Beberapa hari lalu aplikasi WhatsApp down dan menjadi trending topic di media sosial. Sulitnya mengakses WhatsApp ini ditengarai adanya masalah pada pusat data, sehingga untuk sementara waktu kita tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Karena kejadian itu, tentu kita sempat dibuat kesal. Sebab, pesan penting yang seharusnya kita kirim, jadi gagal dan kita tidak dapat menghubungi siapa pun melalui aplikasi tersebut.

Untuk mengantisipasi hal serupa, maka ada baiknya jika kita melirik aplikasi percakapan lain sebagai alternatif. Berikut ini daftar aplikasi chat selain WhatsApp yang bisa jadi pilihanmu bertukar pesan. Apa saja?

1. Signal

5 Aplikasi Percakapan Selain WhatsApp yang Bisa Jadi PilihanYouTube.com

Jika kamu terbiasa menggunakan WhatsApp, Signal menjadi aplikasi yang cocok sebagai alternatif pilihan lain untuk bertukar pesan. Sebab, aplikasi yang dibuat pada tahun 2014 ini memiliki tampilan yang sama dengan WhatsApp. Signal juga memiliki layanan yang terenkripsi end-to-end mirip dengan WhatsApp.

Miliarder Elon Musk bahkan mengatakan jika Signal adalah aplikasi paling aman di dunia karena saat mendaftar, aplikasi ini tidak meminta data pribadi penggunanya.

2. Telegram

5 Aplikasi Percakapan Selain WhatsApp yang Bisa Jadi PilihanTechcrunch.com

Saat WhatsApp mengadakan pembaharuan kebijakan privasi, banyak yang salah sangka bahwa semua pesannya akan dibaca pihak WhatsApp. Alhasil, banyak orang yang pindah dan mengunduh Telegram. 

Aplikasi yang menggunakan enkripsi end-to-end ini juga gratis digunakan. Mereka juga mengaku lebih aman dari WhatsApp lantaran menggunakan protokol MTProto. 

Di beberapa negara, pemerintah mereka tidak menyarankan warganya menggunakan layanan pesan ini lantaran keamanannya yang sangat baik. Bahkan Rusia telah memblokir semua akses Telegram. 

Di Indonesia sendiri, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika pernah memblokir Telegram terkait isu radikalisme dan terorisme. Namun, kini akses Telegram di Indonesia sudah dibuka kembali dan dapat digunakan layaknya aplikasi percakapan pada umumnya.

3. Viber

5 Aplikasi Percakapan Selain WhatsApp yang Bisa Jadi PilihanFortune.com

Aplikasi yang aman lainnya adalah Viber. Aplikasi ini mengklaim dengan enkripsi end-to-end pada sistem keamanannya dapat melindungi penggunanya dari peretas. 

Selain itu, aplikasi ini memastikan masing-masing penggunanya memiliki kriptografi individu yang tersambung dengan perangkatnya. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan lapisan keamanan tambahan. 

Fitur menarik lainnya dari aplikasi ini adalah obrolan tersembunyi. Yakni, kamu bisa menyembunyikan obrolan atau grup tertentu dari layar utama.

4. Threema

5 Aplikasi Percakapan Selain WhatsApp yang Bisa Jadi PilihanVPNpro.com

Selanjutnya ada Threema yang dinilai sangat aman dibanding WhatsApp. Aplikasi tukar pesan ini mengenkripsi semua data, termasuk pesan, file bersama dan bahkan pembaruan status. 

Aplikasi ini juga tidak mengumpulkan metadata dan menawarkan berbagai opsi cadangan terenkripsi. Kekurangannya, aplikasi ini tidak memiliki fitur panggilan suara dan video. Serta, untuk menggunakannya kamu harus merogoh kocek alias tidak gratis. 

5. Line

5 Aplikasi Percakapan Selain WhatsApp yang Bisa Jadi PilihanLine.com

Line termasuk aplikasi yang sangat lengkap. Di sini, kamu bukan hanya bisa melakukan panggilan dan berkirim pesan, tapi juga bisa memasang status disertai dengan gambar atau video, hingga membaca berita terkini.

Selain itu, aplikasi Line juga dilengkapi dengan stiker lucu yang dapat menambah keseruan saat berkirim pesan. Kamu juga bisa mengubah tampilan menggunakan tema yang sesuai dengan kepribadianmu.

Itulah tadi daftar aplikasi percakapan yang bisa kamu gunakan selain WhatsApp. Jadi, jika WhatsApp down seperti kemarin, kamu bisa tetap bertukar pesan lewat aplikasi yang lain.

Disclaimer: artikel ini pernah tayang di laman Popmama.com dengan judul "5 Aplikasi Chat Selain WhatsApp yang Bisa Jadi Pilihan" ditulis oleh Faela Shafa

Baca Juga: Hits di 2021, Ini 5 Aplikasi Foto Selfie Populer di Korea Selatan

Baca Juga: Kirim Uang Semudah Chatting, Ini Cara Menggunakan WhatsApp Payment!

Baca Juga: Alodokter, Aplikasi One Stop Solution di Masa Pandemi COVID-19