Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Panik! Ini 7 Cara Atasi WhatsApp Web Error

Pengguna WhatsApp Web wajib tahu solusi ini

Zikra Mulia Irawati

Sebagai aplikasi yang kini banyak digunakan untuk berkomunikasi, WhatsApp juga bisa diakses lewat PC atau laptop dengan versi WhatsApp Web. Dengan begini, kamu tidak perlu mengecek smartphone dan pekerjaan di laptop secara bergantian selama bekerja.

Sayangnya, versi yang satu ini kerap tidak bisa dibuka akibat mengalami error. Padahal, hadirnya WhatsApp Web sangat menunjang mobilitas pekerjaan. 

Namun, kamu tak perlu khawatir lagi. WhatsApp Web yang error bisa diatasi dengan berbagai cara. Apa saja? 

1. Buka kembali WhatsApp Web

pexels.com/Sora Shimazaki

Sudah membuka laman atau aplikasi WhatsApp Web cukup lama, tetapi masih saja tak berfungsi? Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menutup lalu membuka kembali WhatsApp Web. Biasanya, cara ini ampuh untuk mengatasi error.

2. Perbaharui aplikasi

pexels.com/Eduardo Dutra

Dugaan lain yang paling memungkinkan saat aplikasi WhatsApp Web error adalah adanya pembaharuan sistem dari pihak penyedia. Jika kamu sudah cukup lama tidak memperbaharuinya, cobalah untuk mengecek versi aplikasi terakhir. Kalau yang terpasang di PC atau laptopmu adalah versi yang sudah cukup lama, jangan ragu untuk memasang versi terakhir untuk menikmati fitur-fitur terbarunya.

3. Restart PC/laptop

pexels.com/picjumbo.com

Aplikasi WhatsApp Web kamu mungkin saja error karena ada gangguan di perangkat kamu. Untuk mengatasi ini, lakukan restart pada PC atau laptop. Praktis, bukan?

4. Periksa koneksi internet

pexels.com/Ron Lach

Internet ibarat benang yang menyambungkan kita dengan dunia luar. Jadi, sebelum pusing karena WhatsApp Web tak dapat diakses, jangan lupa cek koneksi internetmu terlebih dahulu, ya!

5. Cek kondisi WhatsApp Web

pexels.com/Ivan Samkov

Teknologi secanggih apapun bukan tak mungkin mengalami gangguan. Server WhatsApp salah satunya. Beberapa waktu lalu, kendala ini sampai menghebohkan dunia maya. Tenang, kamu tidak akan sendirian, kok, kalau penyebab error WhatsApp Web kamu adalah hal ini. Kamu dan temanmu bisa mencari alternatif media sosial lain sampai sistemnya pulih kembali.

6. Hapus cookie browser

pexels.com/Caio

Kalau penyebab error yang satu ini biasa terjadi pada kamu yang membuka WhatsApp Web lewat browser. Agar tidak error dan menumpuk, rajin-rajin cek dan hapus cookie browser, yuk!

7. Nonaktifkan VPN

pexels.com/Stefan Coders

Terakhir adalah solusi untuk para pengguna WhatsApp Web yang suka menggunakan VPN. Saat mengaktifkannya, WhatsApp dapat mendeteksi IP VPN kamu sebagai pengguna yang tidak sah dan mencegah kamu masuk ke aplikasi mereka. Jika ini terjadi kepada kamu, coba nonaktifkan VPN sebentar, ya. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya kembali, deh!

Bagaimana, cukup mudah, bukan? Semoga tulisan ini bisa membantu mengatasi kendala WhatsApp Web kamu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life