Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fitur Beragam, 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Platform Video Pendek

Makin bebas ekspresikan dirimu

Zikra Mulia Irawati

Video pendek kini jadi jenis tontonan yang banyak digandrungi masyarakat. Maka dari itu, tak heran jika para penyedia aplikasi berlomba-lomba menyediakan platform terbaik untuk menjadi sarana penyaluran kreativitas masyarakat.

Di platform tersebut, kamu tidak hanya bisa menonton video joget-joget saja, lho! Kamu juga dapat mencari inspirasi, berinteraksi secara real-time, menjadi kreator, dan masih banyak yang lainnya. Kira-kira kegiatan apa lagi, ya, yang bisa dilakukan di sana? Simak informasinya di bawah ini.

1. Scrolling video lucu

pexels.com/Andrea Piacquadio

Video pendek baru mendapatkan popularitasnya di Indonesia sejak pandemi merebak. Larangan untuk bepergian membuat masyarakat, terutama kaum muda, mengekspresikan diri dengan berjoget diiringi musik-musik populer.

Namun, kreativitas masyarakat membuat tren video lucu jadi berkembang. Hal itu didukung dengan hasil penelitian yang tercantum dalam Frontier in Psychology bahwa tertawa membantu manusia untuk menghilangkan rasa sakit, meningkatkan kekebalan, menurunkan gangguan kecemasan, serta membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi stabil. Sebagaimana yang kita tahu, hal-hal seperti itulah yang dibutuhkan masyarakat saat masih beradaptasi dengan pandemi.

Adapun jenis video lucu yang biasa dibagikan masyarakat bermacam-macam, mulai dari lakon komedi singkat, tingkah polah hewan, keseruan dunia anak-anak, curahan hati kehidupan sehari-hari, bahkan mengutamakan kearifan lokal. Sound-sound lucu yang disediakan platform pun mendukung tren ini sehingga kamu bisa scrolling sampai puas.

2. Mencari inspirasi masakan

pexels.com/Polina Tankilevitch

Para pencinta kuliner pun tak mau ketinggalan hingar bingar ini. Durasi yang berkisar satu menit saja tak menghalangi mereka berkarya. Berbagai resep menarik dan mudah dibuat mereka sediakan untuk kamu yang sering bingung ingin masak apa hari ini.

3. Ikut dance challenge

pexels.com/Andrea Piacquadio

Ingat dengan dance challenge Any Song milik rapper sekaligus produser terkenal dari Korea Selatan, Zico, yang pernah viral? Hal itu kemudian menginspirasi penyanyi dan penari lain untuk membuat tren serupa.

Kabar baiknya, ikut tren dance challenge juga berdampak baik untuk kesehatan kamu, lho! Sebuah jurnal dari BMC Medicine yang menyebutkan bahwa terlalu banyak duduk justru mampu meningkatkan risiko kanker hingga dua kali lipat. Sehingga, bergerak mengikuti alunan musik yang populer itu bisa jadi kegiatan alternatif untuk menghindarinya. Asyik banget, bukan?

4. Mengobrol lewat live streaming

pexels.com/Ivan Samkov

Panggilan kepada para kaum ekstrovert, kegiatan ini cocok banget buat kamu, nih! Tanpa harus repot-repot keluar rumah, kamu sudah bisa mengobrol dengan banyak orang dan mengetahui apa saja yang sedang trending saat ini lewat platform video pendek. 

Kegiatan ini juga memungkinkan kamu berkenalan dengan orang-orang baru. Di masa depan, kalian bisa saja jadi kawan, rekan kerja, atau justru teman hidup. Bukankah tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini?

5. Nonton serial pendek

pexels.com/Ketut Subiyanto

Makin canggih, platform video pendek juga tak mau kalah dengan bioskop. Kamu bisa nonton film dan series yang terbagi ke dalam beberapa episode. Karena durasinya singkat-singkat, dijamin kamu bakal makin penasaran, deh, Bela!

Salah satu platform video pendek yang menyuguhkan deretan film dan series terbaik adalah SnackVideo. Melalui SnackSeries, kamu dapat mengakses tontonan dengan beragam genre. 

dok. SnackVideo

Belum lama ini, SnackVideo bekerja sama dengan Studio Antelope untuk menayangkan film pendek berjudul Poof, Meong! karya sutradara Anggita Puri. Dengan format vertikal, film dan serial pilihan SnackSeries akan mengantarkan kamu kepada pengalaman menonton yang baru.

Kalau kamu lebih suka melakukan apa, nih, di platform video pendek?

IDN Media Channels

Latest from Working Life