinian dengan potongan yang melebar ke bawah. 

Sementara itu, bagian lengannya juga dibuat melebar sehingga tampak jatuh dan lenganmu pun tidak tampak berisi. Model kebaya atasan brokat ini akan cocok dengan bawahan rok batik span warna kontras, seperti biru tua. 

18. Kebaya Modern Brokat Model Panjang Tengah

pinterest.com

Kalau biasanya kamu membuat atasan kebaya dengan model kutu baru, kali ini kamu bisa membuatnya tampak modern dengan bagian tengah yang panjang. Jika dilihat, model ini seperti kutu baru yang dibalik karena bagian sampingnya justru lebih pendek. 

Kemudian, lengan atasan ini akan cocok jika dibuat dengan potongan 3/4 yang lebar. Lalu, jangan lupa pasangkan dengan bawahan batik yang cerah dan juga aksesori kalung di leher. 

19. Kebaya Modern Brokat Model Selendang

pinterest.com

Bisa menjadi inspirasi model kebaya brokat untuk lamaran, kali ini kamu bisa membuatnya panjang dan miring di satu sisinya sampai ke samping lutut. Kemudian, tambahkan dengan aksen selendang dari bahan tille yang dilipat menyamping. 

Sebagai model kebaya brokat untuk lamaran, kamu tentu harus menambahkan detail manik-manik supaya tampak lebih mewah dan berkilau. Di bagian kerah, kamu juga bisa mengelilinginya dengan deretan mutiara. Baju ini akan cocok kamu pasangkan dengan bawahan kain batik tradisional. 

20. Kebaya Modern Brokat Model Kutu Baru Kelelawar

pinterest.com

Model kebaya modern brokat berikutnya ini menggabungkan antara model kebaya tradisional dengan modern. Model tradisional yang dimaksud adalah kutu baru, sementara model yang modern adalah model kelelawar. 

Model kutu baru akan menampakkan leher yang jenjang, sementara lengan kelelawar akan membuat tubuh tampak lebih bervolume. Penggabungan antara kedua model tersebut tampak unik dan keren, apalagi dilengkapi dengan bawahan kain lilit yang menawan. 

21. Kebaya Modern Brokat Model Outer Lengan Ruffle

pinterest.com

Model kebaya sekarang makin simpel, salah satunya dengan desain outer yang digunakan dengan dilengkapi inner di dalamnya. Kebaya ini cocok dipakai dengan bawahan rok yang modern seperti model serut di atas. 

Untuk detailnya, outer kebaya tersebut berwarna hijau dengan lengan yang panjang sampai pergelangan tangan. Terdapat aksen ruffle pada ujung lengannya yang membuat outer kebaya ini makin unik. Selain itu, ujung kebaya di bagian samping yang menjuntai juga tak kalah menarik. 

22. Kebaya Modern Brokat Model Belt Lengan Balon

pinterest.com

Kalau kamu senang dengan model kebaya modern brokat yang simpel dan minimalis, maka model belt ini bisa jadi pilihannya. Kebaya tersebut dibuat pendek sampai bawah pinggang dengan lengan panjang berbentuk balon. 

Pada bagian pinggangnya, dilengkapi dengan aksen belt dan tali yang unik. Aksen belt tersebut membuat penampilanmu makin manis, apalagi dipasangkan dengan rok plisket batik seperti di atas. 

23. Kebaya Modern Brokat Model A-Line Aksen Button

pinterest.com

Sementara bagi kamu penyuka desain yang longgar, model A-line tampak begitu nyaman dikenakan. Model ini bisa diterapkan pada bahan brokat yang lebar sehingga tampak lebih longgar. 

Untuk detailnya, badan dan lengan kebaya ini dibuat dengan desain A-line yang melebar ke bawah. Selain itu, terdapat aksen kerah shanghai, button di dada, dan belt di pinggang yang dibuat tidak ketat. 

24. Kebaya Modern Brokat Model Asimetris Lengan Balon

pinterest.com

Opsi lainnya untuk tampil chic dengan kebaya modern adalah menggunakan model yang selanjutnya ini. Model tersebut menggabungkan antara model baju asimetris dan lengan balon yang manis. 

Perpaduan keduanya membuat penampilan menjadi lebih menawan, apalagi dipasangkan dengan rok lilit berwarna senada. Jangan lewatkan perhiasan dan aksesori lainnya pula saat memakai kebaya ini supaya tampilan terlihat lebih mewah. 

25. Kebaya Modern Brokat Model Ruffle Lengan Lonceng

pinterest.com

Model kebaya modern brokat yang berikutnya cukup simpel dan cocok dipakai untuk para ibu yang ingin pakaian yang nyaman. Alih-alih dibuat dengan model kebaya asli yang ketat, kamu bisa membuatnya longgar dengan bentuk ruffle. 

Sementara bagian lengannya juga dibuat lebar dengan bentuk lonceng yang melebar ke bawah. Perpaduan keduanya akan membuat tubuh tampak sedikit lebar sehingga cocok dipasangkan dengan rok span batik atau semacamnya. 

26. Kebaya Modern Brokat Asimetris Lengan Layer

pinterest.com

Kembali dengan model asimetris, tetapi baju brokat kali ini dibuat detail memanjang di sisi kanan dan kirinya. Lalu, bagian lehernya ada aksen V-neck yang pendek sehingga bisa memberikan kesan yang jenjang. 

Nah, yang membuat kebaya modern brokat asimetris ini makin menawan adalah detail layer pada ujung lengannya. Layer tersebut tidak seperti layer biasanya, tetapi dibuat sedikit menggembung. 

27. Kebaya Modern Brokat Lengan Balon Aksen Belt

pinterest.com

Model kebaya modern brokat selanjutnya cocok dipakai sebagai pakaian wisuda karena detailnya yang rapi dan manis. Mulai dari potongan lengan balonnya sampai potongan baju yang pendek, semuanya tampak rapi. 

Detail yang membuatnya tampak lebih manis adalah pada aksen belt di pinggang. Belt tersebut diletakkan di pinggang dengan hiasan manik-manik sehingga tampak lebih mewah. Kalau sudah, padukan dengan bawahan rok batik supaya makin menawan. 

28. Kebaya Modern Brokat Kombinasi Aksen Tali

pinterest.com

Terakhir, coba padukan bahan brokat milikmu dengan kain polos warna senada. Perpaduan keduanya akan membuat penampilan dengan brokat jadi lebih kasual dan modern. 

Untuk modelnya, buat saja model layer dengan tali di samping pinggang seperti di atas. Cukup terapkan brokat di sebagian badan dan bagian lengan supaya tidak terkesan berlebihan. 

Itulah 28 model kebaya brokat yang cocok kamu kenakan di acara-acara istimewa. Di antara 28 model di atas, mana yang paling bagus menurutmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends